Ahmad al-Ghumari Di Mata Para Ulama
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi M.A
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا
له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Komentar Para
Ulama Terhadap Ahmad al-Ghumari
Muẖammad
al-Fâtimî al-Sulamî (w. 1387 H) mengatakan, “Aẖmad al-Ghumârî seorang
ulama, pakar fiqh yang mengerti berbagai pengetahuan Islam, hanya saja
beliau lebih menonjol sebagai ahli hadis karena memiliki konsentrasi khusus dan
metodologi kajian hadis seperti para ẖuffâz terdahulu. Beliau
mengerti betul tentang matan dan sanad, ilmu rijâl, al-jarẖ wa al-taʻdîl
dan mentakhrîj hadis secara otodidak.”[1]
ʻAbd
al-Salâm Bin ʻAbd al-Qâdir Bin Sûdah (w. 1400 H) menyebutkan, “Aẖmad al-Ghumârî
pada masanya terbilang ahli hadis terbesar di Maroko.”[2]
Aẖmad
Bin Muẖammad Mursî al-Naqsyabandî berkata, “Aẖmad al-Ghumârî telah meraih
pangkat amîr al-mu’minîn dalam bidang hadis.”[3]
ʻAbdullah
Bin Muẖammad al-Siddîq al-Ghumârî (w. 1413 H) berkomentar, “Kakak saya,
Aẖmad al-Ghumârî adalah seorang pakar hadis, memiliki banyak karya mengenai
hadis dan mayoritas karya-karya beliau merupakan kajian yang belum pernah
dibahas oleh para ulama di zamannya.[4]
ʻAbd
al-ʻAzîz Bin Muẖammad al-Siddîq al-Ghumârî (w. 1418 H) mengatakan, “Aẖmad
al-Ghumârî mencapai kedudukan tinggi dalam maqâm ilmu khususnya di
bidang hadis. Tanpa bisa digugat, sejatinya beliau merupakan Ibn Hajar
abad ini. Beliau telah sampai dalam derajat ahli ijtihâd, meninggalkan taqlîd,
seluruh karya beliau dapat menjadi saksi hal itu.[5]
Taqî
al-Dîn al-Hilalî (w. 1407 H) menyebutkan, “Pangkat Aẖmad al-Ghumârî dalam ilmu
hadis seperti Aẖmad Bin Hambal.”[6]
Zakkî
Muẖammad Mujâhid mengatakan, “Aẖmad al-Ghumârî adalah ulama yang memiliki
kecintaan terhadap ilmu, banyak memiliki karya ilmiah dan juga seorang kritikus
handal terhadap kajian ilmu para ulama khususnya yang ada di Mesir dan Maroko.”[7]
Muẖammad
ʻAwwâmah mengatakan, “Tidak ada seorang ulama yang pernah aku temui, pantas
menyandang gelar al-hafiz dan bisa dibuktikan secara
ilmiah melainkan tiga orang; Pertama, ʻAbdullah Sirâjuddîn. Kedua Aẖmad
al-Ghumârî dan ketiga, ʻAbdullah al-Ghumârî semoga Allah memberikan kasih
sayang kepada mereka”.[8]
Selain
mendapat banyak pujian dari para tokoh, ditemukan juga kelompok ulama yang
memberikan kritik terhadap pendapat dan pandangan Aẖmad al-Ghumârî yang
dianggap sebagai racun pemikiran menyimpang antara lain: Hamûd Bin
ʻAbdullah al-Tuwaijirî melalui kitabnya Îḏâh al-Maẖajjah Fî al-Radd Sâẖib
Ṯanjah, Muhammad Bin ʻAbd al-Rahmân al-Mighrâwî dalam
kitabnya Tanbîh al-Qârî Ilâ Faḏâih Aẖmad al-Ghumârî, ʻAbd al-Qahhâr
al-Masyrafî lewat kitabnya Suyûṯ al-Aqdâr al-Munsadil ʻAlâ Kasyf al-Astâr
al-Mursal Min ʻInd al-Qahhâr Li Faḏîhat Aẖmad al-Ghumârî Himârat
al-Istiʻmâr.
Dikutip dari buku:
KRITIK HADÎTS
AHMAD AL-GHUMÂRÎ TERHADAP HADÎTS-HADÎTS PALSU RIWAYAT
AL-QUDÂʻÎ DALAM KITAB AL-JÂMI AL-SAGHÎR
(Telaah Kitab Al-Mudâwî
Li ʻIlal Al-Jâmi’ Al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî)
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً
تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا
قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا،
وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ
مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى
فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ
مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا
اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ
عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ
حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ
دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
Sayyid Ahmad al-Ghumari
[1] Muẖammad Bin
al-Fâtimî al-Sulamî, Isʻâf al-Ikhwân al-Râghibîn (Dâr al-Baidâ:
Maktabah al-Rassyâd, 1992), h. 38.
[2] ʻAbd as-Salâm Bin
ʻAbd al-Qâdir Bin Sȗdah, Sall al-Niḏâl Bi al-Asyyâkh Wa Ahl al-Kamal, (Beirût:
Dâr al-Gharb al-Islâmî, 1997), h. 181.
[3] Maẖmûd Ra’fat Bin
Hasan, Muqaddimah Kitab al-Kanz al-Stamin (Beirût: Dâr al-Kutub
al-ʻIlmiyah, 1997), h. 4.
[4] ʻAbdullah
al-Ghumârî, Sabîl al-Taufîq Fî Tarjamah ʻAbdullah Bin al-Siddîq (Cairo:
Maktabah al-Qâhirah, 2012), h. 40.
[5] ʻAbd al-ʻAzîz
al-Ghumârî, Taʻrif al-Mu’tasî Fî Tarjamah Nafsî (Tetwan: Matbaʻah
al-Mahdiyah, t.t.), h. 187.
[6] ʻAdnân Bin ʻAbdullah
Zuhâr, Difâʻ ʻAn Karâmah Wa ʻIrd Salîl al-Asyrâf al-Hâfiz Sayyidî
Aẖmad al-Ghumârî (Dâr al-Baidâ; Dâr al-Rasyâd, 2014), h. 7.
[7] Zakî Muẖammad
Mujâhid, al-Akhbâr al-Târîkhiyah Fî al-Sîrah al-Zakiyyah (Cairo: Dâr al-Tibâʻah
al-Muẖammadiyah, 1379 H), h. 81.
[8] Muẖammad
al-Awwâmah, Taẖqîq Tadrîb al-Râwî Syarẖ Taqrîb al-Nawawî, vol. 2
(Jeddah: Dâr al-Minhâj, 2016), h. 38.
2 komentar:
Di tunggu lanjutan nya guru
in sya Allah bakal eksis ...
Posting Komentar