Rabu, 09 Agustus 2017

Khasiat Buah Tin

Khasiat Buah Tin 

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun. (Surat at-Tin ayat: 1)

Syekh Muhammad al-Amin Bin Abdullah al-Harariy as-Sinqithiy dalam tafsirnya Hadaiqur rauh wa ar-Raihan jilid 32 halaman 125 menyebutkan: “Pada ayat di atas Allah Taala bersumpah dengan buah Tin dan Zaitun dalam konteks membicarakan makhluq bernama manusia sebagai makhluq paling bagus yang Dia ciptakan. Allah bersumpah dengan Tin dan Zaitun karena merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan maslahat bagi manusia. Buah Tin buah unik dan produktif yang tidak mengenal musim, kapan saja bisa ditemukan, bagus untuk melancarkan pencernaan, membersihkan dan meyehatkan ginjal, mengobati gangguan atau radang kandung kemih (urinary bladder) yang akan menyebkan kencing batu, bikin sehat (menggemukan) perawakan, mencegah serangan jantung, mengontrol tekanan darah tinggi. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Makanlah buah Tin, karena dapat mengobati ambeien.” Mengkonsumsi buah Tin dapat menghilangkan bau mulut tak sedap, membaguskan rambut, mencegah stroke, dan anti bakteri, virus dan jamur. Buah tin merupakan buah yang kaya dengan manfaat zhahir batin dan menjadi sumber kalsium alternatif seperti buah Jauz (buah pala) dan kurma. Siapa yang bermimpi makan buah Tin, maka pertanda ia orang baik. Siapa bermimpi diberikan atau memetik buah Tin takwilnya ia akan mendapat rizki dan keuntungan. Siapa yang mimpi makan buah Tin berarti ia punya anak. Dalam riwayat sesungguhnya Nabi Adam alaihis salam saat turun dari surga ia menutupi auratnya dengan daun Tin.

Imam Fakhruddin ar-Raziy dalam tafsir Mafatihul Ghaib jilid 32 halaman 211 menyebutkan ketika Nabi Adam alaihis salam turun dari surga beliau menutupi auratnya dengan daun Tin saat beliau berada di satu tempat datanglah rusa menghampiri beliau, lalu beliau memberikan bagian dari daun Tin untuk di makan oleh rusa sehingga Allah Taala berikan keindahan dan darah yang wangi (yang menjadi minyak misk) kepada rusa.

Imam Abu Hafsh Umar Bin al-Muzhaffar Ibn al-Wardiy al-Bakriy (wafat tahun 749 Hijriyah) menyebutkan dalam kitab Kharidatul Ajaib manfaat pohon dan buah Tin:

Batang pohon Tin berkhasiat mengobati luka sengatan serangga, baik dengan cara batangnya direndam di air lalu dioleskan atau dengan langsung menggosok bagian luka dengan batang Tin. Getah pohon Tin juga mampu mengatasi racun seranga dan bisa ular agar tidak menjalar ke bagian tubuh dengan cara ditutuin pada tubuh yang dicatek ular atau diantup serangga. Batang pohon Tin juga dapat membuat daging lunak dengan cara meletakannya di dalam bejana saat daging di masak. Bila batang pohon Tin dibakar lalu sisa abu pembakaran itu dihamburkan di kebun, maka segala hama khususnya uler bulu akan binasa. Bila daun Tin bersama Faj ditumbuk, maka bisa menjadi obat penyakit rabies dengan cara tumbukan ampas tadi dijadikan obat boreh pada luka gigitan anjing. Bila daun Tin diblender sampai halus maka dapat menghilangkan bekas tato dengan cara menggosok-gosok di bagian tato. Rajin mengkonsumsi buah Tin dapat menyembuhkan penyakit bawasir (ambeien) dan Niqris (kartilago) yang menyebabkan tulang persendian kaku. Pohon Tin yang masih hidup akan mati bila akarnya disiram air panas.

Buah Tin yang paling bagus yang berwarna kuning ada keputihan dan kehitamannya yang disebut Tin al-Waziriy berasa lembut agak hangat memiliki kandungan yang dapat mengobati penyakit asma (ampeg), menghilangkan reak, anti mabok (muntah), mencegah racun serangga bila konsisiten mengkonsumsinya.

Jus buah tin dapat mengobati penyakit darah kotor dan sirkulasi buruk pada Asi ibu menyusui. Batang atau daun Tin bila dibakar di satu tempat, segala macam serangga akan pergi dari tempat itu. Hanya saja, keseringan mengkonsumsi buah Tin dengan roti akan menyebabkan datangnya banyak kutu pada tubuh.

Adapun sanad muttashil kepada Imam Ibn al-Wardiy al-Bakriy sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي عن العلامة المحدث السيد عبد الله بن عبد القادر التليدي عن الحافظ السيد احمد بن محمد بن الصديق الغماري عن عبد الباقي بن علي اللكنوي عن فضل الرحمن بن اهل الله المرادبادي عن عبد العزيز بن احمد بن عبد الرحيم الدهلوي عن ابي الطاهر بن محمد بن ابراهيم بن حسن الكردي عن والده عن عبد الباقي الحنبلي عن عبد الرحمن بن يوسف البهوتي الحنبلي عن عبد الوهاب الشعراني عن زكريا الانصاري عن ابن حجر العسقلاني عن الحافظ عن ابي اليسر بن الصائغ عن زين الدين عمر بن المظفر ابن الوردي

Keutamaan membaca surat at-Tin disebutkan oleh Imam Ahmad Bin Muhammad as-Sta’labiy (wafat tahun 427 Hijriyah) rahimahullah dalam kitab al-Kasyf Wa al-Bayan An Tafsir al-Qur’an jilid 10 halaman 238:

من قرأ سورة وَالتِّينِ أعطاه الله سبحانه خصلتين: العافية واليقين ما دام في دار الدنيا، فإذا مات أعطاه الله سبحانه من الأجر بعدد من قرأ هذه السورة صيام يوم

Artinya: “Siapa saja yang konsisten membaca surat at-Tin, maka Allah akan memberikan dua keutamaan: Pertama, Afiat dan yaqin selama di dunia. Bila ia telah wafat maka Allah berikan kepadanya seada-adanya pahala orang yang pernah membacanya saat berpuasa.”

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ 
الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

الفاتحة 
على نية الصلاح لنا ولذريتنا وﻷمة سيدنا محمد أجمعين وعلى نية الرضا والقبول من المولى الغفور وعلى نية الشفاء وصلاح الأحوال وتيسير الأمور على نية قضاء الديون على نية الفرج عنا والرحمة لأمواتنا وعلى كل نية صالحة ومانواه مشايخنا والصالحين من عباد الله٠
نويت قراءة الفاتحة وسورة يس لجلب كل خير حسي ومعنوي عاجل وآجل، ودفع كل ضير حسي ومعنوي عاجل وآجل، وعلى نية قوة الإيمان واليقين والرضا والتسليم، والتوفيق لصلاح النيات في العادات والعبادات .

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


24 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah....dmn beli nya buah tin baginda??

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah....dmn beli nya buah tin baginda??

Yayasan Almuafah mengatakan...

di tanah abang, banyak haj

Unknown mengatakan...

الله كريم
قبلت ياشيخي

Unknown mengatakan...

Syukron pak kyai

Unknown mengatakan...

Qobiltu terimakaasih

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah.. Qobiltu baginda

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah.. Qobiltu baginda

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah Kyai

Faisal Amri mengatakan...

Syukron ilmu nya Baginda....

Unknown mengatakan...

Buah Tin kuning apa tin ungu ajib nya tuan guru.??

Unknown mengatakan...

Buah Tin kuning apa tin ungu ajib nya tuan guru.??

Unknown mengatakan...

Yang unggu

Unknown mengatakan...

Wassyykru lillah

Unknown mengatakan...

Amalin dach

Unknown mengatakan...

Kalo buka praktek jangan lupa jatah reman

Unknown mengatakan...

Barokah

Unknown mengatakan...

الله يقبل عليكم بمحض فضله ورضاه

rahmat hadi mengatakan...

alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Di Turki buah tin tidak tumbuh di segala musim. Saya sudah tinggal selama dua tahun dan buah tin hanya ada pada musim semi dan panas. Sedangkan pada misim dingin semua daun buah tin rontok.

Mohamad rashdan mengatakan...

syukran pak ustaz

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

qobiltu

Anonim mengatakan...

qobiltu