Jumat, 25 Mei 2018

Penuntut Ilmu Kudu Cepat Dalam Tiga Hal


Penuntut Ilmu Kudu Cepat Dalam Tiga Hal

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Salah satu guru imam al-Suyuthi adalah Ahmad Bin Ibrâhîm al-Kinânî (wafat tahun 876 Hijriyah).

Imam al-Suyûṯî banyak mendapat nasehat dan pelajaran adab dari beliau. Salah satu faidah yang al-Suyûṯî dapatkan adalah adab menjadi penuntut ilmu:

حَدَّثَنَا شَيْخُنَا الْكِنَانِي * عَنْ أَبِهِ صَاحِبِ الْخِطَابَةْ
أَسْرِعْ أَخَا اْلعِلْمِ فِي ثَلاَثٍ * الْأَكْلِ وَالْمَشْيِ وَالْكِتَابَةْ
           
“Guru kami Ahmad al-Kinânî menceritakan kami dari bapaknya pengarang kitab al-Khiṯâbah. Wahai penuntut ilmu bersegeralah engkau dalam tiga hal: Pertama, makan. Kedua, berjalan dan ketiga menulis.”[1]

Seorang penuntut ilmu dituntut untuk cepat dalam tiga hal: Pertama: Cepat makan artinya dia kudu makan sedikit. Makan banyak bikin ngantuk, bikin libido seksual meningkat dan sebagainya. bagaimana mau semangat belajar, kalo makan itu piring ape kaga keliatan pinggirannya mana munjung bangat udah kaya kuburan cina. Kedua, Jalan cepat. Maksudnya penuntut ilmu jangan tungkulan (menunda-nunda) waktu untuk datang ke majlis ilmu. Umpama pengajian mulai jam 8, diupayakan dia kudu sampai di majlis sebelum jam 8, jangan begitu melihat udah jam 8, ah entar dulu gua mau ngeroko bangsa sebatang. Ketiga, Cepat menulis, seorang penuntut ilmu kudu agresif. Setiap faidah yang ia dengar dari guru kudu buru-buru ia tulis. Bukan hanya cepat tapi harus bagus tulisannya, minimal dia sendiri bisa membacanya. jangan terlalu tegere-gere namun kaga kebaca itu tulisan laksana tanduran diicak-icak bebek.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا




[1] Ibn al-ʻImâd, Syadarât al-Dzahab, vol. 10, h. 78.

14 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Mdh2an bisa istiqomah dlm menuntut ilmu..doain ana baginda

Ali fikri mengatakan...

Mdh2an bisa istiqomah dlm menuntut ilmu..doain ana baginda

Syaeful Bahar mengatakan...

Biasanya wan Ali tuh yang tungkulan aja klo mo ngaji

Syaeful Bahar mengatakan...

Biasanya wan Ali tuh yang tungkulan aja klo mo ngaji

Ali fikri mengatakan...

Iya iya bang iful...doain biar gk ke tungkulan lagi...hiks hiks

Ali fikri mengatakan...

Iya iya bang iful...doain biar gk ke tungkulan lagi...hiks hiks

Muhammad Yunus mengatakan...

Nyimak...

Abdul Kodir mengatakan...

Menanam padi jalannya mundur

Agar dapat tumbuh dengan teratur

Semangat menuntut ilmu jgnlah luntur

Hingga akhir hayat dan dunia pun hancur





#Bersama baginda di Majlis Al-Mu'afah

Syaeful Bahar mengatakan...

Pisss

Syaeful Bahar mengatakan...

Pisss

Iwan Hasani mengatakan...

Lah coba itu .....semua kebaikan yg ada.

Wawiko mengatakan...

Jadi ilmu nih baginda

Muhammad Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..Istiqomah menuntut ilmu In Sya ALLAH..

Mahfudz Syafii mengatakan...

Amin...