Senin, 10 Juli 2017

Kitab Nurul Jalal (Guru Asahan)

Kitab Nurul Jalal Guru Zahruddin Asahan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Di antara kitab aqaid (Tauhid) yang sangat sistematis dan tergolong unik adalah kitab Nur al-Jalal Fi Ma'rifah al-Ilah Dzi al-Jalal karya Tuan Guru Zahruddin Asahan rahimahullah. Kitab ini terdiri dari 150 halaman terbilang sangat bermutu dalam memberikan jawaban terhadap musykilat (perkara pelik) ushuluddin.

Syekh zahruddin Ustman Asahan rahimahullah berkata dalam muqaddimah kitabnya Nurul Jalal Fi ma’rifah Ilah Dzil Jalal halaman: 2 “Pada zaman sekarang ini banyak orang yang tidak menentu arah tujuannya untuk ada pegangan hidupnya. Demikian itu adalah dikarenakan kurang bimbingan dan ajaran dari para ulama dan akhirnya menyebabkan kurangnya tauhid (iman kepada Allah) pada diri mereka. Dengan ini saya ingin menyumbangkan diri dengan jalan mencoba menyusun kitab ini mudah-mudahan dapatlah kiranya memberikan penerangan dan menuntun mereka itu ke Shirat al-Mustaqim (jalan yang lurus) jalan yang membawa manusia untuk merasakan kebahagiaan dunia dan kebahagiaan akhirat. Aamiin.

Kitab ini disusun dengan jalan soal jawab beruntun, dengan demikian akan lebih meresaplah bagi mereka yang benar-benar ingin memperdalam ilmu Ushuluddin karena di sini dengan secara teliti dicontohkan dalil naqli maupun aqlinya sejalan dengan aqidah ahlus sunnah wal jamaah.

Akhirnya saya mengharap sudilah kiranya ikhwan sekalian memeriksa mana yang salah, lebih dan kurang untuk saya benarkan dalam penerbitan selanjutnya. Dan kepada Allah jualah kita memohon taufiq dan hidayah.

Syeikh Zahruddin Usman Asahan dilahirkan pada tahun 1901 disungai Jawi – jawi Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara. Wafat di Asahan, pada tahun 1984. Menurut sepengetahuan Abuya KH Saifuddin Amsir, bahwa Guru Asahan sempat menetap di Menteng Pulo Jakarta selatan dan menikah dengan orang Betawi tetapi beliau tidak mendapat keturunan, hingga beliau kembali ke Sumatra utara. Di antara ulama Betawi yang sempat belajar kepada Guru Zahruddin Asahan: KH Nur Ali Ujung Harapan Bekasi, KH Abdullah Ali dan lain-lain.

Saat Tuan Guru Zahruddin Asahan Rahimahullah wafat, pada hari tersebut kaga disangka kaga dinyana KH Nur Ali Ujung Harapan sedang berada Di Sumatra Utara dan kemudian beliau ikut melakukan shalat Janazah Guru Asahan.

Guru Zahruddin juga pernah menjadi guru di Masjid al-Haram, Makkah Mukarramah pada tahun 1346 Hijriyah dan juga sempat melakukan perlawatan ilmiyah belajar di Universitas al-Azhar Kairo, Mesir.

Kitab Nurul Jalal Fi Ma’rifatil Ilah Dzil Jalal selesai dirampungkan penulisannya oleh Guru Zahruddin Ustman Asahan pada bulan Muharram 1374 Hijriyah. Dan dicetak pertama kalinya oleh Yayasan at-Thahiriyah KH Muhammad Thahir Rahili, Kampung Melayu Besar Jakarta Selatan.

Kitab tersebut sudah tidak beredar lagi, di toko-toko kitab yang ada di Jakarta. Nurul Jalal hanya dimiliki oleh orang-orang tua dulu dan naskahnya sudah agak usang. Alhamdulillah, di perpustakaan al-Muafah Jakarta menyimpan satu naskahnya. Alfaqir dapatkan dari kawan bernama Ahmad Jalaluddin Rais Buaran Jakarta Timur. Beliau belajar kitab Nurul Jalal kepada Ustadz Haji Rais yang merupakan orang tuanya sendiri. Setelah orang tuanya wafat sebagian kitab-kitab tua orang tuanya dihadiahkan kepada al-Faqir.

Semoga rahmat dan keridhaan Allah Taala selalu tercurah kepada Guru Asahan.. Aamiin.

Adapun sanad muttashil kepada Guru Zahruddin Ustaman Asahan Rahimahullah, al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن أبويا كياهي الحاج سيف الدين أمسير عن كياهي الحاج عبد الله علي البتاوي عن الشيخ العلامة زهر الدين عثمان أساههن رحمه الله .





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
اللهمَّ صلَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَولاَنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمُغْلَقَاتِ خَزَائِنِ العَوالِمِ الوجُودِيَّةِ الَّتِي برَزَتْ مِنْ حَيْزِ بُطُونِ العَدمِ الأَزَلِيِّ الْمَقْهُوْرِ. إِلَى سَاحَاتِ مَيَادِينِ الظُّهُورِ. والَخاتِمِ لِمَا سَبَقَ فِي عِلمِ اللهِ بُروزُ سرِّهِ مِن أَوامِرِ مَظَاهِرِ الْمَمْلَكَةِ الإلهِيةِ الذِي هُوَ قُطبُ رَحَاهَا وشُؤونُهَا عَلَيهِ تَدُورُ. نَاصِرِ أَعْلاَمِ دَولَةِ الْحَقِّ بِجَحَافِلِ جُيُوشِ الصِّدْقِ الْمُبِيدَةِ بِبَوَارِقِ أَسِنَّتِهَا الْمُحَمَّدِيةِ الأَحْمديةِ طَوَاغِيتَ الإِجْحَافِ وَالظُّلَمِ وَالْجُورِ. وَالْهَادِي إِلَى الصِّرَاطِ الْمُستَقِيمِ والْمَنهَجِ الرَّبَّانِي القَوِيْمِ بِالسِّيَاسَةِ الْحَقَّانِيةِ وَالْمَعرِفَةِ التَامةِ الإيقَانِيَةِ وَالْحِكمَةِ البَالِغَةِ وَالْحُجةِ الدّامِغَةِ السَّاطِعَةِ النُّور. اللهمَّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيهِ وَعَلَى آلِهِ الأَفْرَادِ البُدُورِ. وَصحَابَتِهِ الأمْجَادِ الصُّدُور. حَقَّ قَدرِهِ الفَخِيمِ فِي سَائِرِ الْحَضرَات والْخطَرَاتِ، وَمِقدَارِهِ العَظِيمِ عِندَ رَبِّ البَرِيَّاتِ، صَلاَةً جَامِعَةً لامِعَةً نَافعةً رَافِعَةً مَانِعَةً يَانِعَةً تَتَوَالَى ما قُرِئَتِ السُّطُورُ. وتفتقَ رتقُ الدهُورِ بِتَعَاقُبِ أَدْوَارِ الأمُور. نَجِدُهَا يَا أللهُ ذَخِيْرةً وَعُمدَةً، وزَادًا وَعُدَّةً يَوْمَ الْعَرَضِ وَالنُّشُوْرِ.
صَلاَةً تَفتَحُ لِقَارِئِهَا بِسرِّ بَركَتِهَا يَا هَادِي كُلَّ طَرِيقٍ مَسدُودٍ. وتَسلكُ بِهِ كُلَّ مَنهَجٍ قَويْمٍ وسبيلٍ مَحمُودٍ. وَتَفُكُّ بِهَا أَسرَ كُلِّ أَمرٍ مَصْفُودٍ. وَتُقَوّي بِنُورِهَا عَزْمَ كُلِّ فِكْرٍ مَكدُودٍ.

**************


يا ربنا يا دائم المعروف * ويا مغيث عبده الملهوف
ويا عظيم المن يا رجائي * يا باسط الموائد الألاء
نرجوك يا ذا الجود والإتحاف * وناشرا مواهب الألطاف
أنل لـ (رزقي) ربي فيض رزق * وأيدن به جيوش الحق
واسعد به البلاد والعباد * وحققن بسعيه المراد
وارزقه يا رب تمام المعرفة * بك وجمله بأحسن صفة
واصلح إلهي زوجه تفضلا * (ريحانة القدوس) زهرة العلى
وارفع إلهي قدره بين الأنام * تلقى المسرة على طول الدوام
وخصه بمنح وهبية * واخلع عليه حللا سنية
واسقه من كوثر العرفان * شراب قدس طاهر حقاني


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.

اللهم بجاه الفاتح لما أغلق افتح لنا من كل خير فتحته لسيدنا ومولانا محمد صلى الله عليه وآله وسلم، وبجاه الخاتم لما سبق اختم لنا بخاتمة الناجين والراجين الذين قيل لهم قل يا عبادي الذين أسرفوا على أنفسهم لا تقنطوا من رحمة الله إن الله يغفر الذنوب جميعا، وبجاه ناصر الحق بالحق انصرنا على أعدائنا نصر الذين قيل لهم أتتخذنا هزوا قال أعوذ بالله أن أكون من الجاهلين، وبجاه الهادي إلى صراطك المستقيم أهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم في قولك وَمَن يُطِعِ اللّهَ وَالرَّسُولَ فَأُوْلَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاء وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله حق قدره ومقداره العظيم.

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


29 komentar:

Muh.Awaluddin mengatakan...

Subhanallah

Abdul azis mengatakan...

Boleh tuh dibahas di pengajian...

Abdul azis mengatakan...

Boleh tuh dibahas di pengajian...

Yayasan Almuafah mengatakan...

Boleh ayo

Yayasan Almuafah mengatakan...

Baca baca

Ali fikri mengatakan...

ماشاء الله تبا رك الله

Ali fikri mengatakan...

ماشاء الله تبا رك الله

Unknown mengatakan...

Subhanallah

rahmat hadi mengatakan...

alhamdulillah wawasan nya

Khairul Azhar mengatakan...

Aslkm
Ust.
Kpan qt share bareng.
Kbtulan ane knal baik dg kluarga" almrhm

Wa ane
081387323746

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ane punya kitabnya yg sdh diterjemahkan

SONIA PONSEL BAGAN BATU mengatakan...

maaf, beliau lahir di sungai jawi - jawi - panai hulu, kab labuhan batu, sumut, di tanjung balai- sumut tidak ada nama sungai jawi - jawi, ane jg punya kitabnya ilmu tauhid soal jawab, tebal sekitar 100 halaman, disukai bnyak orang karena amat memudahkan kaum - kaum kita belajar dgn gayo bahaso melayu, ni hp sy 0822 8502 3080

Yayasan Almuafah mengatakan...

jazakumullah khoir.. nanti saya ralat ya ustdz

Yayasan Almuafah mengatakan...

waalaikumus salam,, marhaba ya ustdz

Unknown mengatakan...

Tuan guru zahruddin asahan wafat di jambi tepat nya di kabupaten tebo, beliau di makam kan samping masjid lmam bonjol, anak cucu beliau masih hidup tinggal di tebo, sekarang meneruskan perjuangan beliau di pondok pesantren nurul jalal

Unknown mengatakan...

Klo ingin lebih jelas tentang sejarah hidup beliau datang aja ke jambi, tepat nya di kabupaten tebo anak cucu beliau masih hidup, KH. Abuya. Abdurahman nawi,(Al Awwabin) KH.Amin nur,(putra KH Nur Ali) pernah menghadiri Haul KH zahruddin usman asahan. Beliau tgl 1 Ramadhan hari jumat, sholat jenazah di imami oleh KH nur ali (bekasi)

Unknown mengatakan...

Beliau menikah dgn orang betawi istri beliau bernama Hj Fatmah binti Tihamah mempunyai 2 anak, Siti Rabiatul Adawiyah, siti Khodijah. Anak keturunan beliau ada di jambi, kabupaten Tebo, kitab Nurul Jalal masih banyak diterbitkan dipelajari di tebo.

Unknown mengatakan...

Ralat lagi min.. meninggal nya di desa mangunjayo kabupaten tebo provinsi jambi

Unknown mengatakan...

Mohon info nya mas..
Dimana bisa dapat kan kitab nya

Unknown mengatakan...

DISAYA ALhamdulillah ada
kitabnya

Ami Ade mengatakan...

Assw. Pak ust
Kalau gak keberatan, boleh dikirimkan bukunya, atau foto copy annya, ongkos FC dan ongkir sybyg bayar
Jazaa kallaahu

Ami Ade mengatakan...

Semoga sy masih bisa mendapatkan buku bagus ini, karangan al-maghfurlah KH.Zahruddin Asahan.
Kpd siapa pun yg bisa memberikan buku fotocopy apalagi yg aseli, sy akan sangat berterima kasih.
Ongkos cetak+kirim buku akan saya ganti. In syaa Allaah

Ami Ade mengatakan...

Assw.wr.wb.
Semoga bpk diberi kesehatan dan kebahagiaan.
Bila tidak keberatan, sudilah kiranya mengirimkan buku ini dlm keadaan lengkap.
Saya akan sangat berterima kasih bila bisa mendapatkan buku bagus ini. In syaa Allaah akan saya ganti harga buku aseli/fotocopy + ongkir.

Sebelumnya sy ucapkan jazaakumullaah

Unknown mengatakan...

Semoga saya bisa mendapatkan buku bagus ini, karangan al-maghfurlah KH.Zahruddin Asahan.
Kpd siapa pun yg bisa memberikan buku fotocopy apalagi yg asli,saya kan sangat berterima kasih.
Ongkos cetak+kirim buku akan saya ganti.ini no HP/WA 081347548877

Balas

Unknown mengatakan...

Bisa beli dimana kitab tersebut mohon iformasinya akhi...syukron

Arwani Amin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Bisa dapat dimana kitab nurul jalal atau ftc nya mohon inonya ustadz terimakasih

R mengatakan...

Di Tokopedia Da....

R mengatakan...

https://tokopedia.link/ZxiQqW5qApb