Kamis, 30 November 2017

Adab Berbekam (Cantuk Atau Sanggrah) Beserta Sanadnya

Adab Berbekam (Cantuk Atau Sanggrah) Beserta Sanad Bekam

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Imam Abu Laist Nashr Bin Muhammad as-Samarqandiy al-Hanafiy (wafat tahun 373 Hijriyah) rahimahullah menyebutkan dalam kitab Bustanul Arifin halaman 372, tentang adab berhijamah (bekam/cantuk):

Lakukan bekam di pagi hari saat perut masih kosong belum mengkonsimsi apa-apa. Hal ini berdasarkan hadis:

))الحجامة على الريق أمثل وفيها شفاء وبركة وتزيد في العقل والحفظ))

Bekam itu dilakukan saat perut kosong lebih ideal, dan bekam menjadi obat, berkah dan menambahkan kecerdasan dan menajamkan hafalan.

((أنه ما شكا إليه أحد وجعاً في رأسه إلا أمره بالحجامة، ولا وجعاً في رجليه إلا قال احصبهما((

Tidaklah seseorang sahabat merasakan keluhan rasa sakit pada kepalanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melainkan beliau perintahkan untuk berbekam. Begitu juga penyakit yang mereka rasakan pada dua kaki melainkan beliau anjurkan untuk keduanya dibekam.

Hendaknya dianjurkan seseorang yang ingin dibekam bahwa jangan melakukan jima’ sehari sebelum dan sesudah bekam. Bila besok pagi hari ingin dibekam, maka hendaknya ia hari ini menahan makan besar dari sejak waktu ashar sampai besok pagi dibekam. Hal tersebut sangat menentukan hasil pengobatan bekam yang sempurna. Jika seseorang mengalami rasa eneg sebelum bekam, hendaknya ia makan sesuatu (buah atau sesuatu lainnya) terlebih dahulu agar tidak pusing saat bekam berlangsung. Dan dianjurkan setelah bekam jangan datang ke Hammam (pemandian umum) untuk berhangat-hangat. Berdasarkan petunjuk para tabib:

من احتجم وجامع ودخل الحمام في يوم واحد عجبت منه إن لم يمت

Siapa saja yang dibekam lalu ia melakukan hubungan seks dan masuk ke hammam (pemandian umum) aku terheran-heran bila ia tidak mati pada hari itu.

Setelah dibekam kudu dijauhkan dari mengkonsumsi makanan yang asin-asin dikhawatirkan akan menyebabkan gatal-gatal (kekedik). Hindari juga pada hari itu minum susu dan jangan terlalu banyak minum air. Yang dianjurkan adalah menkonsumsi makanan yang didominasi oleh cuka tujuannya adalah membuat kondisi badan makin vit, juga dianjurkan makan makanan yang manis jika tidak menganggu kesehatannya.

Dimakruhkan melakukan bekam hari Sabtu dan hari Rabu karena ada riwayat yang menyebutkan:

((من احتجم يوم السبت والأربعاء فأصابه وضح فلا يلومن إلا نفسه))

Siapa saja yangvberbekam di hari Sabtu dan Rabu kemudian terkena penyakit kulit (lepra) maka janganlah mencela dan menyalahkan kecuali dirinya sendiri.

Suatu ketika, ada seorang Ulama ahli hadits meragukan status keshahihan hadis di atas. Akhirnya dengan sengaja ia berbekam di hari Sabtu, karena tidak percaya dengan hadits itu....dia berkata "hadits ini dhaif (lemah) !" Tak berapa lama kemudian dia terkena penyakit lepra akut sehingga menyusahkannya dan membuatnya kebingungan...Tiba tiba suatu malam dia bermimpi bertemu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam lalu dia mengadu kepada baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang penyakitnya. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bertanya kepadanya: kenapa kau berbekam di hari Sabtu ? Sang ahli hadis langsung menjawab: karena periwayat hadis tersebut bermasalah sehingga status hadis itu dho'if, ya Rasulallah. Rasulullah menjawab: bukankah dia benar mengutip hadis itu dari saya. Lalu ahli hadis pun berikrar: "saya bertaubat Ya Rasulallah", do'akan saya agar bisa sembuh. Akhirnya Rasulullah pun mendo'akannya. Pada pagi harinya ahli hadis itu sembuh dari penyakit lepra. Dan ia kapok tidak mau lagi melakukan bekam di hari sabtu dan rabu.

Melakukan bekam di hari sabtu dan rabu dibolehkan (tidak makruh) bila terjadi kondisi yang mengharuskannya (dharurat). Hari yang paling bagus melakukan bekam adalah hari Ahad (minggu) dan hari senin. Sebagian ulama memilih hari selasa karena hari itu Allah ciptakan darah. Ulama lainnya memakruhkan bekam di hari selasa karena ada kekhawatiran darah yang keluar akan terlalu banyak. Dianjurkan juga bahwa jangan melakukan bekam saat musim panas yang ekstrim begitu juga pada saat musim dingin yang ekstrim. Sebaik-baik musim untuk berbekam adalah musim semi (Rabiul awwal dan Rabi’ul akhir).

Waktu terbaik berbekam adalah pada saat tanggal-tangal melewati pertengahan bulan Hijriyah dan sebelum akhir. Yakni sekitar tanggal 17, 19, 21, 23 bulan Hijriyah bukan bulan nasional. Dimakruhkan bekam pada awal bulan dan akhir bulan karena pada waktu tersebut disebut Muhaq (mengecilnya bulan).

Bekam pada bagian sekitar belakang pundak kanan dan kiri dan tengah kepala sangat bagus manfaatnya. Sedangkan bekam pada lekukan tengkok leher menyebabkan sifat lupa. Diriwayatkan oleh sayiduna Bakr Bin Abdullah radhiyallahu anhu:

 ((أن الأقرع بن حابس دخل على النبي صلى الله عليه وسلم وهو يحتجم في وسط فقيل له أتفعل هذا برأسك؟ فقال يا ابن حابس إنه لينفع من وجع الرأس والأضراس والنعاس والجذام والبرص والجنون))  .

Sesungguhnya al-Aqra bn Habis pernah mendatangi Rasulullah di mana beliau sedang dibekam di bagian tengah kepala, lalu ada sahabat bertanya: Ya Rasulallah, mengapa bekam tersebut dilakukan di bagian kepalamu? Rasulullah menjawab: Ya Ibn Habis, sesungguhnya hal demikian bermanfaat mengobati sakit kepala, sakit gigi, cepat ngantuk, kusta, lepra dan gila.”

Hanya saja bekam di bagian kepala jangan sering dilakukan.

Apakah boleh orang yang telah dibekam melakukan mandi?

Jawabannya tersebut dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 57:

والغسل من الحجامة والفصد

Artinya: Di antara mandi sunnah, adalah mandi setelah berbekam dan Fashd (mengeluarkan darah dari pembuluh darah vena (venesection).

Cara kerja Al Fashdu hampir sama dengan Bekam yang keduanya mengeluarkan sumbatan-sumbatan dan darah kotor (toksin/racun tubuh). Perbedaannya, Al Fashdu mengeluarkan sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh darah vena (pembuluh darah besar). Sedangkan Bekam mengeluarkan sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil). 

AlFashdu sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol, asam urat, gula darah, darah tinggi, dan materi lain yang berbahaya bercampur bersama darah yang ada di dalam pembuluh darah. Lihat kitab Thibbun Nabawy (Ibnul Qoyyim, hal. 79-82)

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن المعمر العلامة الحبيب أحمد بن أبي بكر الحبشي عن المعمر العلامة الشيخ عمر حمدان المحرسي عن السيد احمد بن اسماعيل البرزنجي عن والده عن الشيخ صالح الفلاني عن المعمر محمد بن سنة والشيخ سليمان بن محمد البراوي كلاهما عن الشيخ محمد بن سليمان الروداني المغربي عن المعمر أبي مهدي السكتاني، عن المنجور، عن النجم الغيطي عن شيخ الإسلام زكريا  الانصاري عن الشمس محمد بن عبد الله بن محمد بن ابراهيم عن الحافظ عن الزين عبد الرحمن بن احمد الغزي عن علي بن جابر الهاشمي عن عبد الرحمن بن تميم المظفر عن ابي السعود محمد بن محمد البصيري عن ابي حفص عمر بن ابي الحسن بن الفتح عن محمد بن عمر السيرافي عن الخطيب محمد بن مالك الرازي عن الامام أبي الليث السمرقندي نصر بن محمد بن أحمد بن إبراهيم الفقيه الحنفي رحمه الله .


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah


Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910

10 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah jadi faham...

Yayasan Almuafah mengatakan...

Bang wan sani bener2 manfaat bekamannya

Iwan Hasani 76 mengatakan...

Alhamdulillah...

Iwan Hasani 76 mengatakan...

Alhamdulillah...

Adi Ompong mengatakan...

Alhamdulillah Dikerajaan Al muafah sy paetama x dibekam ngerasain manfaat kesehatan dri bekam oleh sohib bang Wan Ansani

Baginda Dzulqornain mengatakan...

Alhamdulillah ala barokatillah

Baginda Dzulqornain mengatakan...

Wassyukru lillah

Abdul Hadi mengatakan...

الله كريم

Deni Sani mengatakan...

Qobiltu ijazah yaa Syekh

Cheng Foo mengatakan...

قبلت ياشيخنا