Asal Usul Penamaan al-Aqsha
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا
له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ
الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ
مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada
suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi
sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda
(kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Surat al-Isra ayat: 1)
Pakar Tafsir dari Tunisia Syekh Muhammad
at-Thahir Asyur (wafat tahun 1393 Hijriyah/1973 Masehi) dalam kitab at-Tahrir
Wa at-Tanwir jilid 15 halaman: 14 menyebutkan bahwa: “Penamaan Masjid al-Aqsha
sebuah sebutan yang diviralkan al-Qur’an pertama kalinya. Bangsa Arab zaman
dahulu tidak pernah menyebut nama al-Aqsha untuk dihubungan dengan Baitul
Maqdis. Sedari dulu mereka menamakan masjid tersebut dengan nama Masjid Ilia. Begitu
ahli kitab mendengar surat al-Isra ayat satu, mereka langsung paham bahwa yang
dimaksud masjid al-Aqsha adalah Baitul Maqdis karena pada saat ayat itu turun, belum
ada masjid lagi selain Masjid al-Haram dan Baitul Maqdis.
Arti al-Aqsha sendiri adalah
paling jauh. Dinyatakan paling jauh lantaran Baitul Maqdis merupakan tempat
terjauh yang Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tempuh pada peristiwa
akbar yakni di malam Isra. Penamaan al-Aqsha menggunakan isim tafdhil (berarti
paling) sebuah mu’jizat al-Qur’an mengisyaratkan akan adanya masjid agung
selain masjid al-Haram dan masjid al-Aqsha yaitu Masjid an-Nabawiy, Madinah yang
keberadaannya agak jauh dari masjid al-Haram Makkah sehingga al-Qur’an
menggunakan istilah al-Aqsha (paling jauh) untuk menyebut Baitul Maqdis dikarenakan
secara geografis letaknya paling jauh dari Masjid al-Haram.
Sedangkan Ilia ( إيلياء ) sebuah nama kota yang sebelumnya bernama Yerusalem ( أورشليم ). Kata Iliya diambil dari nama seorang Nabi di zaman Bani Israil yang hidup pada awal abad kesembilam sebelum Masehi. Seorang penyair bernama al-Farazdaq (wafat tahun 110 Hijriyah) mengabadikan nama Ilia dalam Syairnya:
Artinya: "Ada dua rumah ibadah yang mulia, Masjid al-Haram yang kami tempati dan Masjid Ilia yang tinggo nan dimuliakan
.
Sedangkan Ilia ( إيلياء ) sebuah nama kota yang sebelumnya bernama Yerusalem ( أورشليم ). Kata Iliya diambil dari nama seorang Nabi di zaman Bani Israil yang hidup pada awal abad kesembilam sebelum Masehi. Seorang penyair bernama al-Farazdaq (wafat tahun 110 Hijriyah) mengabadikan nama Ilia dalam Syairnya:
وَبَيْتَانِ بَيْتُ اللَّهِ نَحْنُ وُلَاتُهُ * وَبَيْتٌ بِأَعْلَى إِيلِيَاءَ مُشَرَّفُ
Artinya: "Ada dua rumah ibadah yang mulia, Masjid al-Haram yang kami tempati dan Masjid Ilia yang tinggo nan dimuliakan
.
Biografi Syekh Muhammad at-Thahir
Asyur
Ibnu ‘Asyur nama lengkapnya Muhammad Thahir (Thahir II) bin
Muhammmad bin Muhammad Thahir (Thahir I) bin Muhammad bin Muhammad Syazili bin
‘Abd al-Qadir bin Muhammad bin ‘Asyur. Lahir dari sebuah keluarga tehormat yang
berasal dari andalusia pada tahun 1296 H atau 1879 M dan wafat pada tahun 1393
H atau 1973 M. Tempat lahir dan wafatnya sama yaitu di Tunis. Kakek jauhnya
yaitu Muhammad bin ‘Asyur mendatangi Tunisia dan kemudian menetap disana pada
tahun 1060 H.
Ibn ‘Asyur menjadi salah satu ulama besar di Tunisia. Karirnya
sebagai pengajar bermula pada tahun 1930 menjadi mudarris (pengajar) tingkat
kedua bagi mazhab Maliki di Mesjid Zaitunah. Menjadi mudarris tingkat pertama
pada tahun 1905. Pada tahun 1905 sampai 1913 ia mengajar di Perguruan Shadiqi.
Dia terpilih menjadi wakil inspektur pengajaran di Mesjid Zaitunah pada tahun
1908. Pada tahun berikutnya ia menjadi anggota dewan pengelola perguruan
Shadiqi. Ia diangkat menjadi qadli (hakim) mazhab Maliki pada tahun 1913 dan
diangkat menjadi pemimpin mufti (Basy Mufti) mazhab Maliki di negara itu pada
tahun 1927. ia juga seorang mufassir, ahli bahasa, ahli nahwu dan ahli sastra.
Ia terpilih menjadi anggota Majma’ al-Lugah al-‘Arabiyyah di Mesir pada tahun
1950 dan anggota majma’ ai-Ilmi al-Arabi di Damaskus pada tahun 1955. Ia banyak
menulis buku dan menulis berbagai majalah dan koran di Tunisia.
Diantara Karya-Karyanya:
ó
Alaisa ash-Shubh bi Qarib
ó Maqashid asy-Syari’ah al-Islamiyah
ó Uslul an-Nizham al-Ijtima ‘i fi al-Islam
ó at-Tahrir wat-Tahrir min at-Tafsir
ó al-Waqfu wa atsaruhu fi al-Islam
ó Uslul al-Insya’i wa al-Khithabah
ó Mujiz al-Balagah
ó Hasyiyah ala al-Qathr
ó Syarh ’ala Burdah al-Busyiri
ó al-Gaits al-Ifriqi
ó Hasyiyah ’ala al-Mahalli ’ala jam’ al-Jawami
ó Hasyiyah ’ala Ibn Sa’id al-Usymuni
ó Hasyiyah ’ala Syarh al-Isham li Risalati al-Bayan
ó Ta’liq ‘ala ma Qara’ahu min Shahihi Muslim
ó al Ijtihad al maqasidi
ó al Istinsakh fi Dhou’i al Maqasid
ó al Maqasid as Syar’iyah: ta’rifuha, amtsilatuha, hujjiyatuha
ó al Maqasid as Syar’iyah: wa shillatuha bi al adillah as syar’iyah wa al musthalahat al ushuliyah
ó al Mashlahah al Mursalah
ó al Istiqra wa Dauruhu fi ma’rifati al Maqasid)
ó al Munasabah as Syar’iyah
ó al Maqasid a Syar’iyah fi al Hajj
ó Maqashid asy-Syari’ah al-Islamiyah
ó Uslul an-Nizham al-Ijtima ‘i fi al-Islam
ó at-Tahrir wat-Tahrir min at-Tafsir
ó al-Waqfu wa atsaruhu fi al-Islam
ó Uslul al-Insya’i wa al-Khithabah
ó Mujiz al-Balagah
ó Hasyiyah ala al-Qathr
ó Syarh ’ala Burdah al-Busyiri
ó al-Gaits al-Ifriqi
ó Hasyiyah ’ala al-Mahalli ’ala jam’ al-Jawami
ó Hasyiyah ’ala Ibn Sa’id al-Usymuni
ó Hasyiyah ’ala Syarh al-Isham li Risalati al-Bayan
ó Ta’liq ‘ala ma Qara’ahu min Shahihi Muslim
ó al Ijtihad al maqasidi
ó al Istinsakh fi Dhou’i al Maqasid
ó al Maqasid as Syar’iyah: ta’rifuha, amtsilatuha, hujjiyatuha
ó al Maqasid as Syar’iyah: wa shillatuha bi al adillah as syar’iyah wa al musthalahat al ushuliyah
ó al Mashlahah al Mursalah
ó al Istiqra wa Dauruhu fi ma’rifati al Maqasid)
ó al Munasabah as Syar’iyah
ó al Maqasid a Syar’iyah fi al Hajj
Adapun sanad muttashil kepada
Syekh Muhammad at-Thahir Asyur at-Tunisiy al-Malikiy sebagai berikut:
الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة
المسند فضيلة الاستاذ يوسف ين عبد الرحمن المرعشلي عن شيخه العلامة محمد الشاذلي
النيفر الحسيني عن العلامة شيخ الاسلام محمد الطاهر بن محمد عاشور التونسي المالكي
رحمه الله .
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2
halaman 56.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
instagram.com/rizkialbatawi
instagram.com/Zulqornain_Muafiy
********* ******** ********
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
اللهمَّ صلَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَولاَنَا
مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمُغْلَقَاتِ خَزَائِنِ العَوالِمِ الوجُودِيَّةِ الَّتِي
برَزَتْ مِنْ حَيْزِ بُطُونِ العَدمِ الأَزَلِيِّ الْمَقْهُوْرِ. إِلَى سَاحَاتِ
مَيَادِينِ الظُّهُورِ. والَخاتِمِ لِمَا سَبَقَ فِي عِلمِ اللهِ بُروزُ سرِّهِ
مِن أَوامِرِ مَظَاهِرِ الْمَمْلَكَةِ الإلهِيةِ الذِي هُوَ قُطبُ رَحَاهَا وشُؤونُهَا
عَلَيهِ تَدُورُ. نَاصِرِ أَعْلاَمِ دَولَةِ الْحَقِّ بِجَحَافِلِ جُيُوشِ
الصِّدْقِ الْمُبِيدَةِ بِبَوَارِقِ أَسِنَّتِهَا الْمُحَمَّدِيةِ الأَحْمديةِ
طَوَاغِيتَ الإِجْحَافِ وَالظُّلَمِ وَالْجُورِ. وَالْهَادِي إِلَى الصِّرَاطِ
الْمُستَقِيمِ والْمَنهَجِ الرَّبَّانِي القَوِيْمِ بِالسِّيَاسَةِ الْحَقَّانِيةِ
وَالْمَعرِفَةِ التَامةِ الإيقَانِيَةِ وَالْحِكمَةِ البَالِغَةِ وَالْحُجةِ
الدّامِغَةِ السَّاطِعَةِ النُّور. اللهمَّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيهِ
وَعَلَى آلِهِ الأَفْرَادِ البُدُورِ. وَصحَابَتِهِ الأمْجَادِ الصُّدُور. حَقَّ
قَدرِهِ الفَخِيمِ فِي سَائِرِ الْحَضرَات والْخطَرَاتِ، وَمِقدَارِهِ العَظِيمِ
عِندَ رَبِّ البَرِيَّاتِ، صَلاَةً جَامِعَةً لامِعَةً نَافعةً رَافِعَةً
مَانِعَةً يَانِعَةً تَتَوَالَى ما قُرِئَتِ السُّطُورُ. وتفتقَ رتقُ الدهُورِ
بِتَعَاقُبِ أَدْوَارِ الأمُور. نَجِدُهَا يَا أللهُ ذَخِيْرةً وَعُمدَةً، وزَادًا
وَعُدَّةً يَوْمَ الْعَرَضِ وَالنُّشُوْرِ.
صَلاَةً تَفتَحُ لِقَارِئِهَا بِسرِّ بَركَتِهَا يَا هَادِي كُلَّ
طَرِيقٍ مَسدُودٍ. وتَسلكُ بِهِ كُلَّ مَنهَجٍ قَويْمٍ وسبيلٍ مَحمُودٍ. وَتَفُكُّ
بِهَا أَسرَ كُلِّ أَمرٍ مَصْفُودٍ. وَتُقَوّي بِنُورِهَا عَزْمَ كُلِّ فِكْرٍ
مَكدُودٍ.
**************
يا ربنا يا دائم المعروف * ويا مغيث عبده الملهوف
ويا عظيم المن يا رجائي * يا باسط الموائد الألاء
نرجوك يا ذا الجود والإتحاف * وناشرا مواهب الألطاف
أنل لـ (رزقي) ربي فيض رزق * وأيدن به جيوش الحق
واسعد به البلاد والعباد * وحققن بسعيه المراد
وارزقه يا رب تمام المعرفة * بك وجمله بأحسن صفة
واصلح إلهي زوجه تفضلا * (ريحانة القدوس) زهرة العلى
وارفع إلهي قدره بين الأنام * تلقى المسرة على طول الدوام
وخصه بمنح وهبية * واخلع عليه حللا سنية
واسقه من كوثر العرفان * شراب قدس طاهر حقاني
)السيد
عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني)
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
اللهم بجاه الفاتح لما أغلق افتح لنا من كل خير فتحته لسيدنا
ومولانا محمد صلى الله عليه وآله وسلم، وبجاه الخاتم لما سبق اختم لنا بخاتمة
الناجين والراجين الذين قيل لهم قل يا عبادي الذين أسرفوا على أنفسهم لا تقنطوا من
رحمة الله إن الله يغفر الذنوب جميعا، وبجاه ناصر الحق بالحق انصرنا على أعدائنا
نصر الذين قيل لهم أتتخذنا هزوا قال أعوذ بالله أن أكون من الجاهلين، وبجاه الهادي
إلى صراطك المستقيم أهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم في قولك وَمَن
يُطِعِ اللّهَ وَالرَّسُولَ فَأُوْلَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللّهُ
عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاء وَالصَّالِحِينَ
وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله حق قدره ومقداره
العظيم.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910
21 komentar:
Subhanallah...
Syukron baginda tuk ilmu nye
Subhanallah...
Syukron baginda tuk ilmu nye
Terimakasih atas Ilmunya Kyai
Terimakasih atas Ilmunya Kyai
Kajian di almuafah macem2
Semoga makin semangat nuntut ilmu biar luas wawasan
Alhamdulillah..ilmu yg bermafaat dunia n akhirat
Subhanallah bermanfaat sekali..
Syukron
Subhanalloh..beruntung ana bisa.ta'lim di al muuafah
Subhanalloh..beruntung ana bisa.ta'lim di al muuafah
Aamiin
فتح الله لكم
Allahuakbar
Allahuakbar
Allahuakbar
Semoga tanah al-quds bebas dari jajahan zoenis yahudi
Aamin.
Aamin.
Knp disebut kerajaan al muafah..krn luas ilmu baginda..bkn harta tp ilmu yg banyak...subhanallah...syukron
Knp disebut kerajaan al muafah..krn luas ilmu baginda..bkn harta tp ilmu yg banyak...subhanallah...syukron
Terima kasih pa kiayi
Posting Komentar