Jumat, 09 Desember 2016

Keutamaan Sholawat al-Fatih

Keutamaan Sholwat al-Fatih

(Sholawat Benteng Ma'shiat)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين .

اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا

صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق

وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق

الى صراطك القويم المستقيم *** والأل مقدر قدره العظيم


Di antara keutamaan shalawat faith menjadikan pribadi muslim dan muslimat orang yang selalu bersyukur, meraih estafet-estafet ni’mat, mengcancel seada-adanya sifat dan perbuatan orang zhalim, menciptakan suasana damai dan penuh barakah di mana tempat yang disinggahi, menghapuskan dosa dan kesalahan secara masal (dosa pada rontog kaya puun cerme yang lagi bebuah diorag), mendapatkan kekuatan untuk membelanjakan harta di jalan yang Allah ridhoi dan menyekat pergaulan-pergaulan negative serta menjadi benteng dari hawa nafsu yang menjerumuskan kepada perbuatan keji (zinah).

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَي صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ وَعَلَي آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ
صلاة عبد قال حمدا وشكرا لله رب العالمين، الحمد لله الذي فضلنا على كثير من عباده المؤمنين، الحمد لله الذي نجانا من القوم الظالمين، رب أنزلني منزلا مباركا وانت خير المنزلين، رب اني ظلمت نفسي فاغفر لي فغفر له انه هو التواب الرحيم، رب بما أنعمت علي فلن أكون ظهيرا للمجرمين .

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL FATIHI LIMAA UGHLIQO WAL KHOOTIMI LIMA SABAQO NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HAADII ILAA SHIROOTHIKAL MUSTAQIIM. WA ALAA ALIIHI HAQQO QODRIHI WA MIQDAARIHIL AZHIIM.

Sholata abdin qola hamdan wa syukron lillahi Robbil alamin, alhamdulillahil ladzi faddholana ala katsirin min ibadihil mu’minin, alhamdulillahill ladzi najjana minal qoumiz zholimin, Robbi anzilni munzalam mubarokaw wa anta khoirul munzilin, Robbi inni zholamtu nafsi faghfir li fa ghofarohu lahu innahu huwat tawwabur rohim, Robbi bima an’amta alayya falan akuna zhohiron lil mujrimin.

Artinya: “Ya Allah berikanlah Rahmat yang disertakan ta’zhim kepada penghulu kami Nabi Muhammad sebagai pembuka apa yang tertutup dan yang menutup sesuatu yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.”

Shalawat yang diucapkan oleh seorang hamba yang memuji dan bersyukur kepada Allah Tuhan semesta alam, segala puji bagiNya yang telah memberikan karunia kepada kami melebihi apa yang Ia berikan kepada hambaNya yang beriman, segala puji baginya yang menyelamatkan kami dari kejahatan orang zholim, wahai Tuhanku berikan kami tempat tinggal yang berkah karena Engkau sebaik-baik yang menentukan posisi, aku telah berbuat aniaya diriku ampunilah dosaku, maka Allah mengampuni, sesungguhnya ia maha pengampun dan maha penyayang, Ya Allah dengan segala ni'mat yang Kau berikan jangan Kau jadikan diri ini sebagai penolong perbuatan dosa dari para pendosa."

Shalawat di atas disebutkan dalam kitab At-Thibul Faih Wal Wardus Saih Fi shalatil Fatih (Kasturi yang semerbak dan mawar yang memukau dalam sholawat Fatih) karya Imam Muhammad Fathan an-Nazhifiy radhiyallahu anhu, seorang ulama besar yang berafiliasi dalam thoriqoh tijaniyah. Beliau dilahirkan pada tahun 1270 Hijriyah. Wafat tahun 1366 Hijriyah. At-Thibbul Faih kemudian beliau tambahkan dengan komentar-komentar keutamaannya dalam kitab al-ithrun nafih ala thibil faih (minyak wangi yang berhembus atas kasturi yang semerbak).


Hendaknya redaksi sholawat di atas dibaca 100 kali di waktu pagi, 100 kali sore. Dengan barokah shalawat al-Fatih yang sangat zhohir, Allah Taala jauhkan dari perbuatan dosa atau segala interaksi yang membantu perbuatan maksiat, dijauhkan diri dari sifat dan kejahatan orang zholim.

Redaksi sholawat di atas sangat penting untuk diamalkan melihat zaman sekarang banyak orang yang tidak mensyukuri ni'mat, sering ngersula (ngeluh), sekalinya dapat rizki banyak, males ibadah bahkan bermaksiat bisa juga walaupun ia tidak mengerjakan dosa secara langsung tetapi dirinya menjadi donatur untuk terciptanya perbuatan maksiat.

Sholawat di atas juga sangat cocok diamalkan bagi orang yang ingin masuk satu tempat atau kota agar dilindungi dari kejahatan penghuninya. Atau ketika menempati rumah baru, agar diberikan rasa aman dan banyak berkahnya.

Imam Muhammad Fathan an-Nazhifiy radhiyallahu anhu mengatakan;

فيها الامان لجميع الناس ** فابشر وبشر دون ما التباس

Dalam sholawat fatih terdapat benteng yang menjaga seluruh manusia, berdirgahayulah dan gembiralah tanpa ada keraguan."

Adapun sanad muttashil kepada Imam Muhammad Fathan Bin Abdul Wahid an-Nazhifiy radhiyallahu anhu (pengarang kitab shalawat at-Tibul Faih wal wardus saih fi shalatil fatih), alfaqir dapatkan ijazahnya dari Prof. Dr Sayyid Muhammad ar-Radhiy Ghannun al-Idrisiy al-Hasaniy al-Maghribiy sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحقق البحاثة فضيلة الاستاذ الدكتور السيد محمد الراضي كنون الادريسي الحسني عن العلامة الفاضل والمقدم الجليل سيدي لحسن الفطواكي عن الامام محمد فتحان بن عبد الواحد النظيفي رضي الله عنه .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi


24 komentar:

Helmy mengatakan...

Assalamualaikum Ustadz, mohon izin mengamalkan...

MOHAMAD SALEEM BIN ABDUL KADIR AL AHMADI AS SUFI mengatakan...

Mohon ijazahnya ya sidi

Akmal mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz, Qobiltu

Akmal mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz, Qobiltu

Yayasan Almuafah mengatakan...

waalaikumus salam saya ijazahkan

Yayasan Almuafah mengatakan...

saya ijazahkan

Yayasan Almuafah mengatakan...

saya iijazahkan

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, saya mohon ijazah ustaz..

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

qobiltu yaa syeikh

Umar attijani mengatakan...

Syukron katsiro atas ijazahnya kyai

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Admin Blog Petilasan mengatakan...

قبلت اجازتك تاماة استاذ الحج رزقى ذالقرنين جزاك الله

Asep Herdiawan mengatakan...

Assalamuala'ikum...Mohon ijazahnya ustadz, Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda

Adi Putra mengatakan...

Qobiltu Kyai

Jamil mengatakan...

Assalamualikum kyai... mohon ijin mengamalkan...

Jamil mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

alfaqir grecek mengatakan...

Qobiltu

bariswahyu mengatakan...

Qobiltu

Otc7 mengatakan...

Qobiltu Ijazah. T kasih Ustaz

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah