Selasa, 03 Juli 2018

Kitab Dar’u al-Ḏaʻf ʻAn Hadîts Man ʻAsyiqa Faʻf (Ahmad al-Ghumari)


Kitab Dar’u al-Ḏaʻf ʻAn Hadîts Man ʻAsyiqa Faʻf

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد

Kitab Dar’u al-Ḏaʻf ʻAn Hadîts Man ʻAsyiqa Faʻf Karya al-Hafizh Sayyid Ahmad al-Ghumari




Sebuah kajian yang dipenuhi dengan banyak faidah, di dalamnya Sayyid Aẖmad al-Ghumârî mampu mendatangkan bukti kesahîhan hadis: (مَنْ عَشِقَ فَعَفَّ ثُمَّ مَاتَ مَاتَ شَهِيداً) “Siapa saja yang menahan cinta lalu berbuat ʻiffah (menjauhi ma’siat) kemudian ia meninggal, maka ia mendapat derajat mati syahid.” Padahal hadis tersebut telah dinyatakan sebagai hadis palsu oleh mayoritas ulama, bahkan al-Hafizh Ibn al-Qayyim (w. 751 H) memberikan kritik baik dari sisi matan dan sanadnya.

Ada lima point kritik al-Hafizh Ibn al-Qayyim terhadap hadis di atas: pertama, ungkapan tersebut bertentangan dengan hadis sahîh.[1] Kedua, berbicara tentang rindu ada dua macam ada yang dibolehkan dan ada yang dilarang dan tak mungkin Rasulullah mengatakan setiap orang yang menahan rindu sampai mati dapat meraih gelar syahid. Ketiga, tidak ditemukan pendapat seorang ulama pakar hadis yang menghasankan apalagi mensahîhkannya. Keempat, rindu bukan termasuk penyakit berat. Adapun derajat syahid yang disebutkan dalam hadis sahîh diberikan kepada orang yang mati dalam kondisi tragis seperti: terserang ṯâʻûn (wabah), mabṯûn (gangguan pencernaan), orang yang tenggelam, tertimpa benda berat dan wafat dalam perang. Kelima, para ulama jarh wa al-taʻdîl menolak Suwaid Bin Saʻîd salah satu periwayat hadis tersebut sebagai kadzdzâb.[2] Dalam kitab ini, al-Hafizh Sayyid Aẖmad al-Ghumârî menyanggah kelima point tersebut satu persatu dengan jawaban yang memuaskan.

Dikutip Kritik Hadîts Ahmad al-Ghumâri Terhadap Hadis-Hadis Palsu Riwayat Al-Quḏâʻî Dalam Kitab Al-Jâmiʻ al-Saghîr (Telaah Kitab al-Mudâwî Li ʻIlal al-Jâmi’ al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî)” .




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا



[1] Dari Abû Hurairah, Rasulullah bersabda,
الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ الْمَطْعُونُ وَالْمَبْطُونُ وَالْغَرِقُ وَصَاحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيدُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

“Orang yang mati syahid ada lima, yakni orang yang mati karena wabah, orang yang mati karena menderita sakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan dan orang yang mati syahid di jalan Allah.” (Sahîh al-Bukhârî, no. 2829 dan Sahîh Muslim, no. 1914)

[2] Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah, al-Jawâb al-Kâfî Liman Saala al-Dawâ al-Syâfî (al-Maghrib: Dâr al-Maʻrifah, 1997), h. 242.

2 komentar: