Senin, 28 November 2016

Tradisi Minum Kopi (Sanad Minum Kopi)

Tradisi Minum Kopi

(Sanad Minum Kopi)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Pertanyaan Saudara Chaerul at-Tijaniy

Apa hukum minum kopi dan dari sejak kapan kopi itu ada serta tolong ceritakan riwayat para ulama tentang kopi? Adakah manfaat kopi buat wanita? Sebutkan juga Sanad tentang tradisi ngopi?

Jawaban:

Dalam beberapa literatur yang alfaqir baca, sesungguhnya kopi belum dikenal sejak masa awal Islam. Kopi dikenal orang baru pada abad kedelapan Hijriyah di kota al-Makha, Taiz, Yaman. Yang menemukannya seorang ulama besar yang wafat pada tahun 828 Hijriyah bernama Syekh Ali Bin Umar Bin Ibrahim Bin Abi Hudaimah Bin muhammad Bin Abdillah Bin alfaqih Badi'sain yang masih memiliki jalur nasab kepada seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bernama Khalid Bin Asad Radhiyallahu anhu.

Dikisahkan, setelah Syekh Ali Bin Umar as-Syadziliy rahimahullah diangkat menjadi wali quthb di zamannya, masyarakat ketika itu sering mengalami mushibah dan ganghuan keamanan yang didalangi oleh jin dan manusia. Sehingga pada suatu hari beliau bertemu dengan al-Khidhir dan al-Khidhir memberikan dua batang ranting puun al-Bun dan berkata; Wahai Ali Bin Umar, tanamlah puun ini nanti satu saat bebuah masaklah buahnya, maka kau akan selamat dari segala kejahatan jin dan manusia."

Penemu kopi tersebut, berbeda dengan Imam Abul Hasan as-Syadziliy pendiri Thoriqoh Syadziliyah (wafat tahun 656 Hijriyah) sebagaimana banyak disinyalir beberapa informasi yang beredar di internet. Penisbahan nama as-Syadziliy lantaran beliau pernah 3 tahun belajar di Mesir dan mengambil baiat Thoriqoh as-Syadziliyah. Dan beliaulah orang pertama yang menyebarkan Thariqoh As-syadziliyah di Yaman.

Sedangkan menurut Imam Najmuddin al-Ghazziy Seorang pakar sejarah mencatatkan dalam kitab al-Kawakib as-Sairah Fi A'yan al-Miah al-A'syirah: bahwa Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah syekh Abi Bakr Bin Abdullah al-Aidrus beliau bikin racikan kopi dari buah pohon Bun.

Dr al-Qabbaniy menyebutkan, pada awalnya kopi sudah dikenal di wilayah Habasyah (ethiofia) Afrika kemudian dibawa ke Yaman, Brazil dan Pulau Jawa Indonesia.

Terjadi diskusi panjang tentang hukum mengkonsumsi kopi, ada kelompok ulama yang mengharamkan di antaranya imam Ahmad as-Sunbathiy, Imam Ibn Sulthan al-Hanafiy dan lain-lain. Tetapi mayoritas ulama menghalalkannya. Hanta saja ada orang-orang yang punya penyakit tertentu dilarang minum kopi lantaran dapat membahayakan kesehatannya.

Pada suatu hari Sidi Ahmad Mahmud mendatangi rumah seorang wali Quthb bernama Sidi Al_Arabiy Bin Saih rahimahullah tokoh besar dalam thoriqoh tijaniyah yang juga merupakan guru beliau. Beliau disuguhkan kopi Bun, padahal beliau tidak pernah ngopi lantaran hukumnya masih diperdebatkan di kalangan ahli fiqh. Sidi al-Arabiy Bin Saih rahimahullah mengetahui hal itu dan berkata dalam sebuah syair:

إغنم أخي قهوتنا وشربها ولونها
ولا تمل لعاذل عن شربها ولو نهى

Bersenang-senanglah wahai saudaraku dengan kopi kami saat meminumnya dan cita rasanya. Jangan kau cendrung pendapat orang yang mencela peminum kopi sekalipun ia melarangnya.

Beliau pun sepontanitas menjawab dengan syair:

نعم نعم يا من علا 🌟 على السماك والسها

Iya, iya wahai orang yang punya reputasi tinggi di atas bintang Simak dan Suha.

Imam Abdul Ghoni bin Ismail an-Nabulsiy (wafat tahun 1143 Hijriyah) mengatakan kehalalan kopi melalui dua bait syairnya:

قهوة البن حلال * قد نهى الناهون عنها
كيف تُدعى بحرام * وأنا أشرب منهـــــا

“ Biji kopi itu halal, sungguh mereka para pelarang telah melarangnya. Bagaimana bisa mereka menyatakan hal itu haram sedangkan aku meminumnya”

Syekh Ali Bin umar as-Syadziliy rahimahullah membuat gubahan syair tentang kopi:

قَهْوَةُ الْبُنِّ يَا أَهْلَ الْغَرَامْ * سَاعَدَتْنِيْ عَلَى طَرْدِ الْمَنَامْ
وَ أَعَانَتْنِيْ بِعَوْنِ اللهِ عَلى * طَاعَةِ اللهِ وَ الْعَالَمُ نِيَامْ
قَافُهَا الْقُوْتُ وَ الْهَاءُ الْهُدَى * وَاوُهَا الْوُدُّ وَ الْهَاءُ هِيَامْ
لاَ تَلُوْمُوْنِيْ عَلَى شُرْبِيْ لَهَا * إِنَّهَا شُرْبُ سَادَاتٍ كِرَامٍ




Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta sejati dengan-Nya, kopi membantuku mengusir kantuk. Dengan pertolongan Alloh, kopi menggiatkanku taat beribadah kepada-Nya di kala orang-orang sedang terlelap. [Qahwah (kopi)], qaf adalah quut (makanan), ha adalah hudaa (petunjuk), wawu adalah wud (cinta), dan ha adalah hiyam (pengusir kantuk). Janganlah kau mencelaku karena aku minum kopi, sebab kopi adalah minuman orang_orang yang mulia.

Suatu ketika as-Sayyid Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi jumpa dengan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam keadaan terjaga. Ia berkata kepada Nabi.: “Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu secara langsung tanpa perantara.”

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “Aku akan memberikan kepadamu 3 hadits: Pertama; "Selama bau biji kopi Bun masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untuknya." Kedua; Siapa saja yang membawa Subhah (tasbeh) dia akan dicatat sebagai orang yang berdzikir baik ia sedang gunakan berdzikir atau tidak." Ketiga:" Siapa saja yang menziarahi seorang wali baik yang masih hidup atau yang telah wafat, maka dirinya mendapat keutamaan pahala orang yang beribadah di setiap sudut bumi sampai dirinya terpotong-potong."

Al-Habib Abu Bakr Bin Abdullah al-Atthas berkata; Tempat kosong yang tidak ada penghuninya sangat disukai oleh jin, sedangkan yang sering dijadikan tempat ngopi jin tidak betah berada di situ.

Diriwayatkan bahwa ada seorang ulama bernama Sayyid Ahmad Alawiy Bajahdab yang terkenal dengan sebutan Wali ngopi, karena beliau jarang sekali makan makanan pokok beserta lauk pauk berupa daging, ikan, madu dan lain-lain. Yang sehari~hari beliau konsumsi hanya minum susu. Minum kopi sudah menjadi wiridan harian beliau dan bila beliau berpuasa cukup sahur dan berbuka dengan kurma dan kopi manis. Pantes dach, kalau beliau kepangku julukan Wali Ngopi.

Keutamaan minum kopi sangat banyak baik buat lelaki maupun wanita. Di antaranya minum kopi 4 gelas kecil sehari dapat mengobati kanker rahim. Sampai dikisahkan dalam kitab Ghayatul Qashd Wal Murad: Ada seorang lelaki menikah sudah lebih 5 tahun belum juga punya keturunan, lalu ia datang kepada Imam al-Habib Abdullah al-Haddad radhiyallahu anhu. Beliau berkata: Insya Allah kau akan punya anak, lalu beliau memberikan lelaki itu segelas kopi seraya berkata: minum kopi ini, kemudian lelaki itu meminumnya. Beberapa bulan kemudian istrinya hamil hinnga sudah bulannya melahirkan. Setelah itu setiap tahunnya istri lelaki tersebut hamil sampai punya 4 orang anak." Ternyata kopi juga mengandung obat kesuburan.

Adapun dzikir yang dianjurkan oleh para ulama sebelum minum kopi selain membaca Bismillah dan sholawat adalah membaca Ya Qowiyyu 116 kali. Lantaran lafazh ( القهوة ) dalam hitungan hasabul jumal kabir berjumlah 116, cocok dengan bilangan hasabul jumal asmaul husna ( القوي ) dengan minum kopi ngambil berkah nama Allah al-Qowiy Yang Maha Kuat agar menjadi kuat beribadah dan beraktivitas.

Kebiasaan ulama sadah alawiyin (Habaib dari Hadramaut Yaman) sebelum minum kopi mereka membaca tartibul fatihah milik al-Habib Ahmad Bin Ahmad al-Muhdhar rahimahullah sebagai berikut;

الفاتحة لمشايخ القهوة البنية والسادة العلوية والصوفية وكل ولي وولية ومن شربها بنية ان الله يصلح الطوية ويقضي الحوائج الدينية والدنيوية بجاه خير البرية ان يسهل البنين والعوين ويقضي عنا الدين ويصلح ذات البين بجاه الحسن والحسين وعمران بن الحصين وخديجة زوجة سيد الكونين والى حضرة النبي سيدنا محمد صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم

Sanad Muttashil kepada Imam Abu Bakr Bin Abdullah al-Aidrus Radhiyallahu anhu, alFaqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المسند السيد عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ السيد محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الحسني عن المعمر السيد صافي الجفري المدني عن السيد طاهر المذكور عن السيد عبد الله بن أحمد بن عمر الهندواني عن أبيه عن السيد محمد بن أبي بكر الشلي باعلوي صاحب " المشرع الروي " وهو عن والده الإمام أبي بكر بن أحمد عن شيخه العارف بالله عمر بن عبد الله العيدروس عن صنوه وشيخه الشيخ محمد عن والده الشيخ العارف بالله أبي بكر ابن عبد الله العيدروس رضي الله عنه .


Ni'mat bangat kalo pagi-pagi udah ngopi biar kata dijojogan, kaga berasa udah abiz 3 gelas. Masya Allah Wa Tabarokar Rohman, udah kya orang Suka Tani Abis Panen.


NB: Jangan pernah Ngopi kalau belum mengetahui sanad Minum kopi.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910









50 komentar:

Ponpes Nurul Hidayah Kal-Tim mengatakan...

Mungkin bisa kiranya mohon pak kyai Rizki tulis latinnya ...doa doa sebelum minum kopo

icha forklift mengatakan...

Mantaaabbb ampe ngupi ada sanadnya

icha forklift mengatakan...

Mantaaabbb ampe ngupi ada sanadnya

Unknown mengatakan...

Masya allah....

Dengan ilmu dan berguru hal yg kecil dan ringan semua ada kebaikannya.


Alhamdulillah...jazakallah guruuiu...

Unknown mengatakan...

Ichaaaa...aja yaa guru

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kwatir salah kalo pake latin

Yayasan Almuafah mengatakan...

Sanad nangkep cicek juga ada

Yayasan Almuafah mengatakan...

Ini lg bikin sanad ngelancong krumah perawan... Ady phonix yang minta ijazah

Unknown mengatakan...

Sekarang byk nama kopi semisal kopi luwak,white kopi , cappucino,americano,apakah sama aja baginda?

MOHAMAD SALEEM BIN ABDUL KADIR AL AHMADI AS SUFI mengatakan...

Mohon ijazahnya sidi

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ampe kopi ada sanadnya..
Izin share buya

mohammad mengatakan...

Mohon ijazah dan sanadnya kepada baginda,rizq

Unknown mengatakan...

abis baca sholawat fatih, langsung ngopi, ajib dah... mantap

kris jowo mengatakan...

mummtazzzzzzzzzzzzzzzzz ustad mabrok.............

Yayasan Almuafah mengatakan...

SELAMAT NGOPI

Yayasan Almuafah mengatakan...

THOYYIB

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz...
Apakah ini sdh menjadi ijazah ?

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz

Admin Blog Petilasan mengatakan...

قبلت اجازتك تاماة

Faisal Amri mengatakan...

Qobiltu baginda, kopi Bun itu yg gmn yaak Baginda??

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Alhamdulillah sdh tau sanad kupi skrng syukron baginda qobiltu

Unknown mengatakan...

Syukron Pak Kyai

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah Kyai ,, betambah Ilmu yg bermanfaat

Unknown mengatakan...

Nanti ana unjukin kal9 kita ngopi satu arena haj

Unknown mengatakan...

Si alam jadi khodim ngopinya wan Ali fikri

Unknown mengatakan...

Sama2

Unknown mengatakan...

Ngopi bukan sembarang ngopi, ngopinya pake ilmu jadi makin khusyu

Unknown mengatakan...

qabiltu baginda

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah sudah faham...syukron baginda...

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah sudah faham...syukron baginda...

Abdul Kodir mengatakan...

Klo udah ada sanad begini maah buruan daah abisin kopinya, mumpung masih panas...iyup dah aampee sritiit.....


panas

syarif mengatakan...

Ijin share

Lukman Hakim mengatakan...

Ajib

Unknown mengatakan...

Ajiib kyai..
شكرا جزيلا

Unknown mengatakan...

Mohon ijin share jg kyai

Ali fikri mengatakan...

Shoheh baginda

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Gahwe mana gahwe

Unknown mengatakan...

Ngopi aja dah ....

Fauzy mengatakan...

قبلت الاجازۃ

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah

Abd Rofie mengatakan...

Qobiltu kyai....

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ya mualim baginda H Rizqi dzulqornain..ana mhn ijazah sanad ngopi ini smg barokah dunia akhirat
Qobiltu ijazata..

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ya mualim baginda H Rizqi dzulqornain..ana mhn ijazah sanad ngopi ini smg barokah dunia akhirat
Qobiltu ijazata..agusmaulana

Saif el Rahman mengatakan...

Assalamu'alaikum ya mualim baginda H Rizqi dzulqornain..ana mhn ijazah sanad ngopi ini smg barokah dunia akhirat
Qobiltu ijazata Saif el Rahman

Saif el Rahman mengatakan...

Qabiltu Ijazata ya Ustadz

Muhammad el baqir mengatakan...

Qobiltu kyai 🙏

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحن الرحيم
قبلت
Alhamdulillah Doyan ngopi ketemu Sanadnya.
جزاك الله خيرا

rashdan hazemi mengatakan...

qobiltu Tuan Guru

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah ya syaikh