Jumat, 25 Mei 2018

Takhrij Hadis (رُبَّ طَاعِمٍ شَاكِرٍ أعْظَمُ أجْرًا مِنْ صَائِمٍ صَابِرٍ)

Takhrij Hadis رُبَّ طَاعِمٍ شَاكِرٍ أعْظَمُ أجْرًا مِنْ صَائِمٍ صَابِرٍ

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Takhrij Hadis:
رُبَّ طَاعِمٍ شَاكِرٍ أعْظَمُ أجْرًا مِنْ صَائِمٍ صَابِرٍ (القضاعي) عن أبي هريرة .

“Terkadang orang yang makan tetapi bersyukur lebih besar pahalanya dari orang yang berpuasa serta bersabar.” (Hadis ini riwayat al-Quḏâʻî dari Abû Hurairah(. Hadis ini adalah al-Quḏâʻî.[1]

Aẖmad al-Ghumârî mengatakan, “Al-Suyûṯî memberikan penilaian hadis di atas sebagai hadis ḏaʻîf, di sini sangat nampak letak tasâhul (longgar) al-Suyûṯî dalam menentukan status hadis. Al-Munâwî yang punya kecendrungan ingin berbeda dengan al-Suyûṯî tak ubahnya bagaikan orang yang menambahkan air di tanah basah dengan mengatakan hadis itu hasan. Al-Munâwî hanya mengikuti penilaian yang diberikan oleh al-ʻÂmirî salah satu komentator kitab al-Syihâb. Al-ʻÂmirî sebenarnya bukan ahli hadis.

Tak heran, bila beliau berani mensaẖîẖkan dan menghasankan hadis menurut keinginan dan perasaannya sendiri. Kajiannya tidak berdasarkan sanad serta kaidah kesaẖîẖan hadis. Hadis di atas adalah hadis mauḏûʻ, batil tidak memiliki sumber untuk diberikan status hasan. Karena dalam rangkaian sanadnya terdapat Bisyr Bin Ibrâhîm al-Ansârî seorang pendusta dan penyebar hadis palsu.” Ditemukan juga tanda negatif pada hadis di atas karena bertentangan dengan hadis saẖîẖ riwayat Abû Hurairah dan lainnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الطَّاعِمُ الشَّاكِرُ بِمَنْزِلَةِ الصَّائِمِ الصَّابِرِ .

Dari hadis sahîẖ tersebut, ditambahkan oleh para pemalsu hadis kalimat ( اَعْظَمُ مِنَ الصَائم الصَابر ).

Tidak berhenti di situ, bahkan al-Munâwî menyebutkan bahwa hadis semacam ini juga diriwayatkan dari selain Abu Hurairah. Pendek kata al-Munâwî menegaskan hadis-hadis yang semakna dengan hadis di atas juga diriwayatkan dari berbagai jalur, dan jelas-jelas pernyataan itu merupakan omong kosong. Al-Munâwî telah terkecoh dengan hadis:

الطَّاعِمُ الشَّاكِرُ بِمَنْزِلَةِ الصَّائِمِ الصَّابِرِ .

Hadis di atas, memang banyak diriwayatkan para ahli hadis kenamaan selain dari jalur Abu Hurairah. Sedangkan antara keduanya perbedaan yang sangat jelas.[2]

Analisa Hadis
Melalui penelusuran al-Jâmiʻ al-Saghîr, redaksi hadis tersebut ditemukan pada kitab Musnad al-Syihâb karya al-Quḏâʻî:[3]

أَخْبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عُمَرَ التُّجِيبِيُّ، أبنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ الْأَعْرَابِيُّ، ثنا شَاذَانُ، ثنا الْكَامْرُوَانِيُّ، ثنا بَكْرُ بْنُ مُضَرٍ، ثنا بِشْرُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «وَرُبَّ طَاعِمٍ شَاكِرٍ أَعْظَمُ أَجْرًا مِنْ صَائِمٍ صَابِرٍ»

a.    Biografi Para periwayat:
a)    ʻAbd al-Raẖman Bin ʻUmar al-Tujîbî dan Aẖmad Bin Muẖammad Bin Ziyâd al-Aʻrâbî. Sudah disebutkan sebelumnya.
b)   Syâdzân
Nama lengkap beliau adalah Abû Bakr Muẖammad Syâdzan al-Baghdâdî al-Jauharî. Beliau meriwayatkan dari Haudzah Bin Khalîfah dan Zakariyâ Bin ʻAdî. Murid beliau di antaranya: Abû Bakr al-Najjâd dan Ibn Qâniʻ. Beliau wafat tahun 290 Hijriyah. Al-Dâraqutnî mengganggap beliau tsiqah.[4]
c)    Al-Kâmruwânî
Tidak ditemukan catatan tentang beliau.
d)   Bakr Bin Mudar
Nama lengkap beliau adalah Abû ʻAbd al-Mâlik Bakr Bin Mudar Bin Muẖammad al-Misrî. Beliau dilahirkan pada tahun 100 Hijriyah. Wafat tangal 9 Dzulhijjah tahun 174 Hijriyah. Al-Dzahabî menyebut beliau tsiqah.[5]
e)    Bisyr Bin Ibrâhîm
Nama panjang beliau adalah Bisyr Bin Ibrâhîm al-Ansârî, mempunyai julukan al-maflûj (lumpuh). Beliau wafat diperkirakan antara tahun 191-200 Hijriyah. Ibn Abî Hâtim menyebut beliau sebagai periwayat ḏaʻîf. Ibn ʻAdî mengatakan beliau pemalsu hadis.[6] Al-ʻUqailî menyebut Bisyr Bin Ibrâhîm al-Ansârî periwayat hadis palsu.[7] Ibn Hibbân menilai Bisyr Bin Ibrâhîm pemalsu hadis.[8]
f)    Muẖammad Bin Abî Dzi’b
Nama lengkap beliau adalah Muẖammad Bin ʻAbd al-Raẖman Bin al-Mughîrah Bin al-Hârits Bin Abî Dzi’b. Beliau dilahirkan pada tahun 80 Hijriyah. Wafat tahun 159 Hijriyah.[9] Al-Dzahabî menyebutnya periwayat tsiqah dan disepakati keadilannya.[10]
g)   Abû Hâzim dan Abû Hurairah. Sudah disebutkan sebelumnya.

b.   Kesimpulan
Dari uraian mengenai sanad hadis di atas, menghasilkan beberapa catatan, sebagai berikut;
a)              Dari segi kualitas para perawinya, ditemukan beberapa periwayat yang tidak diketahui biografinya dan bermasalah.
b)             Dari segi hubungan periwayatan, ditinjau dari jarak wafat antara dua orang perawi berdekatan, ditemukan hasil identifikasi lewat hubungan guru-murid antara satu perawi dengan perawi yang lain dan lafadz adâ (periwayatan) yang menunjukkan pertemuan langsung antara dua orang perawi sehingga diasumsikan bahwa sanad tersebut muttasil.

Periwayat bernama Al-Kâmruwânî tidak ditemukan biografinya. Penulis melacak Kitab al-Mu’jam karya Aẖmad Bin Ziyâd Ibn al-Aʻrabi[11] ditemukan nama Al-Kâmrudânî tetapi juga tidak diketahui keterangan mengenai beliau. Sedangkan periwayat bernama Bisyr Bin Ibrâhîm al-Ansârî yang dikritik oleh Aẖmad al-Ghumârî, banyak para ulama menyebut beliau pemalsu hadis.

Aẖmad al-Ghumârî menggolongkan hadis di atas sebagai hadis palsu dalam kitab al-Mudâwî dan Fath al-Wahhâb. Mengenai matan hadis, kontennya bertentangan dengan hadis sahîh.

Selain Aẖmad al-Ghumârî, Muẖammad Nâsir al-Dîn al-Albânî juga memauḏûʻkan hadis di atas.[12]

 KRITIK HADÎTS AHMAD AL-GHUMÂRÎ TERHADAP HADÎTS-HADÎTS PALSU RIWAYAT AL-QUDÂʻÎ DALAM KITAB AL-JÂMI AL-SAGHÎR

(Telaah Kitab Al-Mudâwî Li ʻIlal Al-Jâmi’ Al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî)

karya H. Rizki Zulkarnain M.A



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا



Sayyid Ahmad al-Ghumari


[1] Al-Suyûṯî, al-Jâmiʻ al-Saghîr, h. 270.
[2] Aẖmad al-Ghumârî, al-Mudâwî, vol. 4, h. 75.
[3] Muhammad al-Quḏâʻî, Musnad al-Syihâb, vol. 2, h. 310.
[4] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islâm, vol. 17, h. 200.
[5] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islâm, vol. 4, h. 589.
[6] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islâm, vol. 4, h. 179.
[7] Abû Jaʻfar al-Uqailî, al-Duʻafâ al-Kabîr, vol. 1 (Beirût: Dâr al-Maktabah al-ʻIlmiyah, 1984), h. 142.
[8] Muẖammad Bin Hibbân, al-Majruhîn Min al-Muhadditsîn Wa al-Duʻafâ Wa al-Matrûkîn, vol. 1, h. 189.
[9] Al-Dzahabî, Siyar Aʻlâm al-Nubalâ, vol. 6, h. 561.
[10] Al-Dzahabî, Mîzân al-Iʻtidâl, vol. 3, h. 620.
[11] Aẖmad Bin Ziyâd Ibn al-Aʻrabi, Kitab al-Mu’jam, vol. 1 (Beirût: Dâr al-Imâm Ibn al-Jauzî, 1998), h. 824.
[12] Muẖammad Nâsir al-Dîn al-Albânî, Daʻîf al-Jâmiʻ al-Saghîr, vol. 1, h. 454; Silsilah al-Ahâdîts al-Daʻîfah Wa al-Maudûʻah, vol. 8, h. 127.


Ahmad al-Ghumari, Ibn shiddiq al-Ghumari, al-Ghumariyah, Keluarga al-Ghumari

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Yang penting tambah tau dah ...wali engga sempat belajar

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah

rahmat hadi mengatakan...

Subhanallah