Selasa, 09 Oktober 2018

Sifat Wara' Ulama Terdahulu Membangun Pesantren

Sifat Wara' Ulama Terdahulu Membangun Pesantren

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Seorang ulama besar, pakar fiqh tersohor yang amanah dengan ilmunya bernama Syekh Abdurrahman Bin Muhammad Bin Yusuf al-Alawi al-Yamani (wafat tahun 803 Hijriyah) rahimahullah tatkala ingin membangun pondok pesantren di kota zabid, beliau membeli sebidang tanah. Hal yang pertama beliau lakukan adalah membuat beberapa sumur kemudian tanah galian sumur tersebut beliau olah menjadi batu bata. Selanjutnya Uang hasil penjualan batu bata itu yang beliau gunakan untuk membeli bahan matrial. Demikian itu beliau lakukan karena beliau enggan menerima uang dari para donatur yang belum diyakini kehalallannya.

Ma sya Allah, semoga Allah selalu memberikan rahmat kepada beliau sebagai ulama yang sangat ekstra hati-hati sampai enggan menerima sumbangan karena khawatir ada uang syubhat. Madrasah atau pondok pesantren adalah tempat yang Allah Taala muliakan, kudu steril boleh jadi bila dalam pembangunannya ada dana syubhat atau uang siluman maka bisa merusak keberkahan pesantren atau madrasah tersebut. ini adalah kisah Ulama yang benar-benar telah mendarah daging sifat wara’ dan ketaqwaan mereka. Sungguh sangat bedanya dengan kita, ketika membangun pesantren, madrasah membuat proposal sebanyak-banyaknya sampai dua pikulan. Tentunya ketika kita membaca sejarah mereka kita pasti merasa malu berkaca kepada mereka.

Dari kisah ini, bukan berarti bikin proposal untuk bangun madrasah itu dilarang, karena sejatinya proposal juga menjadi sarana mengajak orang untuk fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan).

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


2 komentar:

Rahmat hadi mengatakan...

Di tempat kmi sekolah dulu abah pengasuh jga gak menerima uang sembarangan bahkan beliau tak menerma bantuan dari pemerintah..mungkin beliau mengikuti orang dulu yah 😊

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

ما شاء الله وتبارك الرحمن