Rabu, 23 Mei 2018

Ahli Sufi Mensensor Hadis Dengan Dzauq dan Malakah Haditsiyah


Ahli Sufi Mensensor Hadis Dengan Dzauq dan Malakah Haditsiyah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Al-Hafizh Sayyid Ahmad Bin Muhammad Bin as-Shiddiq al-Ghumari (wafat 1380 Hijriyah) ulama hadis dari Maroko mengatakan, “Naluri seorang pakar hadis dapat dijadikan dasar mensensor hadis-hadis maqbûl dan mardûd, berbeda dengan ahli fiqh dan ahli sufi kecendrungan perasaan batin mereka tidak bisa dijadikan barometer untuk melacak status hadis. Kecuali ahli sufi tersebut sudah sampai tingkatan maʻrifatullah sehingga dapat melihat dengan kasyaf sahîh dan ʻain al-basîrah (mata batin).[1]

Di kalangan ahli tasawuf, para ahli sufi dapat mengetahui kualitas hadis melalui kasyaf (terbukanya hijab). Sebut saja nama ʻAbd al-ʻAzîz al-Dabbâgh (w. 1131 H) seorang wali yang buta huruf. Menurut pengakuan Ahmad Bin Mubârak al-Lamatî (w. 1156 H) muridnya, “ʻAbd al-ʻAzîz al-Dabbâgh tidak hafal al-Qur’an, akan tetapi beliau bisa membedakan keduanya dengan semata-mata mendengar. Saat ada orang membacakan sesuatu di hadapannya, beliau mengatakan, “itu al-Qur’an, itu hadis qudsi dan sebagainya.” Demikian itu beliau ketahui melalui kasyaf.

Beliau juga bisa membedakan mana hadis sahîh, ḏaʻîf dan mauḏûʻ. Pada suatu hari, aku menguji beliau dengan membacakan hadis dari kitab al-Jâmiʻ al-Saghîr karya al-Suyûṯî ternyata apa yang disebut al-Suyûṯî sahîh maka beliau mengatakan sahîh jika ḏaʻîf beliau mengatakan ḏaʻîf. Beliau mengetahui status hadis-hadis tersebut secara kasyaf.[2]

Para ahli hadis menyebutkan bahwa malakah dan dzauq al-hadisiyah (bakat dan perasaan batin mengenai hadis) juga termasuk perangkat yang digunakan dalam kritik hadis.

Al-Rabîʻ Bin Khutsaim berkata:

إِنَّ مِنَ الْحَدِيثِ حَدِيثًا لَهُ ضَوْءٌ كَضَوْءِ النَّهَارِ نَعْرِفُهُ بِهِ، وَإِنَّ مِنَ الْحَدِيثِ حَدِيثًا لَهُ ظُلْمَةٌ كَظُلْمَةِ اللَّيْلِ نَعْرِفُهُ بِهَا .

“Sesungguhnya hadis itu ada yang sinar seperti cahaya di siang hari dan ada yang gelap segelap malam hari sehingga kita bisa mengenal hadis itu.”[3]

ʻAbd al-Raẖman Bin Mahdî mengatakan:

مَعْرِفَةُ الْحَدِيثِ إِلْهَامٌ .

“Mengenal hadis merupakan ilham yang Allah berikan kepada seorang hamba.[4]

Al-Hâkim menegaskan:
إِنَّ الصَّحِيحَ لَا يُعْرَفُ بِرِوَايَتِهِ فَقَطْ، وَإِنَّمَا يُعْرَفُ بِالْفَهْمِ وَالْحِفْظِ وَكَثْرَةِ السَّمَاعِ .

“Hadis saẖîẖ tidak hanya diketahui dari sisi jalur periwayatannya saja tetapi juga dengan pemahaman, hapalan dan seringnya mendengar.”[5]

Ibn al-Jauzî juga menyatakan:

الْحَدِيثُ الْمُنْكَرُ يَقْشَعِرُّ لَهُ جلْدُ الطَّالِبِ لِلْعِلْمِ، وَيَنْفِرُ مِنْهُ قَلْبُهُ فِي الْغَالِبِ .

“Hadis munkar ketika didengar oleh seorang penuntut ilmu, maka akan bergidik bulu tengkuknya dan hatinya pun menolak.”[6]

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا

Sayyid Ahmad al-Ghumari


[1] Aẖmad al-Ghumârî, al-Mughîr, h. 
[2] Walîd Bin Ahmad al-Husain al-Zubairî, al-Mausûʻah al-Muyassarah Fî Tarâjim Aimmah al-Tafsîr Wa al-Iqrâ Wa al-Nahw Wa al-Lughah, vol. 1 (Suʻûdî: al-Hikmah, 2003), h. 
[3] Muhammad Bin ʻAbdullah al-Hâkim, Ma’rifah ʻUlûm al-Hadîts (Beirût: Dâr al-Kutub al-ʻIlmiyah, 1977), h. .
[4] Muhammad Bin ʻAbdullah al-Hâkim, Ma’rifah ʻUlûm al-Hadîts, h. .
[5] Muhammad Bin ʻAbdullah al-Hâkim, Ma’rifah ʻUlûm al-Hadîts, h. .
[6] Al-Suyûṯî, Tadrîb al-Râwî Fî Syarh al-Taqrîb al-Nawawî (Cairo: Dâr al-Hadîts, 2004), h. 


Ahmad al-Ghumari, Ibn shiddiq al-Ghumari, al-Ghumariyah, Keluarga al-Ghumari



2 komentar:

Unknown mengatakan...

👍

Abdul hadi mengatakan...

ماشاء الله