Rabu, 21 Januari 2015

Khasiat Marjan Dan Mutiara

Khasiat Mutiara Dan Marjan

يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَالْمَرْجَانُ
Dari keduanya keluarlah mutiara dan marjan" (QS Ar-Rahman, 55:22).

Pada ayat di atas Allah taala menjelaskan keadaan Bahrain (dua laut) yang memiliki rasa air asin dan tawar. Ayat di atas juga menyebutkan sekelumit anugrah Allah yang diperoleh melalui kedua laut tersebut yakni ditemukan dari keduanya Lu’lu (Mutiara) dan Marjan.  

Syekh Thanthawiy Jauhariy dalam tafsir al-Jawahir mengatakan: “Allah Taala memberikan kepada laut dua ni’mat besar; ni’mat zhahir dan ni’mat batin. Yang dimaksud ni’mat zhahir adalah banyaknya perahu dan kapal yang berayar begitu indah kita lihat di atas permukaan laut bagai gunung-gunung yang menjulang tinggi. Sedangkan ni’mat batin adalah banyaknya kekayaan yang ada di alam dasar laut seperti ikan-ikan, hewan-hewan, bunga-bunga karang, bebatuan yang beraneka ragam bentuk dan warna.”

Marjan disebut barang yang sangat unik, lantaran ia hidup di dua kerajaan antara kerajaan tumbuhan dan kerajaan bebatuan. Satu sisi bentuk fisiknya seperti jenis kayu karena memang tumbuh di laut, di sisi lain bagai bebatuan karang yang keras. 

Kata Marjan berasal dari bahasa yunani Morginto yang sering disebut dalam bahasa latin Morgarita istilah bagi jenis mutiara yang halus dan indah.

Pada permulaan milenium pertama, perdagangan marjan sangat signifikan terutama antara Mediterrania dengan India dimana harganya sangat mahal karena marjan dipercayai mempunyai kekuatan supranatural tertentu. Orang Yunani mengimpor marjan dari India untuk digunakan sebagai pajangan atau sebagai perhiasan pada pedang dan perisai mereka. Karena permintaan yang sangat besar itu, marjan sempat menjadi sangat langka dan harganya melebihi berlian sekalipun.

Warna marjan berpariasi ada yang merah, hijau, hitam. Warna merahnya pun macam-macam: ada merah cabe, merah biji saga, bahkan ada yang semi antara merah dan kuning orange seperti warna bangku metro mini. Marjan semakin lama digunakan akan semakin dalu (tajam) warnanya. Minyak dan air asin tidak merusak warna marjan, melainkan makin bagus apalagi sering dipakai atau digosok-gosok. Jika marjan direndam di dalam cuka akan rusak ketajamam warnanya hingga makin pudar.

Alqur'an menyebutkan salah satu kriteria sifat bidadari surga dengan meminjam keindahan marjan walaupun pada hakikatnya mereka lebih indah dari yang kita bayangkan:

كأنهن الياقوت والمرجان

Artinya: Mereka para bidadari surga keindahan mereka bagai yaqut dan marjan. (Surat ar-Rahman ayat: 58)."

Selain digunakan buat perhiasan, marjan juga menjadi mediasi pengobatan. Yang paling bagus buat perhiasan dan paling banyak khasiatnya pengobatan adalah yang berwarna merah cabe. 

Seorang ulama yang merupakan pakar batu bernama Sayyid Muhsin Aqil menyebutkan dalam kitabnya al-Ahjarul Karimah (Batu-batu Mulia) halaman 341 sebagai berikut: Di antara khasiat memakai batu Lu’lu (Mutiara) dapat mendatangkan kesejukkan di hati, berprilaku santai, kehati-hatian dalam mengerjakan sesuatu hingga menghasilkan kerjaan yang maksimal.  Konon disebutkan, sekali lagi konon bahwa memakai Lu’lu (mutiara) dapat mencegah kehamilan. Karenanya di sebagian daerah mutiara sering dijadikan kalung atau cincin yang dipakai oleh para perempuan nakal (jablay). “Pengen enak tapi nga mau anak.”

Adapun Marjan memiliki khasiat mengusir jin atau makhluq halus yang memiliki energi jahat terutama yang suka mengganggu bocah-bocah, menolak sihir, santet dan guna-guna, menghilangkan was-was dan menolak Syarrul Ain (kejahatan mata ahli uka-uka), melancarkan peredaran darah, mengobati bisa ular dan gigitan serta antupan serangga, menurunkan kadar gula penderita diabetes, menguatkan otot, menghilangkan penyakit waswas, degdegkan sehingga hati gampang dipenuhi keraguan. 

Apabila dikalungkan pada leher sampe nyengser ke bagian perut, maka akan memperlancar pencernaan dan mengobati sakit perut, mules, mencret diare dan sebagainya.” dikalungkan di leher orang kesurupan, bakal kabur jinnya. Juga dapat memutihkan gigi, menguatkan isit (gusi), dengan cara marjan diletakan di dalam gelas atau teko yang terbuat dari tanah liat kemudian ditutup dengan tutupan yang terbuat dari tanah pula tuangkan air di dalamnya lalu dibakar selama. 6 jam, gunakan air tersebut untuk membersihkan gigi dan jika diminum air tersebut dapat menyembuhkan penyakit kencing batu. Bocah-bocah yang dipakaikan kalung atau gelang marjan dapat mempercepat tumbuh giginya. Adapun bocah yang sulit berjalan dan ingin cepat berdiri dan berjalan hendaknya saban pagi sore tubuhnya diusap-usap dengan marjan sambil membaca nama Allah Taala Ya Qowiyyu Ya Matinu (wahai yang maha kuat dan kokoh) 100 kali. Marjan juga dapat menyembuhkan penyakit Aqm (mandul) sehingga memudahkan untuk hamil. Tentunya khasiat tersebut semata-mata terjadi karena izin Allah Taala. 


Prof. Dr. Quraiys Syihab pakar tafsir dalam tafsirnya al-Mishbah mengatakan: “Mutiara berbentuk bulat dan keras yang berasal dari dalam kulit kerang yang terbentuk karena adanya benda atau pasir yang masuk kedalam  tubuh kerang itu lalu diselubungi oleh kulit ari. Sementara ulama membedakan antara Lu’lu dan Marjan dari segi warnanya. Bila warna putih bersih, maka dia Lu’lu (mutiara) dan jika merah maka dia marjan. Ada juga yang membedakan berdasar besar dan kecilnya, yang besar adalah Lu’lu.”

Syekh Ismail Haqqiy al-Khalwatiy al-Barusawiy (wafat 1127 Hijriyah) dalam tafsirnya Ruh al-Bayan Fi Tafsir al-Qur'an jilid 9 halaman: 293 mengatakan: "Lu'lu itu adalah mutiara. Sedangkan Marjan dikenal orang semacam manik-manik yang keras berwarna merah. Ada pendapat mengatakan bahwa Marjan merupakan sesuatu yang dibuang oleh jin ke dasar laut. 

Pengarang kitab Kharidah al-Ajaib berkata: "Lu'lu itu mutiara yang ada di laut India dan Persia. Adapun Marjan merupakan nama tumbuhan yang tumbuh di dasar laut, dalam waktu yang lama ia mengeras mengandung mercury. Marjan bermacam-macam bentuk warnanya ada yang putih, merah dan hitam. Khasiatnya dapat menguatkan pandangan mata jika Marjan dijadikan celak mata. Juga dapat Menyembuhkan penyakit rebekkan." 

Ahli tafsir dari negri Tunisia Syekh Muhammad Thahir Ibn Asyur dalam tafsirnya at-Tahrir Wa at-Tanwir jilid 27 halaman: 249-250 berpendapat bahwa "Lu'lu dan Marjan tidak ditemukan melainkan pada laut yang asin. Marjan adalah nama hewan laut yang memiliki jari-jari halus yang lambat laun mengeras menjadi batu dan berwarna merah. Marjan banyak dijadikan perhiasan, orang-orang Persia menyebutnya dengan nama Sadz. 

Kualitas Marjan berbeda-beda, semakin bagus kondisi laut maka semakin bagus kualitasnya. Marjan banyak ditemukan di laut merah, laut Afrika, laut jepang, tetapi Marjan yang paling bagus adalah Marjan yang terdapat di kota Thabarqah laut bagian utara negri Tunisia."  

Alhamdulillah pada tahun 2014, alFaqir mendapat hadiah tasbeh Yuser dengan pancalan marjan merah cabe dari ulama Maroko yang juga seorang penyair kerajaan Maroko yakni Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy Hafizhahullah, kepada beliaulah alFaqir banyak belajar ilmu asrar, wafaq dan lain sebagainya.

Beberapa minggu lalu alFaqir juga mendapatkan hadiah marjan 120 biji dari Hajah Marhati yang merupakan nenek istri alFaqir juga sebagai mertua Abuya KH. saifuddin Amsir dan alhamdulillah sudah dibentuk settingan Tasbeh Thoriqoh Tijaniyah oleh Gunawan perajin Tasbeh dari Rembang Jawa tengah.

Semoga menjadi fadhilah besar yang Allah berikan kepada alFaqir berdzikir dengan marjan lantaran semata-mata bertabartuk dengan salah satu anugrah Allah yang Dia sebut dalam al-Qur'an.

Dalam musalsal bitanawulis Subhah (sanad bersambung terkait menggunakan tasbeh) diriwayatkan bahwa imam Hasan al-Bashri Radhiyallahu Anhu oleh murid beliau yang bernama Umar al-Makkiy, mengapa beliau kalau berdzikir selalu menggunakan tasbeh? Beliau menjawab:

هذا شيئ كنا استعملناه في البدايات ما كنا لنتركه في النهايات انا احب ان اذكر الله بقلبي ولساني ويدي.

Artinya: tasbeh ini perantara dzikir yang kami gunakan saat menjadi pemula dalam menempuh jalan Allah, maka tidak akan kami tinggalkan walau kami sudah berada di puncak jalan tersebut. Aku sangat suka berdzikir kepada Allah dengan kolaburasi antara hati, lisan dan tanganku.

Musalsal tanawulis subhah disebutkan berbagai kitab musalsalsalat di antaranya kitab iqtithof azharil hadiqoh fi ma li muallifihi minas syuyukh fi ilmay syariah wal haqiqoh karya ahli hadis Maroko Sayyid Idris bin Muhammad al-Abid al-Iroqiy al-Husainiy halaman 219.



Hati-hati jangan sembarangan beli Yuser dan Marjan lantaran banyak tukang tepu setan aku-aku la'natullah Alaihim.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا






28 komentar:

Unknown mengatakan...

Punya koleksi batu marjan ustazd?

Yayasan Almuafah mengatakan...

ana punya cuma satu,, hadiah dari penyair kerajaan maroko..
antum punya brapa marjan ya ustdz?
langka banget yg punya batu marjan, kalo sirup marjan banyak.

Unknown mengatakan...

Saya punya satu ada tulisan lafadz Allah

Unknown mengatakan...

Dimana saya bisa beli batu marjan? Dan brp hargany?

Unknown mengatakan...

Marjan ..luar biasa

Anonim mengatakan...

India bnyak yg jual via PayPal rebes sudah

Unknown mengatakan...

Saya punya Marjan.081242225212

Unknown mengatakan...

Saya punya marjan.tlp wa 081242225212

Darwesh mengatakan...

Gelang red coral marjan banyak nih ane ada 😀😀😀

Unknown mengatakan...

Marjan ku dari dlm tubuh hewan laut sperti kerang, warnanya merah terang & ada garis hitam nya

Unknown mengatakan...

Harganya brp

Agung katunoutbound mengatakan...

OUTBOUND MURAH
Katun Outbound adalah Provider Outbound di Kota Wisata Batu yang menyajikan program :
..
✔Outbound Team Building
✔Outbound untuk anak
✔Paintball War Fun Games
✔Airsoft fun games
✔Rafting
✔Jungle Survival

Hubungi : Sam Agung (081336730271)
Katun Outbound
http://www.katunoutbound.com/

Unknown mengatakan...

Bismillah dikitim gamvae gekang dan jakungnya

Unknown mengatakan...

Bismillah coba kirim gambarnya mas

Unknown mengatakan...

Klo ane pengen punya Batu Marjan merah tentunya yang asli, bisa kah ? Mohon infonya WA 0817780441. Terima kasih.

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Saya mau beli batu Marjan yang asli. Kemana belinya ?
Tolong kasih Thu.
Ni no ku. 081255777879.

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu..Tuan Guru..syukran

Unknown mengatakan...

Kalo mau Marjan asli ya disini tempatnya ..saya juga kepengin punya tapi belum diijinkan

Indra Wahyudi mengatakan...

Yang butuh tasbih yuser asli dari mesir dan marjan red coral Indonesia hubungin ane di wa 082323806545

Indra Wahyudi mengatakan...

Yang lagi nyari tasbih yuser ,unnab dan oud sholib serta marja asli Mesir dan Maroko boleh chat sy di WhatsApp +62 822-5859-7065

Zaenudin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Zaenudin mengatakan...

Oh iya sy mau tanya juga apa beda nya Marjan mesir dengan marjan laut merah atau marocco.trima kasih

Unknown mengatakan...

Kemana beli batu Marjan yg asli ?
Salam Ukhuwah,
#GDAY Griya Doa Anak Yatim 081543921287

Jamal mengatakan...

Sy mau beli Marjan asli boleh hub no whtsap sy +62 831-8000-8163

Fulan mengatakan...

Assalamu'alaikum wrwb. Alhamdulillah, Allahumma sholli'ala Muhamma wa'ala ali Muhammad. Marjan adalah batu yang ingin sekali saya punyai, saya bukan penggila batu cincin, tapi karena saya hafal surat Ar Rahman, dan disitu marjan disebut dua kali, jadi saya penasaran apa itu marjan. Sejak tahun 2018 saya tau bahwa ada batu yang namanya marjan dan itu disebut dalam surat Ar Rahman, pertanyaannya mengapa batu ini disebut dalam Al Qur'an? Ternyata setelah batu itu disebut, ada pertanyaan lagi dalam surat Ar Rahman itu, "Lantas, nikmat Tuhan yang manakah yang hendak kau dustakan?" Maka saya simpulkan, marjan merupakan sebuah nikmat yang diberikan oleh Allah kepada siapapun yang menganggap itu adalah nikmat. Sejak saya tau marjan itu adalah secuil nikmat yang diberikan Allah kepada siapapun, maka sejak itu pulalah saya ingin punya batu ini. Jadi barangkali jika tuan-tuan semua ada info mengenai batu marjan yang asli, mohon diinfokan dengan cara balas komentar ini, atau ke walle1719@gmail.com. Jika tidak bisa kasi info, mohon do'akan semua ummat Nabi SAW yang ingin memiliki batu marjan ini, tercapai keinginannya memiliki batu marjan ini. Mohonn maaf jika ada salah, assalamualaikum wrwb.

Anonim mengatakan...

Saudaraku dimanapun kalian berada
Yg sedang mencari batu marjan asli (corralium) bisa hub. 089501136574
Terimakasih salam seduluran

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah sy punya cincin batu Marjan dr alm kyai Rizki yayasan Al muafah🤲