Rabu, 23 November 2016

Adab Membaca Shalawat

Adab Membaca Shalawat

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Di antara adab membaca shalawat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah dengan tartil (sesuai makhroj dan aturannya), tamhil (perlahan), membuka dan mengakhirinya dengan shalawat yang paling afdhal secara mutlak yakni shalawat Ibrahimiyah, lantaran shalawat tersebut keluar langsung dari mulut yang paling mulia dan diajarkan oleh Nabi Yang paling mulia untuk dibaca di dalam shalat.

Sayyidi Imam Muhammad Abul Mawahib as_Syadzilliy (wafat tahun 850 Hijriyah) radhiyallahu anhu berkata: pada satu kesempatan aku pernah terburu-buru membaca shalawat, lantaran aku ingin menyempurnakan wiridku pada waktunya dengan bilangan shalawat 1000 kali.

Saat aku tertidur, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendatangiku dan berkata; "Bukankah kau tau, tergesa_gesa itu bagian dari kerjaan syeithan ?

Bila kau bershalawat kepadaku bacalah dengan tartil dan perlahan:

 "اللهم صل على سيدنا محمد، وعلى آل سيدنا محمد"

Kecuali bila memang telah sempit waktunya, maka tidak mengapa kau baca shalawat kepadaku secara cepat. Tetapi yang utama adalah kau baca dengan tartil. Awali dan akhiri setiap shalawat yang kau baca dengan shalawat at-Tammah (paling sempurna) yaitu shalawat Ibrahimiyah yang dibaca saat tasyahhud akhir.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيمَ فِي الْعَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Artinya : Ya Allah , berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

Ada tambahan redaksi setelah membaca shalawat Ibrahimiyah;

السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته

Adapun dalam wirdz Lazim Thoriqah Tijaniyah tidak ada shalawat yang paling afdhal untuk dibaca melainkan shalawat Fatih lantaran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang mentalqinkan secara langsung kepada Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu anhu.

Syekh Muhammad an-Nazhifi berkata;

وبصلاة الفاتح الذي سمت * كل العبادة وسرها حوت

فانها من اعظم الوسائل * الى النبي قله لكل سائل
فيها كفاية عن الاذكار * باسرها في الليل والنهار
وغنية عن سائر الاوراد * في الدين والدنيا وفي المعاد


Dalam kesempatan lain Syekh Muhammad Abul Mawahib berkata; Aku bertemu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau mengatakan; sesunguhnya Gurumu yang bernama Abu Said as-Shafuriy selalu bershalawat kepadaku dengan shalawat Ibrahimiyah, tetapi jarang sekali ia akhiri bacaan shalawatnya dengan membaca Hamdalah.

Oleh karenanya para ulama thoriqoh tijaniyah setiap mengakhiri bacaan shalawat Fatih dalam jumlah tertentu menutup dengan Surat as-Shafat ayat 180-182:

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ () وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ () وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 26.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


8 komentar:

kris jowo mengatakan...

sukron kyai atas petunjuknya ......mohon bimbingannya

Markoem mengatakan...

Alhamdulilah kiai syukron

Markoem mengatakan...

Alhamdulilah kiai syukron

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

qobiltu kyai (ian-ashabul kahfi akhir zaman)

Rahmat hadi mengatakan...

Alhamdulillah

EARSADJAGAD404 mengatakan...

Qobiltu yai

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum..,Qobiltu Ustadz mohon ijin mengamalkan,Barakallah

Unknown mengatakan...

Qobiltu