Kamis, 22 Januari 2015

Doa Rasulullah "Ya Man Azhharal Jamil"

يَا مَنْ أَظْهَرَ الْجَمِيلَ، وَسَتَرَ الْقَبِيحَ، وَلَمْ يُؤَاخِذْ بَالْجَرِيرَةِ، وَلَمْ يَهْتِكِ السِّتْرَ، وَيَا عَظِيمَ الْعَفْوِ، وَيَا حَسَنَ التَّجَاوُزِ، وَيَا وَاسِع َالْمَغْفِرَةِ، وَيَا بَاسِطَ الْيَدَيْنِ بِالرَّحْمَةِ، وَيَا سَامِعَ كُلِّ نَجْوَى، وَيَا مُنْتَهَى كُلِّ شَكْوَى، وَيَا كَرِيْمَ الصَّفْحِ، وَيَا عَظِيمَ الْمَنِّ، وَيَا مُقِيلَ الْعَثَرَاتِ، وَيَا مُبْتَدِئاً بِالنِّعَمِ قَبْلَ اسْتِحْقَاقِهَا، يَا رَبِّي وَيَا سَيِّدِي وَيَا مَوْلَايَ وَيَا غَايَةَ رَغْبَتِي، أَسْأَلُكَ أَنْ لَا تُشَوِّهَ 
خِلْقَتِي بِبَلَاءِ الدُّنْيَا وَلَا بِعَذَابِ النَّارِ .

Artinya: Wahai Yang menampakan keindahan dan menutupi keburukan, Wahai Yang tidak tergesa-gesa dalam menjatuhkan hukuman atas suatu kesalahan, dan juga tidak menyebar luaskan ke-aib-an hambaNya, Wahai Yang Maha Pemaaf dan Pengampun, Yang kedua tanganNya senantiasa terulur dengan rahmat, Wahai Yang Maha Mendengar setiap bisikan rintihan dan Tempat melimpahkan segala keluhan, Wahai Yang Maha Pemurah, Wahai Yang Amat besar anugrahNya, Wahai Yang Maha menepis segala ketergilinciran, Yang memberikan kenikmatan sebelum diminta, bahkan sebelum hambaNya berhak untuk mendapatkannya. Wahai Tuhanku, Wahai Junjunganku, Wahai Penolongku, Wahai Puncak Tujuanku, aku memohon kepadaMu janganlah Engkau hinakan diriku dengan mushibah dunia dan azab neraka.

Penjelasan:
Di dalam kitab al-Mustadrak alas shahihain, Imam al-Hakim al-Naisaburiy menyebutkan sebuah hadits Shahih dari Umar bin Syu`aib Radiyallahu Anhu yang ia terima dari bapaknya dan kakeknya. Kakeknya bernama Abdullah Bin Amr Bin Ash, kakeknya meriwayatkan dari Rasulullah: ia berkata :”Malaikat Jibril pernah datang kepada Rasulullah dengan membawa do`a ini dari langit Jibril berkata : “Salam sejahtera atas-mu ya Rasulallah”. Rasulullah menjawab : ”Salam sejahtera pula atas-mu ya Jibril”. Ia berkata :”Allah telah mengutusku untuk membawa sebuah hadiah untukmu”. “Hadiah apa ?” tanya Rasulullah. “Beberapa kalimat yang diambil-Nya dari gudang arsy” jawabnya. “Dengan kalimat ini, mudah-mudahan Allah akan memuliakanmu”. “Kalimat apa ya Jibril?” Tanya Rasulullah. Kemudian malaikat Jibril membacakan do`a ini : Yaa man azharal jamiil, wa satarol qabiih……..
Rasulullah bertanya lagi : “Fadhilah apa yang Allah berikan kepada pembacanya ?”. Malaikat Jibril menjawab : “Seandainya semua malaikat yang ada di tujuh lapis langit itu berkumpul untuk menggambarkan fadhilahnya, niscaya mereka semua tidak akan mampu untuk menggambarkan fadhilahnya sampai hari kiamat tiba. Dan Allah Taala telah berkata kepadaku : Kuberikan pahala kepada pembacanya sebanyak semua makhluk yang telah aku ciptakan, sebanyak tetesan air hujan, sebanyak pasir dan kerikil, dan Aku berikan pahala seperti yang di dapat oleh 70 orang nabi yang telah menyampaikan dakwah risalah”.

Imam al-Hakim an-Naisaburiy berkomentar : “Hadits ini sanadnya shahih karena perawinya mayoritas berasal dari penduduk Madinah yang terpercaya”.

Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak 20 kali sehari semalam boleh pada satu waktu atau dibagi pada beberapa waktu (dicicil) misalnya setiap selesai shalat dibaca 4 kali. Atau juga dijadikan dzikr shobahan (pagi) 10 kali dan dzikir masaan (sore) 10 kali,

        Para ahli ma'rifah mengatakan bahwa: "Doa Ya man Azharal Jamil" ini lebih tinggi dan lebih utama dari pada Hizb Saifiy.

Adapun sanad muttashil kepada imam al-Hakim an-Naisaburiy Radhiyallahu Anhu wafat tahun 405 Hijriyah sebagai berikut;


الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن السيد عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني عن العلامة المحدث السيد محمد بن محمد الحجوجي الحسني عن والده الحافظ السيد محمد بن محمد الحجوجي عن العلامة سيدي محمد الهاشمي المدني عن المسند سيدي فالح بن محمد الظاهري المدني عن سيدي محمد بن علي الخطابي السنوسي عن السيد الحافظ محمد مرتضى الزبيدي عن الشمس سيدي محمد بن سالم الحفني وهو عن سيدي عبد العزيز الزيادي عن الشمس سيدي محمد بن العلاء البابلي عن سيدي سالم بن محمد السنهوري عن النجم سيدي محمد بن احمد الغيطي عن القاضي الامام زكريا الانصاري عن الحافظ احمد بن علي بن حجر العسقلاني انبأنا ابو هريرة الذهبي اجازة عن القاسم بن المظفر عن ابي الحسن بن المقير عن ابي الفضل الميهني عن ابي بكر بن علي بن خلف عن صاحب كتاب المستدرك على الصحيحين الامام ابي عبد الله محمد بن عبد الله الحاكم النيسابوري رضي الله عنه .


Adapun sanad imam al-Hakim an-Naisaburiy bersambung kepada Rasulullah sebagai berikut;


الحاكم أبو عبد الله محمد بن عبد الله الحافظ أنبأ أبو العباس محمد بن أحمد المحبوبي بمرو ثنا أحمد بن عيسى الطرسوسي 
و حدثنا أحمد بن سلمان الفقيه ببغداد ثنا إسماعيل بن إسحاق القاضي 
و حدثنا محمد بن صالح بن هانىء ثنا الفضل بن محمد الشعراني قالوا : ثنا إسماعيل بن أبي أويس ثنا أحمد بن محمد بن داود الصنعاني أخبرني أفلح بن كثير ثنا ابن جريج عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده عمرو بن العاص رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم .




Diambil dari risalah:

غَايَةُ الْقَصْدِ وَالْمُرَاد
فيما للتجانِـي من الأذكار والأوراد


By
H. Rizki Zulqornain Asmat Cakung
Khadimut Thalabah Ma’had al-Muafah




85 komentar:

Al Faqir Ilallah Mohamad Saleem Bin Abdul Kadir Al Ahmadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Al Faqir Ilallah Mohamad Saleem Bin Abdul Kadir Al Ahmadi mengatakan...

Mohon Ijazah ya sidi

Yayasan Almuafah mengatakan...

saya ijazahkan.. barokallahu fikum

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya kyai...syukron

kris jowo mengatakan...

mohon ijazahnya kyai rizki sukron

Unknown mengatakan...

Qobiltul ijazah syukron katsiiron tuan guru..!!!

Yayasan Almuafah mengatakan...

mohon doanya juga ya Ncank atuy

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazahnya halal...amin
Terimakasih

mantoba mengatakan...

Qobiltu ..Mohon izinkan mengamalkannya Tuan Syeikh

Unknown mengatakan...

mohon ijazahnya sayidi

Muhammad Syain Al Batawiy mengatakan...

Qobiltu ijaazah baginda

Unknown mengatakan...

Barokallahu fikum

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu syaikh

Fauzy mengatakan...

Qobiltu

Fauzy mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah kyai

Hardiansjah Rachmad Djiwa mengatakan...

Mohon ijazahnya

Unknown mengatakan...

Qobiltu yai

Unknown mengatakan...

Qobiltu yai

Unknown mengatakan...

Qobiltu yai

dede akhadiyat mengatakan...

Mohon ijazahnya baginda..

Abdulloh mengatakan...

Tuan guru mohon ijazah nya qobiltu

A. Fadhilah mengatakan...

MOHON ijazahnya kyai.,

Abd fatah mengatakan...

Qobiltu kyai

Muhammad Alwi mengatakan...

Qobiltu kyai

Abdulloh mengatakan...

Qolbitu tuan kiayi

Unknown mengatakan...

Qolbitu

Unknown mengatakan...

qobiltu

wawan mengatakan...

Qobiltu ijazah Guru

bariswahyu mengatakan...

Qobiltu ijazah Kyai

Hendra Agnes mengatakan...

Nama Lengkap : Hendra Agnes
Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 28 Agustus 1984
Usia : 34 Tahun
Agama : Islam ( NU )
Email : hendraagnes28@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/Hendraagnes28
Nomot Telepon/WHATSAPP : 082167007928
Nama Ayah Kandung : Bapak Mochammad Djainuri
Agama : Islam ( NU )
Nama Ibu Kandung : Ibu Yunani
Agama : Islam ( NU )
Alamat Lengkap : Jalan Joyoboyo, RT. 03/RW.01 kec. Loceret Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur – Indonesia, Kode Pos : 64471.
———————————————————-
A’uudzubillaahis-Samii’il-‘Aliimi minasy-Syaithoonir-Rojiim. Bismillaahir-Rohhmaanir-Rohhiimi . Asyhadu aLLaa iLaaha iLLaLLohu wahhdahu Laa syariika LaHu , wa asyhadu anna Muhhammadar-RosuuLuLLoohi SAW . Wa’alaikumus-Salaamu wa rohhmatulloohi wa barokaatuHu. Salam ta’dziim. Salam silaturrohmi. Semoga salam dan rahmat dan hidayah dan kesehatan serta kekuatan dari Allooh SWT selalu terlimpahkan kepada Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI beserta kedua Orang tua dari Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI serta kepada para keluarga Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI juga. Aamiin Alloohumma Aamiin. ( QOBILTU, QOBILTU, QOBILTU ) Saya terima ijazah yang penuh berkah tersebut dengan haq , lengkap dan sempurna tentang pentingnya " DO'A ROSUULILLAAHI SAW : يَا مَنْ أَظْهَرَ الْجَمِيْلَ LEBIH TINGGI/LEBIH UTAMA/LEBIH DAHSYAT DARIPADA HIJAAB SAIFI " melalui situs blog resmi : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/2015/01/doa-rasulullah-ya-man-azhharal-jamil.html?m=1&fbclid=IwAR20a-vd4LBtV_pokCEEFg5BS5ec0JABzJzPOpaDvZiZXrea-7tS0REXLeI milik Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI . Dan saya mohon izin untuk mengamalkannya lillaahi Ta’aalaa. Saya mohon izin dan do’a restu kepada Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI supaya saya berhasil dalam mengamalkan " DO'A ROSUULILLAAHI SAW : يَا مَنْ أَظْهَرَ الْجَمِيْلَ LEBIH TINGGI/LEBIH UTAMA/LEBIH DAHSYAT DARIPADA HIJAAB SAIFI " tersebut demi meningkatkan ibadah hanya kepada Allooh SWT secara ikhlas. Aamiin Alloohumma Aamiin. Dan saya berjanji akan selalu menjaga rahasia dan nama baik isi blog : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/2015/01/doa-rasulullah-ya-man-azhharal-jamil.html?m=1&fbclid=IwAR20a-vd4LBtV_pokCEEFg5BS5ec0JABzJzPOpaDvZiZXrea-7tS0REXLeI milik Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI . Dan saya TIDAK ingin menyalahgunakan isi blog : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/2015/01/doa-rasulullah-ya-man-azhharal-jamil.html?m=1&fbclid=IwAR20a-vd4LBtV_pokCEEFg5BS5ec0JABzJzPOpaDvZiZXrea-7tS0REXLeI milik Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI . Dan Saya selalu mengucapkan Terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI atas Ijazah yang penuh berkah itu. Dan saya berjanji akan selalu mengirim hadiah Q.S. Al-Faatihah kepada Bapak Ustaadz beserta kedua Orang Tua Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI serta kepada para keluarga Bapak Ustaadz RIZKI AL-BATAWI juga setiap hari bibarokatiL-Faatihah . .. . 🤝

Sulay mengatakan...

Qobiltu guru

Anonim mengatakan...

Qobiltu
Mohon izin mengamalkan

Rizky Ananda mengatakan...

mohon ijazah dan terima ijazah ustadz🙏

Rizky Ananda mengatakan...

Qobiltu

Abdurachman Muhyiddin mengatakan...

Qobiltu. Ustadz

edwar Rinaldi mengatakan...

Ijin minta ijazahnya,ustadz

Jiwa jawi59 mengatakan...

Qobiltu baginda ijin juga untk kluarga ampe anak cucu

mantoba mengatakan...

Qobiltu Ustaz Mohon izin amal

Unknown mengatakan...

Sy mhn izin untuk copy paste Ustadz

Unknown mengatakan...

Copy paste doanya saja. Al hamdu Lillaah sy sdh dpt ijazah. Ini ada yg minta tulisin. Sy sdh nulisin, ttpi pngin ada harokatnya. Sy tdk tahu cara harokatinnya kl nulus d hp. Stukron Ustad

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah, nama taupik n

Abdul qodir haddad mengatakan...

Qobiltu ijazatakum

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحن الرحيم
قبلت
Izin mengamalkannya Kyai

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazahnya
Mohon izin untuk mengamalkanya 🙏

Yusuf Saleh mengatakan...

Qobiltu Ijazah Kyai
Mohon izin untuk sy amalkan beserta keluarga dan keturunan..

Unknown mengatakan...

Bissmillahi qobiltu
Mohon ijazahnya...

Unknown mengatakan...

Mohon ijin mengamalkan tuan syeikh.

edwar Rinaldi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
edwar Rinaldi mengatakan...

qobiltu ijazahnya kyai

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum. Pakiyai mohon ijazahnya kyia. Terimakasih

Unknown mengatakan...

ijin ijazah pak kyai..🙏🏻

Unknown mengatakan...

Qobiltu izazah fii barokati

Anonim mengatakan...

Saya mohon izin mengamalkannya ya ustad ,alhamdulilah




Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah ya pak kyai ,alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Qobiltu🙏🙏🙏

Agus Wahyudin mengatakan...

Qobiltu ijazah, Alhamdulillaah.

Mochamad Faris mengatakan...

QOBILTU AL IJAAZAH.

ALFATIHAH ILAA RUUHI KH.RIZQY ZULQORNAIN..

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ijazah.

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Kaboa sancang mengatakan...

Qobiltu ijazataka ��

Kaboa sancang mengatakan...

Qobiltu ijazataka 🙏

Kaboa sancang mengatakan...

Qobiltu ijazataka 🙏

Zul Aznie Adrine mengatakan...

Qabiltu Ijazataka!!🙏

Unknown mengatakan...

قبلت الاجازة


Irfan mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Mr.bacan mengatakan...

Qobiltu..Alfatihah

Irfan mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Saya Diki rizki dari Garut, qobiltu ijazah 🤲🤲🙏🙏🙏🙏

Unknown mengatakan...

Subhanalloh 😥🤲🤲🤲🤲🤲

Murdock mengatakan...

Qobiltu saya terima ijazah nya ustadz

Anonim mengatakan...

Qabiltu

Anonim mengatakan...

Qobiltu, mohon ijin mengamalkan pak ustadz...

Mukhalim mengatakan...

Qobiltu saya terima ijazahnya

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah pak ustadz

Masjid Jami At Taqwa Cayut mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah wahai kh rizki zulqornain 🙏🙏🙏

Mulfizar mengatakan...

Qobiltu ijazah wahai KH Rizki Zulqornain

Anonim mengatakan...

Qabiltu ijazah nya sidi
Jazakumullahukhairan

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah pak kyai

Indrayana mengatakan...

Qobiltu Al ijazah

Anonim mengatakan...

Mohonijazah