Selasa, 29 November 2016

Sholawat Fatih (Mahkota Rasulullah)

Keutamaan Shalawat Fatih

(Shalawat Fatih Ismul A'zhom)

Oleh; Baginda H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين .

اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا

صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق

وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق

الى صراطك القويم المستقيم *** والأل مقدر قدره العظيم

Di antara redaksi shalawat yang memiliki fadhilah serba guna dan paling manjur dalam meluluskan segala hajat dan permohonan adalah Shalawat al-Fatih.

Jika urusan dunia menghimpitmu, hutang merongrongmu, fitnah menikammu, penyakit menyeksamu, jomblo masih betah menjadi statusmu, masa depan menghantuimu, pengangguran memasungmu, penghianatan seseorang yang merorod hatimu, bisikan nafsu yang menjerumuskanmu, tanah belum laku_laku atau dagangan sepi hingga membuat kekunangan dirimu, masalah keluarga yang bikin uban bahkan rontog rambutmu dan masalah-masalah pelik plus kusut lain yang menyebabkan terguncang jiwamu.

اذا ما ضقت بالعيش الكئيب ** فبادر بالصلاة على الحبيب

فما صلى الحزين عليه الا ** أتاه الله بالفرج القريب

Apabila kau tertekan dengan kehidupan yang membuat sedih, segera kau bershalawat kepada al-Habib (Nabi Muhammad). Tidaklah seseorang yang sedih lalu ia membaca shalawat kepada beliau, melainkan Allah Taala berikan solusi dengan segera.

Bacalah Sholawat al-Fatih dengan kaifiat sebagai berikut;

Pertama: Berwudhu dan menutup aurat serta memakai wewangian.

Kedua: baca satu kali niat Ismul A'zhom shalawat Fatih;

الَّلهُمَّ إِنِّىَ نَوَيْتُ أَنْ أَتَقَرَّبَ إِلَيْكَ بِذِكْرِ صَلاَةِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ إِسْتِغْرَاقَ الْحَمْدِ وَالشُّكْرِ وَالصَّلاَةِ بِهَا مَعَكَ عَلَى سَيِّدِ الْوُجُودِ وَ مَعَ مَلاَئِكَتِكَ وَمَعَ كُلِّ شَئٍ فِى حَضْرَةِ قُدْسِ سِرِّ ذَاتِكَ وَمَحَلِّ أُنْسِ نُورِ أَسْمَائِكَ وَصِفَاتِكَ بِنِيَّةِ الإِسْمِ الأعْظَمِ مَعَهَا عَلَى عَدَدِ تَجَلِيَاتِ ألِفِ حَيَاتِكَ فِي أَلِفِ حَيَاتِكَ بِأَلِفِ حَيَاتِكَ وَعَدَدَ تَجَلِّيَاتِ لاَمِ عِلْمِكَ فِي لاَمِ عِلْمِكَ بِلاَمِ عِلْمِكَ ، وَعَدَدِ تَجَلِّيَاتِ لاَمِ إِرَادَتِكَ فِى لاَمِ إِرَادَتِكَ بِلاَمِ إِرَادَتِكَ ، وَعَدَدِ تَجَلِّيَاتِ هَاءِ قُدْرَتِكَ فِى هَاءِ قُدْرَتِكَ بِهَاءِ قُدْرَتِكَ اللهُ اللهُ اللهُ اللهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَي صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ وَعَلَي آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ صَلاَةً كَامِلَةً تَامَّةً جَلِيِلَةً مَقْبُولَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللهِ مُضَاعَفَةً بِأَضْعَافِ أَضْعَافِ (عَشْرَةَ مَرَّاتٍ) مَا فِى عِلْمِ اللهِ مَضْرُوبَةً بِنَفْسِهَا عَلَى سِرِّ الْكُلِّ فِى سِرِّ الْكُلِّ بِسِرِّ الْكُلِّ بِسِرِّ أُمِّ الْقُرْآنِ بِسِرِّ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيِمِ الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ مَلِكِ يَوْمِ الدِّينِ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَإيَّاكَ نَسْتَعِينُ إِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّآلِينَ. آمين .

Lalu baca shalawat Fatih 100 kali pagi, 100 kali sore:

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَي صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ وَعَلَي آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ صَلاَةً تملا الأزل و الابد زمانا ومكانا مضروبة في كل عدد بعدد ما في علمك يا الله يا واحد يا أحد وتهب لنا بها بمحض الفضل والوداد ما للأقطاب والمفاتيح والأفراد


ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL FATIHI LIMAA UGHLIQO WAL KHOOTIMI LIMA SABAQO NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HAADII ILAA SHIROOTHIKAL MUSTAQIIM. WA ALAA ALIIHI HAQQO QODRIHI WA MIQDAARIHIL AZHIIM.

Sholatan Tamla_ul azala wal abad, zama-nan wamaka-nan madhrubatan fi kulli adad, bi adadi ma fi ilmika wa wa-hidu ya ahad, wa tahabu lana biha bimahdhil fadhli wal manni wal widad, ma Lil aqthobi wal mafa-tihi wal afrod.

Artinya: “Ya Allah berikanlah Rahmat yang disertakan ta’zhim kepada penghulu kami Nabi Muhammad sebagai pembuka apa yang tertutup dan yang menutup sesuatu yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke arah jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan kedudukan yang agung.”

Shalawat yang memenuhi keabadian dan selama-lamanya mengisi waktu dan tempat yang dilipat gandakan setiap bilangan sejumlah bilangan yang tak terhingga pada IlmMu Wahai yang maha Tunggal dan Esa. Sholawat yang mendatangkan kepada kami keutamaan, karunia dan cinta sejati seperti yang diberikan kepada para wali quthb (khalifah), para wali yang mendapat futuh (kunci perbendaharaan anugrah Allah) dan para wali afrod (wali yang memiliki kedudukan istimewa).

Shalawat di atas disebutkan dalam kitab At-Thibul Faih Wal Wardus Saih Fi shalatil Fatih (Kasturi yang semerbak dan mawar yang memukau dalam sholawat Fatih) karya Imam Muhammad Fathan an-Nazhifiy radhiyallahu anhu, seorang ulama besar yang berafiliasi dalam thoriqoh tijaniyah. Beliau dilahirkan pada tahun 1270 Hijriyah. Wafat tahun 1366 Hijriyah. At-Thibbul Faih kemudian beliau tambahkan dengan komentar-komentar keutamaannya dalam kitab al-ithrun nafih ala thibil faih (minyak wangi yang berhembus atas kasturi yang semerbak).

Imam Muhammad Fathan an-Nazhifiy radhiyallahu anhu mengatakan;

وغنية عن سائر الاوراد * في الدين والدنيا وفي المعاد

Sholawat al-Fatih menjadi wiridan yang sangat kaya (mencukupi) dari wiridan lainnya baik untuk urusan agama, dunia dan akherat.


Adapun sanad muttashil kepada Imam Muhammad Fathan Bin Abdul Wahid an-Nazhifiy radhiyallahu anhu (pengarang kitab shalawat at-Tibul Faih wal wardus saih fi shalatil fatih), alfaqir dapatkan ijazahnya dari Prof. Dr Sayyid Muhammad ar-Radhiy Ghannun al-Idrisiy al-Hasaniy al-Maghribiy sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحقق البحاثة فضيلة الاستاذ الدكتور السيد محمد الراضي كنون الادريسي الحسني عن العلامة الفاضل والمقدم الجليل سيدي لحسن الفطواكي عن الامام محمد فتحان بن عبد الواحد النظيفي رضي الله عنه .

NB; Berwudhu dan menutup aurat diwajibkan ketika membaca dzikir atau shalawat dengan niat ismul a'zham. Ismul a'zhom adalah terminologi yang menjadi raja dari segala nama Allah dan bila kita baca dalam doa, maka doa tersebut akan segera diijabah."

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi





76 komentar:

mohammad mengatakan...

Mohon ijazahnya dan sanadnya bagindaaaaa

Yayasan Almuafah mengatakan...

Saya ijazahkan.. Qobul insya Allah

mohammad mengatakan...

Amin,, mudah2an baginda dimudahkan urusannya dunia akhirott,, amin

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Saya mohon ijin tadz ,

MOHAMAD SALEEM BIN ABDUL KADIR AL AHMADI AS SUFI mengatakan...

Mohon ijazahnya ustaz

kris jowo mengatakan...

alhamdulillah kyai rizki,selalu mempermudah mendapatkan syafaat rosulullah dunia akhirat ,semoga kyai dan keluarga selalu mendapat syafaat tarbiyah rosulullah saw amin

Unknown mengatakan...

Barokallahu fikum

Abd fatah mengatakan...

mohon sanad dan ijazahnya kiyai, mohon maaf su'ul adab

Abd fatah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
DBS mengatakan...

Adsalamualaikum qobiltu ustad mohon ijin mengamalkan sholawat al fatih..

Ameera mengatakan...

QOBILTU...mohon ijazahnya ustadz...

[rulliyanto]

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Admin Blog Petilasan mengatakan...

قبلت اجازتك تاماة استاذ الحج رزقى ذالقرنين البتاوى جزاك الله

Unknown mengatakan...

qobiltu ijazah kiyai

Ff mengatakan...

qobiltu

mad35 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mad35 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
mad35 mengatakan...

Qobiltu yeah ustaz sidi...moga Allah merahmati ustaz sidi amin

hasni sofyan mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Mohon ijin dan ijazahnya Ustadz Rizki...Mohon ijin dan ijazahnya juga untuk kitabnya...jazaakumulloh khoiron.

Syawai mengatakan...

Qobiltu. Mohon ijazahnya Ustadz ...

Xxx mengatakan...

Qobiltu

Wisnu mengatakan...

Qobiltu Baginda

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

Yayasan Almuafah mengatakan...

Kepada para mustajziin (para pemohon ijazah) shalawat Fatih .. akan saya berikan naskah ijazahnya .. dipesilahkan follow dan menghubungi Instagram instagram: rizkialbatawi

@rizkialbatawi

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fauzy mengatakan...

قبلت الاجازۃ يا شيخي

Unknown mengatakan...

Qobiltu

yayat mengatakan...

Assalamu,alaikum, mohon izin dan ijazahnya pa kiyai mau mengamalkan sholawat fatih dan do,anya semoga alloh memberikan kebaikan dan keberkahan smiin

yayat mengatakan...

Assalamu,alaikum mhon izin pa kiyai mau mengamalkam sholwat fatih dan do,anya semoga alloh meridhoinya. Aamiin

Azmi Aulia Rachman mengatakan...

Qobiltu ijazah kang

taeyang Amin mengatakan...

Mohon ijazahnya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ustaz..saya Tokiman bin Kartubi dari Malaysia. Saya mencari ilmu2 yang dapat ijazahnya daripada gurunya...Ustaz, saya Terima ijazah sholawat jibril ni..mudah-mudahan ustaz izinkan saya mengamalkanya secara berijazah...Terima kasih ustaz.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ustaz..saya Tokiman bin Kartubi dari Malaysia. Saya mencari ilmu2 yang dapat ijazahnya daripada gurunya...Ustaz, saya Terima ijazah sholawat Al Munjiyat ini..mudah-mudahan ustaz izinkan saya mengamalkanya secara berijazah...Terima kasih ustaz.

Unknown mengatakan...

Quality, ijin mengamalkannya

Unknown mengatakan...

Qabiltu

Unknown mengatakan...

Qabiltu

Unknown mengatakan...

Qabiltu

Unknown mengatakan...

Qabiltu

Muhammad Asror mengatakan...

Qobiltu pak kiyai...

Gilang mengatakan...

Qobiltu yai gilang terima

Unknown mengatakan...

😍😍😍😍

Kamal mengatakan...

Qobiltu kyai.. ana (Saiful Kamal) terima.

Mochamad Faris mengatakan...

Alhamdulillah.
Qobiltu Al Ijaazah Kyai Rizqy.
Terima kasih.

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحن الرحيم
قبلت
جزاك الله خيرا

Unknown mengatakan...

Mohon izin ijazah dan sanadnya Pak Kyai. Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ijazah guru

Iman jaya ( pr_imanda jayadi) mengatakan...

Qobiltu.Jazakallah khairon.

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazahnya

Anonim mengatakan...

qobiltu ijazah pak ustadz

Otc7 mengatakan...

Qobiltu Ijazah. T kasih Ustaz

Fatika Sari mengatakan...

Qobiltu ijazahnya pak ustadz

Sandy mengatakan...

Qobiltul ijaazata

Elmastoer_63 mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazahnya pa ustadz...

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazahnya pa ustadz...

Dzaki Ahmd mengatakan...



اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ، نَاصِرِ الْحَقِّ بالْحَقِّ ، وَالْهَادِي إِلَي صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ ، وَعَلَي آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ.

صَلَاةً تَمْلَأُ الْأَزَلَ وَالْأَبَدَ ، زََمَانًا وَمَكَانًا مَضْرُوْبَةً فِيْ كُلِّ عَدَدْ ، بِعَدَدِ مَا فِيْ عِلْمِكَ يَا وَاحِدُ يَا أَحَدْ ، وَتَهَبُ لَنَا بِهَا بِمَحْضِ الْفَضْلِ وَالْمَنِّ وَالْوِدَادْ ، مَا لِلْأَقْطَابِ وَالْمَفَاتِيْحِ وَالْأَفْرَادْ ، آمين

Mr.bacan mengatakan...

Wa ila arwahi pk ustadz Zulkarnaen..alfatihah.
Qobiltu ijazahnya pa ustadz..Aamiin yrblmn.

Mr.bacan mengatakan...

Wa ila arwahi pk ustadz Zulkarnaen..alfatihah.
Qobiltu ijazahnya pa ustadz..Aamiin yrblmn.

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah

Sandy mengatakan...

Qobiltul ijaazata

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah..

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah

Sandy mengatakan...

Qobiltul ijaazah

Unknown mengatakan...

Bismillahirrahmanirrahim, Qobiltu ijazah nya ustadz 🙏🏻

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ustad, mohon izin mengamalkannya 👏

Anonim mengatakan...

Qabiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Assallamualaikum Kyai 🙏
Sy sngt membutuhkan pertolongan Alloh SWT utk menyelamatkan anak & cucu sy agar terhindar dr bujukan kesesatan... Dgn Shalawat Fatih ini mohon bimbingannya 🙏 😭 Syukron Kyai

Anonim mengatakan...

Salam,ust izin utk amalkan selawat fateh

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Qabiltue

Abu mengatakan...

Qobiltu ijazah