Rabu, 15 November 2017

Perbedaan Mutaaddi Huruf Ila Dan Huruf Ba

Perbedaan Mutaaddi Ila Dan fi

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Apa perbedaan dari penggunaan fiil (kata kerja) yang mutaaddi (butuh kepada objek) dengan huruf Ila (الى) pada ayat: (وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ) dan mutaaddi dengan huruf Fi (في) pada ayat: (إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَات).

JAWABAN:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa (Ali Imaran ayat 133).

Pada ayat di atas, mutaaddinya dengan huruf Ila (الى) menunjukan bahwa orang-orang yang bersegera melakukan kebaikan, sebelumnya mereka belum mendapat ampunan. Perintah Allah kepada mereka untuk sigra menjadi indikasi agar mereka dapat ampunan.

Dan Firman Allah:
إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَباً وَرَهَباً وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdo’a kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiyaa’ : 90).

Sedangkan pada ayat ini, mutaaddinya dengan huruf Fi,  menyebutkan sebuah laporan bahwasanya Allah Taala menceritakan tentang orang yang sudah mendapat kebaikan yang berupaya keras meningkatkan kebaikannya untuk sampai kepada kebaikan yang lebih tinggi.



Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah


Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910



3 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Ilmu yg sangat bermanfaat

Ali fikri mengatakan...

Ilmu yg sangat bermanfaat

Yayasan Almuafah mengatakan...

biar semangat belajar ilmu nahwu dan sharf