Rabu, 23 Mei 2018

Shalawat Anti Ghibah (Sayyidi Muhammad al-Arabiy ad-Damrawiy)


Shalawat Anti Ghibah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Ghibah memusnahkan amal kebaikan

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَلاَ يَغْتِبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ وَاتَّقُوْا اللهَ إِنَّ اللهَ تَوَّابٌ رَحِيْمٌ

 Janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian merasa jijik, bertaqwalah kalian kepada Allah sesungguhnya Allah maha menerima taubat dan maha kasih sayang. (QS Al-Hujurat |49|: 12).

Ketika Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wasalam melakukan hukum rajam kepada Maiz ibn Malik Al-Aslami karena zina. Lalu ada orang yang berkata kepada temannya, “Orang ini mati di tempatnya sebagaimana anjing mati di tempatnya.” Tatkala Rasulullah Shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wasalambersama kedua orang itu melewati sebuah bangkai, lalu beliau berkata, “Gigitlah bangkai ini.” Kedua orang itu lantas berkata, “Ya Rasulullah, kami harus menggigit bangkai?!” Beliau lalu berkata, “Dosa yang menimpa kalian karena menggunjing saudara kalian itu lebih busuk daripada bangkai ini.”

Secara harfiah ghibah mengandung arti tidak berada di tempat, karena berasal dari kata ghaib (tidak ada). Artinya memiliki karakteristik memberitakan aib atau kesalahan orang lain di suatu tempat dimana orang yang diceritakannya tidak ada. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan, tatkala menguji para sahabat : Wahai sahabat tahukah kamu apa itu ghibah ? para sahabat menjawab : Allah dan RasulNYa lebih mengetahuianya. Lalu jawab Baginda Rasul, "Menyebut sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu di belakangnya!" Kemudian Baginda Rasul ditanya lagi, "Bagaimana sekiranya apa yang disebutkan ltu benar?" jawab Baginda Rasul, "Kalau sekiranya apa yang disebutkan itu benar, maka itulah ghibah, tetapi jika sekiranya perkara itu tidak benar, maka engkau telah melakukan buhtan (pembohongan besar)." 

Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu anhu:

إياكم والغيبة فإن الغيبة أشد من الزنا

Jauhilah oleh kalian berghibah, sesungguhnya dosa ghibah lebih dahsyat dari berzina.

Diwahyukan kepada Nabi Musa alaihis salam:

من مات تائباً من الغيبة فهو آخر من يدخل الجنة ومن مات مصراً عليها فهو أول من يدخل النار

Siapa saja yang meninggal dunia sesudah taubat dari dosa menggunjing (ghibah) maka ia akan menjadi orang yang terakhir masuk surga. Dan siapa saja yang meninggal dunia belum bertaubat dari dosa ghibah maka ia akan menjadi orang yang pertama kali masuk neraka.”

Dampak negatif Ghibah juga sebagai penyedot amal ibadah yang kita lakukan sampai bures: Rasulullah shallalallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَتْ لَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ مِنْ عِرْضِهِ أَوْ شَيْءٍ فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ الْيَوْمَ قَبْلَ أَنْ لَا يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ ، إِنْ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ  (رواه البخاري، رقم 2449)

“Siapa yang mempunyai kezaliman kepada saudaranya baik dari kehormatan atau sesuatu hal, maka mohonlah dihalalkan darinya sekarang (pada hari ini) sebelum tidak berguna lagi dinar dan dirham. Kalau dia mempunyai amal shaleh, maka akan diambil darinya sesuai dengan kadar kezalimannya. Kalau tidak mempunyai kebaikan, maka keburukan orang tersebut akan diambil dan dibebankan kepadanya.” (HR. Bukhari, no. 2449)

أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ

“Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?” Mereka menjawab: “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.” Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/ kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.”(HR Muslim no. 6522)

Sejatinya orang yang melakukan ghibah adalah:

a. Titisan Iblis karena merasa lebih baik dari orang lain
b. orang yang lalai
c. orang yang kaga tau diri
d. orang yang lebih bejat dari korban yang sedang dibicarakannya.
e. perusak ukhuwwah.
f. pengecut yang cuma berani ngomong dibelakang.
g. penghasud
h. Kaga punya gawean.
i. komentator kaga punya kantor
j. perusak amal ibadahnya sendiri.
k. pemakan bangkai.
l. faqir miskin super kebelangsak di hari kiamat.
m. manusia yang dapet laknat.

Agar kita terhindar dari berghibah hendaknya amalkan bacaan shalawat di bawah ini:

اللهم صل و سلم على سيدنا و نبينا و مولانا محمد و على آل سيدنا محمد صلاة تعصمنا بها يا ألله من الغيبة و النميمة و التجسس و الكذب و اللهو. وصل و سلم عليه و على آله ما دام الغيار و الزهو

Allumma Shalli Wa Sallim Ala Sayyidina Wa Nabiyyina Muhammadin Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad Shalatan Tu’shimuna biha Ya Allah Minal Ghibati Wan Namimati Wat Tajassusi Wal Kidzbi Wal Lahw. Wa Shalli wa sallim alaihi Wa ala Alihi Ma damal Ghiyaru Wazzahw.

Artinya: Ya Allah, berikan shalawat dan salam atas pemimpin, nabi dan tuan kami Nabi Muhammad beserta beliau sebenar-benar shalawat yang dapat melindungi kami dari Ghibah, adu domba, mencari aib orang lain, dusta dan mengerjakan hal yang sia-sia, Ya Allah. Berikan shalawat dan salam kepada beliau dan keluarganya selama masih ada pergantian masa dan kegelamoran.

Shalawat anti Ghibah di atas dinisbahkan kepada salah satu murid utama dari sayyidi syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu Anhu bernama Al-Arif Billah Sayyidi Muhammad Bin Al-Arobiy at-Taziy ad-Damrawiy (wafat 1204 Hijriyah) Radhiyallahu Anhu. Beliau dijadikan washithah (perantara) oleh sayyidi syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu untuk menyampaikan sesuatu secara langsung kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lantaran sayyidi syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu Anhu sangat malu menyampaikannya kepada Rasulullah. Sebagaimana para wali lain menjadikan ashhab mereka perantara antara mereka dan Rasululllah dikarenakan mereka sangat malu dan istighraq (tenggelam) dalam kerinduan ketika bertemu dengan sang Rasul.

Syekh Ahmad Abdalawiy Radhiyallahu Anhu berkata; Sayyidi Muhammad al-Arabiy ad-Damrawiy bertemu Rasulullah Yaqzhatan (dalam keadaan sadar bukan mimpi) dalam sehari 24 kali.


Siapa yang membaca shalawat tersebut pagi hari 100 dan sore hari 100, dirinya akan Allah Taala lindungi dari melakukan ghibah, dusta, adu domba dan mencari-cari aib orang lain. 

Al-Faqir telah mendapat ijazah dari Prof Dr Sayyid Muhammad Radhi Ghannun al-Idrisiy al-Hasaniy dengan sanad muttashil kepada Imam Sayyidi Muhammad al-Arobiy at-Taziy ad-Damrawiy radhiyallahu anhu sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحقق الباحث سيدي الشريف محمد الراضي كنون الادريسي الحسني عن الدكتور الفاضل سيدي احمد بن عبد الله سكيرج عن عم والده الحاج عبد الرحمن سكيرج عن شقيقه العلامة العارف بالله سيدي احمد بن العياشي سكيرج عن العارف بالله احمد العبدلاوي عن والده محمد بن قويدر العبدلاوي عن العلامة سيدي محمد بن المشري عن صاحب الصلاة الجامعة الامام العارف بالله سيدي محمد بن العربي التازي الدمراوي رضي الله عنه .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


15 komentar:

Unknown mengatakan...

Waspadalah... Waspadalah... Hindari ghibah

Muhammad Yunus mengatakan...

Ghibah no way

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu..baginda

Ati2 bnyk tukang hasud

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu..baginda

Ati2 bnyk tukang hasud

Unknown mengatakan...

قبلت

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..Qobiltu Yaa Baginda...Ghibah bikin bures amalan kita..

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda...

Abdul hadi mengatakan...

قبلت يا شيخنا

dede akhadiyat mengatakan...

qobiltu..baginda

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

Qobiltu Kyai.. :)

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

Qobiltu Kyai.. :)

Moh. Arif Raziqy mengatakan...

Qobiltu Baginda

Wisnu mengatakan...

Qobiltu my baginda

Gilang mengatakan...

Qobiltu yai