Sabtu, 27 Oktober 2018

Bejana Beristighfar Buat Yang Membersihkan Sisa Makanan


Bejana Beristighfar Buat Yang Membersihkan Sisa Makanan (Adab Makan)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Pertanyaan Saudara Chaerul Riccy at-Tijani Jamaah Majlis al-Muafah:

Saya pernah mendengar apabila kita makan di satu bejana kita habiskan sampai bersih makanan tersebut hingga bersih maka bejana itu membacakan istighfar buat kita. Pertanyaan saya, apakah pernyataan itu ada dasarnya? Saya ingin tau itu perkataan siapa? bila memag hadis, itu riwayat siapa? Jika maqalah ulama, ulama siapa? Mohon sebutkan referensinya?

Jawaban:

Di antara adab makan adalah membersihkan sisa makanan di bejana hingga bersih dengan tujuan jangan sampai ada yang terbuang karena hukumnya mubadzir. Siapa yang menjilati piring, nampan atau mangkuk dengan tujuan membersihkan sisa makanan maka bejana-bejana tersebut memohonkan ampunan kepada Allah untuk orang itu. Hal ini berdasarkan keterangan hadis riwayat Imam Ahmad Bin Hambal rahimahullah dalam musnadnya hadis ke- 20724 sebagai berikut:

20724 - حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا الْمُعَلَّى بْنُ رَاشِدٍ الْهُذَلِيُّ، قَالَ: حَدَّثَتْنِي جَدَّتِي أُمُّ عَاصِمٍ، عَنْ رَجُلٍ مِنْ هُذَيْلٍ يُقَالُ لَهُ: نُبَيْشَةُ الْخَيْرِ، وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ، قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيْنَا نُبَيْشَةُ، وَنَحْنُ نَأْكُلُ فِي قَصْعَةٍ، فَقَالَ: لَنَا حَدَّثَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " أَنَّهُ مَنْ أَكَلَ فِي قَصْعَةٍ، ثُمَّ لَحَسَهَا، اسْتَغْفَرَتْ لَهُ الْقَصْعَةُ "

Telah menceritakan kepada kami 'Affan, telah menceritakan kepada kami Al Mu'alla bin Rasyid Al Hudzali ia berkata; telah menceritakan kepadaku nenekku yaitu Ummu 'Ashim dari seorang laki-laki dari bani Hudzail yang disebut Nubaisyah Al Khair -dia termasuk dari sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam- dia berkata; Nubaisyah pernah menemuiku ketika kami tengah makan dengan nampan, lalu ia berkata kepada kami; Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam telah menceritakan kepada kami bahwa: "Siapa saja makan dengan nampan, lalu ia menjilatinya, maka nampan tersebut akan memohon ampunan untuknya." Telah menceritakan kepada kami Abdullah, telah menceritakan kepada kami Rauh bin Abdul Mukmin dan Ubaidullah Al Qawariri telah menceritakan kepada kami Abdullah dia berkata; telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Shudran, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Al Mu'alla bin Rasyid, telah berkata salah seorang ahli hadits diantaranya adalah Abul Yaman An Nabal, ia berkata; telah menceritakan kepadaku nenekku yaitu Ummu 'Ashim dari Nubaisyah dari Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam seperti itu.

Syekh Syuaib Arnauth dalam tahqiq Musnad Imam Ahmad Bin Hambal mengatakan bahwa hadis di atas Dhaif (lemah) dengan alasan salah satu periwayat bernama Ummu Ashim nenek Abul Yaman al-Mualla Bin Rasyid yang eksistensinya majhul (tidak diketahui dengan jelas).

Kita ketahui bersama, hadis dhaif boleh diamalkan untuk fadhilah amal.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


10 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Muhammad Yunus mengatakan...

Nyimak...

Rahmat hadi mengatakan...

Alhamdulillah

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

kita biasain kalo makan ampe bersih

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

bang japra kasih tau

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

wassyukru lillah

Abdul azis mengatakan...

Syukron

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

بارك الله فيكم

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah Yaa Rabb...

Wawan mengatakan...

Alhamdulillah dapat ilmu baru yg manfaat....semoga bisa mengamalkannya