Jumat, 11 November 2016

Mimpi mancing Ikan

Mimpi Mancing

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Mimpi mancing kemudian dapat ikan segar memiliki ta'wil orang tersebut akan meraih keuntungan dan kebaikan sebagaimana kisah turunnya hidangan dari langit di zaman Nabi Isa alaihis salam.

Bermimpi makan ikan panggang itu berarti akan datang hajat yang terkabul atau akan diberikan rizki yang banyak, bila yang bermimpi itu orang baik (taat jalanin kewajiban agama). Bila orang yang bermimpi males ibadah itu berarti akan datang mushibah buat dia.

Mimpi ngelote (nyari ikan di lumpur) atau ngaduk ngaduk ikan di dalam tepung berarti ia suka membeli sesuatu yang awalnya kurang bermanfaat tetapi di kemudian hari sangat bernilai bagi dirinya.

Pada dasarnya mimpi tentang ikan memiliki takwil bagus terutama dalam keadaan telah digoreng matang, kecuali mimpi ikan kecil, lantaran ikan kecil lebih banyak durinya ketimbang dagingnya sehingga mimpi ikan kecil takwilnya kurang bagus salah satu takwilnya ada musuh yang punya niat jahat menjerumuskan dirinya dan keluarganya. Bisa juga ada hajat dan cita-cita yang nga bakal kesampean. Ada kalanya berarti kesedihan.

Imam Ibnu Sirin rahimahullah pagi-pagi didatangi seorang lelaki yang tadi malam bermimpi dirinya bersama-sama pelayannya makan ikan sampai bagian jeroan (isi perut). Setela menceritan kronologi mimpinya imam ibnu sirin berkata; dalam waktu dekat, ada barang milikmu yang hilang, dan pelayanmu yang jadi pencurinya. Takwil ibnu sirin di kemudian hari benar adanya.

Mimpi makan ikan asin takwilnya baik sekali, seperti; akan banyak mendapat manfaat dari orang lain dengan segera. Atau dirinya akan menuntut ilmu di luar kota atau di luar negrinya. Lantaran garam yang ada pada ikan itu punya fungsi menjaga ikan agar tidak busuk

Siapa yang mimpi dapet ikan lalu dibelah dalam perutnya ada mutiara, ia akan mendapat anak lelaki. Jika di dalam perutnya isinya gajih (lemak) ia akan dapat harta. Jika isinya perut ikan berupa perak atau emas, ada kewajiban zakat dan shodaqoh yang belum dikeluarkan.

Siapa yang mimpi keluar ikan dari mulutnya berarti banyak kata-kata gombal yang sering dia ucapkan kepada seorang wanita. Jika ikan itu keluar dari kemaluannya, maka ia akan dapet anak perrmpuan.

Orang yang mimpi dilemparin ikan hidup itu berarti ada wanita yang sedang ambisi untuk mendekati dirinya. Atau bisa juga ada orang yang akan memberikan bantuan kepadanya.

Orang yang mimpi mancing di darat berarti dirinya akan terjerumus dalam dosa besar salah satunya adalah berzinah.

Mimpi mancing di air keruh (butek), akan datang hal yang menyebabkan dirinya sedih dan terlalu banyak pikiran. Bila mimpi mancing di air bening, berarti akan datang keuntungan dan hilang pikiran yang bikin kusut bahkan anaknya akan jadi orang yang hidup senang.

Siapa yang mimpi makan ikan hidup-hidup ia akan jadi pemimpin besar. Mimpi makan ikan yang kulitnya lunak pertanda kerjaan yang dilakukan sering telat selesainya bahkan makan waktu lama. Bila mimpi menemukan ikan mati lalu dimakan, punya banyak cita-cita kepengenan yang kaga kesampean.

Siapa yang mimpi melihat ikan di kasur (tempat tidurnya) ia akan dapet mushibah. Siapa yang mimpi di hadapannya ada ikan matang gurih pula tetapi ia tolak, malah ia memilih makan ikan yang busuk di sebelahnya, berarti dia maunya berzinah tak mau nikah, ada yang halal tapi yang dia suka yang haram.

Adapun mimpi berenang ke dasar laut, lalu menangkap ikan atau mengambil mutiara, maka ia akan dibukakan hijab untuk melihal dan mengatahui hal ghaib yang orang laim belum ketahui.

Begitulah keterangan dari Imam Muhammad Bin Sirin dalam kitab tafsir ahlam dan Imam Abdul Ghaniy an_Nabulsiy di kitab Ta'thirul Anam Fi Ta'biril Manam radhiyallahu anhuma.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


4 komentar:

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..

Fauzi ali cakung mengatakan...

الحمد لله

Fauzi ali cakung mengatakan...

Jenis ikan yg umumkah.?

Fauzi ali cakung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.