Meluruskan Tuduhan Sayyid Ahmad al-Ghumari Tentang Thariqah Tijaniyah
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi M.A
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا
له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Madzhab Tasawwuf Sayyid Ahmad al-Ghumari
Madzhab Tasawwuf Sayyid Ahmad al-Ghumari
Sayyid Aẖmad al-Ghumârî cinta kepada ahli tasawuf dan beliau meyakini bahwa seluruh tarîqah dapat menyampaikan seorang sâlik (penempuh jalan akhirat) kepada Jalan Allah SWT. Hanya saja, dalam bertasawuf beliau mengambil masyrab (tempat minum) tarîqah al-syâdziliyyah al-darqâwiyyah yang didirikan oleh al-ʻArabî al-Darqâwî (w.1239 H).[1]
Sayyid Aẖmad al-Ghumârî mendapat talqîn tarîqah al-syâdziliyyah
dari ayah beliau. Ayah beliau juga mengijazahkan wirid-wirid tarîqah
dan memerintahkan beliau agar mengamalkan Hizb al-Nawawî
karya Yahyâ al-Nawawî al-Dimasyqî (w. 676 H) dan hizb al-bahr
karya Abû al-Hasan al-Syâdzillî (w. 656 H) untuk dibaca pagi sore.[2]
Ṯarîqah yang diperangi oleh Sayyid Aẖmad al-Ghumârî secara terang-terangan adalah
tarîqah al-Tijâniyyah. Beliau mengatakan bahwa guru beliau
bernama Sayyid Muhammad Bin Jaʻfar al-Kattânî mengambil belasan tarîqah
termasuk tarîqah al-Tijâniyyah. Tetapi Sayyid Muhammad Bin
Jaʻfar al-Kattânî keluar dan bertaubat dari tarîqah al-Tijâniyyah
karena amaliyahnya tidak memiliki dasar dari al-Qur’an dan hadis. (Lihat kitab al-Baẖr al-ʻAmîq, h. 102).
Penulis
pernah bertanya kepada Sayyid Muhammad al-Râḏî Ghannûn mengenai pernyataan Sayyid Aẖmad
al-Ghumârî mengenai Sayyid Muhammad Bin Jaʻfar al-Kattânî yang keluar dan
bertaubat dari tarîqah al-Tijâniyyah, beliau menjawab, saya punya
hubungan harmonis dengan keturunan Sayyid Muhammad Bin Jaʻfar al-Kattânî, apa
yang disebut Sayyid Aẖmad al-Ghumârî tidak benar. Di samping itu, penulis mendapat
hadiah kitab al-Ijâzah al-Ayyûbiyyah sebuah kitab kumpulan sanad ṯuruq
al-Sûfiyyah karya Sayyid Muhammad Bin Jaʻfar al-Kattânî dari Sayyid Hamzah
al-Kattânî di dalamnya banyak menyebutkan guru-gurunya di kalangan ulama tarîqah
al-Tijâniyyah dan bahkan banyak ulama Tijâniyyah yang berguru kepada
Muhammad Bin Jaʻfar al-Kattânî. Di samping itu Sayyid Muhammad Bin Ja'far al-Kattani menuliskan biografi Sayidi Syekh Ahmad Tijani dalam kitabnya Salwatul Anfas pada jilid 1 halaman 196 di mana beliau banyak memberikan pujian dan melekatkan gelar dan sebutan keshalehan kepada Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu. Dari keterangan tersebut diketahui bahwa
pendapat Sayyid Aẖmad al-Ghumârî keliru.
Dikutip dari buku:
KRITIK HADÎTS
AHMAD AL-GHUMÂRÎ TERHADAP HADÎTS-HADÎTS PALSU RIWAYAT
AL-QUDÂʻÎ DALAM KITAB AL-JÂMI AL-SAGHÎR
(Telaah Kitab Al-Mudâwî
Li ʻIlal Al-Jâmi’ Al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî)
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً
تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا
قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا،
وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ
مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى
فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ
مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا
اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ
عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ
حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ
دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
Sayyid Ahmad al-Ghumari
[1] Maẖmûd Saʻîd
Muẖammad Mamdûẖ, Musâmarah al-Siddîq, h. 50 dan h. 85.
[2] Aẖmad
al-Ghumârî, al-Baẖr al-ʻAmîq, h. 97.
2 komentar:
Alhamdulillah wawasan nya guru
Madad ya rasulullah,Madad ya rasulullah,Madad ya rasulullah
Posting Komentar