Kamis, 08 Desember 2016

Kisah Ahli Hadits (Muhammad al-Baghandiy)

Kisah Ulama Hadits

(Muhammad Bin Sulaiman al-Baghandiy)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين .

اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا

صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق

وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق

الى صراطك القويم المسنقيم *** والأل مقدر قدره العظيم


Imam Abu Ja'far Bin Syahin bercerita: Aku pernah menjadi makmum shalat jamaah yang diimami oleh seorang pakar hadits bernama Syekh Muhammad Bin Sulaiman al-Baghandiy rahimahullah. Waktu itu shalat yang aku ikuti adalah shalat yang dibaca jahr (keras). Setelah memulai shalatnya dengan takbiratul ihram, beliau membaca dengan kencang; Haddatsana (telah menceritakan kepada kami) Muhammad Bin Sulaiman, sekonyong_konyong Makmun di belakang beliau memberikan tambih (peringatan) dengan mengucapkan Subhanallah ! Lalu beliau membaca; Anba_ana (memberitakan kepada kami) Syaiban Bin Farukh. Lagi_lagi makmum di belakang beliau mengucapkan Subhanallah! Kemudian beliau baru sadar, bahwa beliau salah dan langsung beliau membaca Basmalah.

Kecintaan beliau kepada hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sungguh sangat luar biasa hingga menguasai hati dan akalnya. Boleh jadi hadist-hadits yang memenuhi memori beliau.

Wahai kaum muslimin dan muslimat, perbanyaklah hafalan ayat-ayat alqur'an hiasi mulut dan hati kalian dengan ayat al-Qur'an dan hadits.

Mungkin bila orang yang biasa mengimami shalat berjamaah hafalan lagu dangdutnya lebih banyak ketimbang ayat al-Qur'an, dikhawatirkan saat ia kelupaan mengimami shalat tidak mustahil yang dominan dia ingat adalah lagu dangdut. Bayangkan begitu ia takbiratul ihram, bukan basmalah yang ia baca melainkan lagu Megi Z: "Untuk apa bersumpah, kau menutupi malu, semua orang tau siapa dirimu, kaulah yang membuat luka....


Lah Coba Itu !!!


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



2 komentar:

Unknown mengatakan...

haha... bisa aja bagindah... ^_^

Yayasan Almuafah mengatakan...

nasehat yg menghibur