Rabu, 12 Juni 2013

Shalawat Mudhariyyah Imam al-Bushairiy



Shalawat Mudhariyyah Imam al-Bushiriy
يَا رَبِّ صَلِّ عَلَى الْمُخْتَارِ مِنْ مُضَرٍ
                                 وَاْلأَنْبِيَا وَجَمِيْعِ الرُّسْلِ مَا ذُكِرُوْا
"ّYa Allah, Ya Tuhanku, limpahkanlah rahmat-Mu untuk Nabi pilihan dari suku Mudhar, juga limpahkanlah untuk seluruh Nabi dan Rasul yang telah lalu."
وَصَلِّ رَبِّ عَلَى الْهَادِي وَشِيْعَتِهِ
                                وَصَحْبِهِ مَنْ لِطَيِّ الدِّيْنِ قَدْ نَشَرُوْا
"Shalawat-Mu, wahai Tuhanku, atas Nabi pembawa hidayah beserta seluruh pengikut dan sahabatnya yang telah berjasa menyebarluaskan agama ini"
وَجَاهَدُوْا مَعَهُ فِى آلِ وَاجْتَهَدُوْا
                                   وَهَاجَرُوْا وَلَهُ آوَوْا وَقَدْ نَصَرُوْا
"Mereka yang telah ikut berjihad dan berijtihad bersama beliau, juga yang ikut hijrah bersama Beliau, dan yang memberi tempat singgah serta memenangkan misi Beliau.'
وَبَيَّنُوْا الْفَرْضَ وَالْمَسْنُوْنَ وَاعْتَصَبُوْا
                                     لِلَّهِ وَاعْتَصَمُوْا بِاللهِ فَانْتَصَرُوْا
"Mereka yang telah menerangkan hukum wajib dan sunah secara bersatu padu, berupaya tanpa pamrih, dan berpegang teguh pada agama Allah hingga mereka mendapatkan kemenangan."
أَزْكَى صَلاَةٍ وَأَنْمَاهَا وَأَشْرَفَهَا
                                    يُعَطِّرُ الْكَوْنَ رَيًّا نَشْرِهَا الْعَطِرُ
"Yaitu shalawat yang paling suci, yang paling banyak, dan semulia-mulianya, yang menerbarkan harum semerbaknya di seluruh alam semesta".
مَفْتُوْقَةً بِعَبِيْرِ الْمِسْكِ زَاكِيَةً
                                   مِنْ طِيْبِهَا أَرَجُ الرِّضْوَانِ يَنْتَشِرُ
"Keharuman yang bercampur dengan misik kasturi yang mahal, yang aromanya tersebar luaslah keridhoan-Mu".
عَدّ َالْحَصَى وَالثَّرَى وَالرَّمْلِ يَتْبَعُهَا
                               نَجْمُ السَّمَا وَنَبَاتُ الْأَرْضِ وَالْمَدَرُ
"Sebanyak jumlah bebatuan, pasir beserta debunya, juga sebanyak bintang gemintang di langit, tanaman, dan kerikil di bumi".
وَعَدَّ مَا حَوَتِ اْلأَشْجَارُ مِنْ وَرَقٍ
                              وَكُلِّ حَــرْفٍ غَدَا يُتْلَى وَيُسْتَطَرُ
"Juga sejumlah dedaunan yang terdapat di pepohonan, sebanyak semua huruf yang terbaca oleh lisan dan tertulis oleh pena".
وَعَدَّ وَزْنِ مَثَاقِيْلِ الْجِبَالِ كَمَا
                               يَلِيْهِ قَطْــرُ جَمِيْعِ الْمَاءِ وَالْمَطَرُ
"Dan sejumlah beratnya timbangan gunung-gunung, sejumlah seluruh tetesan air yang mengalir dan air hujan".
وَالطَّيْرِ وَالْوَحْشِ وَالْلأَسْمَاكِ مَعْ نَعَمٍ
                                   يَلِيْهِمُ الْجِنُّ وَالْمَلَكُ وَالْبَشَـرُ
"Sebanyak jenis dan jumlah biantang liar, burung-burung, ikan dan hewan ternak. Juga sejumlah jin, malaikat dan manusia".
وَالذَّرُّ وَالنَّمْلُ مَعْ جَمْعِ الْحبُوْبِ كَذَا
                              وَالشَّعْرُ وَالصُّوْفُ وَاْلأَرْيَاشُ وَالْوَبَرُ
"Sebanyak jumlah atom, semut dan semua jenis biji-bijian, juga sejumlah helai rambut manusia, hewan, dan bulu segala jenis binatang".
وَمَا أَحَاطَ بِهِ الْعِلْمُ الْمُحِيْطُ وَمَا
                              جَـرَى بِهِ الْقَلَمُ الْمَأْمُوْرُ وَالْقَـدَرُ
"Seluas kandungan ilmu Allah tentang makhluk dan apa yang ditulis qalam (pena) yang memuat suratan takdir".
وَعَدَّ نَعْمَائِكَ اللَّاتِى مَنَنْتَ بِهَا
                             عَلَى الْخَلاَئِقِ مُذْ كَانُوا وَمُذْ حُشِرُوْا
"Sebanyak nikmat-nikmat-Mu, yang telah Engkau karuniakan kepada semua makhluk-Mu yang dahulu dan yang akan datang".
وَعَدَّ مِقْدَارِهِ السَّامِى الَّذِى شَرُفَتْ
                               بِهِ النَّبِيُّوْنَ وَاْلأَمْـلاَكُ وَافْتَـخَرُوْا
"Setinggi jumlah derajat yang dicapai oleh masing-masing nabi dan malaikat yg mulia dengan maqam tersebut".
وَعَدَّ مَا كَانَ فِى اْلأَكْوَانِ يَا سَنَدِى
                                  وَمَا يَكُوْنُ إِلَى أَنْ تُبْعَثَ الصُّوَرُ
"Sebanyak apa yang pernah ada kemudian tiada di alam jagat raya, dan apa yang masih ada maupun yang akan ada sampai kiamat".

Dan seterusnya.....


Keutamaan Shalawat al-Mudhariyyah
Diantara keutamaannya adalah siapa saja yang secara rutin membaca shalawat al-Mudhariyyah setiap selesai shalat fardhu akan dimudahkan di akhir hayatnya mendapatkan husnul khatimah (penutup hidup yang baik) dan masuk surga.
          Sayyid Ahmad Ibn Hasan al-Atthas mengatakan:
قِرَاءَةُ الصَّلاَةِ الْمُضَرِيَّةِ تَعْدِلُ ثَلاَثًا اَوْ عَشْرًا مِنْ دَلاَئِلِ الْخَيْرَاتِ
Artinya:” Membaca shalawat al-Mudhariyyah satu kali pahalanya seperti pahala membaca tiga kali atau sepuluh kali kitab shalawat Dalailul Khairat (karya Imam Muhammad Sulaiman al-Jazuliy).”[1]

Pada tahun 1079 H, al-Habib Abdullah Ibn Alawiy al-Haddad pernah diminta oleh seseorang dari kota Oman agar beliau membuatkan Takhmis (gubahaan syair dengan 5 sajak) atas Qashidah al-Mudhariyyah, lantaran Qashidah dalam bentuk Takhmis sangat masyhur di Negara Oman. 

Imam al-Bushiriy menyusun Qashidah al-Mudhariyyah di pinggir pantai. Ketika Qashidah tersebut sampai bait:

ثُمّ الصَّلاَةُ عَلَى الْمُخْتَارِ مَا طَلَعَتْ*  شَمْسُ النَّهَارِ وَمَا قَـدْ شَعْشَعَ الْقَمَرُ

"Kemudian sebagai penutup, semoga kasih sayang-Mu selalu terlimpah untuk al-Mukhtar (Yang Terpilih), selama matahari masih terbit dan rembulan masih memancarkan sinarnya."

Ada seseorang berjalan di atas air laut menghampiri beliau dan orang itu berkata:
قِفْ اِلَى هُنَا , لَقَدْ اَتْعَبْتَ الْمَلاَئِكَةَ بِكِتَابَةِ فَضْلِهَا .

Artinya:  “Berhentilah sampai bait itu. Sungguh engkau telah membuat para malaikat lelah (karena terlalu banyak) mencatatkan keutamaan pahalanya.”[2]

          Imam al-Bushiriy pun segera menutup Qashidah al-Mudhariyyah dengan permohonan ridha Allah untuk keluarga Rasulullah dan para Sahabatnya.

          Perhatian ulama terhadap Qashidah al-Mudhariyyah cukup besar, terbukti dengan banyaknya para ulama yang memberikan komentar atas Qashidah tersebut diantaranya:

1.    Syarh Qashidah al-Mudhariyyah karya Syaikh Muhammad Ibn Muhammad al-Thayyib al-Fasiy
2.    al-Thal’at al-Badriyyah Syarh Qashidah al-Mudariyyah karya Syaikh Abdul Ghaniy Ibn Ismail al-Nabulsiy
3.    al-Sya’sya’ al-Qamariyyah Syarh Qashidah al-Mudhariyyah karya Syaikh Ishamuddin Mushtafa al-Rumiy
4.    al-Kawakib al-Saniyyah Syarh Qashidah al-Mudhariyyah karya Syaikh Ahmad Ibn Shalih al-Tharabalsiy al-Hanafiy
5.    al-Hidayatus Safariyyah Wa al-Hadhariyyah Syarh Qashidah al-Mudhariyyah karya Syaikh Sulaiman al-Rumiy Mustaqim Zadah

Adapun sanad penulis yang bersambung kepada Imam Muhammad Ibn Said al-Bushiriy sebagai berikut:
الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن الحبيب العلامة سالم بن عبد الله بن عمر الشاطري عن مسند الدنيا الشيخ العلامة محمد ياسين بن محمد عيسى الفاداني الْمكي عن السيد محمد عبد الْمحسن رضوان عن أبيه عن الشيخ عطية عِزَّتْ القَمَّاش عن الشيخ محمد صالح البخاري عن شيخه رفيع الدين القندهاري عن الشيخ محمد بن عبد الله الْمَغْرِبِي عن الشيخ عبد الله بن سالم البصري عن الشمس محمد بن العلاء البابلي عن الشيخ سليمان بن عبد الدائم والشيخ عبد الرؤف والشيخ سالم بن محمد السُّنْهُوْرِي عن الشيخ النجم محمد بن محمد الغِيْطِي عن الشيخ الإسلام زكريا الأنصاري عن ابي اسحاق الصالحي عن الصلاح أبي عبد الله محمد بن الحسن الشاذلي عن ابي الحسن علي بن جابر الهاشمي عن ناظمها امام الأدب شرف الدين محمد بن سعيد بن حماد البوصيري .



Pembuka Segala Rahasia Penghempas Lara Dan kesulitan

Dalam Menguak Keutamaan 11 Shalawat Para Auliya
kepada Nabi Muhammad

Penyusun
H. Rizki Zulkarnain Asmat
Tata Letak
Muhammad Zabih Mawardi
Ahmad Nasyith Badruddin
Afif Hidayat
Desain cover
Suparman Ramli
تقبل الله منهم ويزيدهم من كل خيري الدنيا والأخرة

Diterbitkan:

Majelis al-Mua’fah
Jl. Tipar Cakung Rt.05/08 No:5
Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur
13910




Dilarang mengcopy atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin dari penulis
                            
جاكرتا ,  23 ذو الحجة  1432  هجرية
السبت , 19     نوفمبر   2011     ميلادية

 




Khadimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy



[1] Habib Ali Ibn Hasan Baharun, Fawaid al-Mukhtarah Li Salik Thariq al-Akhirah (Pasuruan: Ma’had Darul Lughah 2009) h. 220.
[2] Sayyid Alawiy Ibn Ahmad Ibn Hasan Ibn Abdullah al-Haddad, Syarh Ratib al-Haddad (al-Hawiy: Tarim 2005) h. 454.