Senin, 15 Mei 2017

Al-Fatihah Untuk Kesembuhan Penyakit

Al-Fatihah Untuk Kesembuhan Penyakit

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين


اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا

صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق

وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق

الى صراطك القويم المستقيم *** والأل مقدر قدره العظيم


Syekh Ibrahim Bin Muhammad Bin Ahmad al-Bajuriy al-Azhariy as-Syafiiy al-Mishriy (wafat 1277 Hijriyah) rahimahullah seorang guru besar Universitas al-Azhar, Kairo menyebutkan dalam kitab Hasyiyah Ibn Qasim jilid satu halaman 222: Bahwa (Fatihatul kitab) surat al-Fatihah memiliki 30 nama lain di antaranya: al-Fatihah (pembuka), as-Syafiyah (penyembuh), al-Kafiyah (yang mencukupi) dan nama-nama agung lainnya. Semua nama-nama itu menjadi indikasi betapa mulianya surat al-Fatihah. Penamaan surat al-Fatihah bersifat Tauqifiy (wahyu) bukan ijtihad para sahabat dan generasi setelah mereka.

Hajjaj Bin Yusuf as-Staqafi yang menetapkan nama al-Fatihah pada mushaf al-Qur’an. Kebiasaan orang apabila kumpul ataupun berpisah dari satu majlis bukan termasuk perbuatan Sunnah. Lantaran yang disunnahkan di satu majlis adalah membaca surat al-Ashr (Wal Ashri) karena ada korelasi wasiat sabar, kebaikan dan lain-lain.

Pendapat Syekh Ibrahim al-Bajuriy di atas bukan berarti melarang membaca surat al-Fatihah ketika berkumpul di satu majlis, lantaran al-Fatihah juga memiliki keutamaan besar untuk menjadi wasilah qabul hajat.

Syekh Ibrahim al-Bajuriy mengatakan: Diantara keutamaan surat al-Fatihah yang telah teruji coba adalah:

ما قرأت فاتحة الكتاب على وجع أربعين مرة الا ذهب

Artinya: tidaklah surat al-fatihah dibaca 40 kali atas satu penyakit melainkan penyakit itu akan sembuh.

Adapun sanad Muttashil kepada Syekh Ibrahim Bin Muhammad al-Bajuriy rahimahullah sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن العلامة السيد أحمد بن أبي بكر الحبشي عن الحافظ السيد محمد عبد الحي الكتاني عن الشهاب أحمد الرفاعي المصري عن شيخ الأزهر ابراهيم الباجوري رحمه الله .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 100.



بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6)
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7) 

أمين


Nama al-Bajuri merupakan nama yang tak asing lagi di kalangan para pelajar Mazhab Syafii. Hal ini karena salah satu kitab fiqih yang menjadi kurikulum menengah adalah Hasyiah al-Bajuri syarah dari Matan Ghayah wa Taqrib. Di Dayah Salafiyah di Aceh khususnya, kitab ini biasanya di pelajari di pada kelas 2. Bagaimana lengkapnya profil Syeikh Ibrahim al-Bajuri ini. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.

Nama beliau adalah Burhanuddin Ibrahim al-Bajuri bin Syeikh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. Beliau di lahirkan di desa Bajur dari propinsi al-Munufiya Mesir tepat pada tahun 1198 H/1783 M. Sejak kecil beliau telah hidup dalam kalangan orang shaleh karena orang tua beliau juga merupakan seorang ulama yang alim dan shaleh. 

Tahun 1212 H beliau berangkat ke al-Azhar untuk mengambil ilmu dari para syeikh-syeikh di Universitas tertua tersebut. Pada tahun 1213 H/1798 M Perancis telah menduduki Mesir sehingga membuat beliau keluar dari al-Azhar dan tinggal di Jizah selama beberapa tahun, dan akhirnya kembali lagi ke al-Azhar pada tahun 1216 H ( 1801 M ) setelah Perancis keluar dari Mesir.

Diantara guru-guru beliau di al-Azhar adalah :

  1. al-Allamah Syeikh Muhammad al-Amir al-Kabir al-Maliki, beliau seorang ulama terkenal di mesir, seluruh ulama mesir ketika itu mengambil ijazah dan sanad kepada beliau, dari beliau, Syeikh al-Bajuri mendapat ijazah seluruh yang ada dalam kitab tsabat beliau.
  2. al-Allamah Abdullah asy-Syarqawi, beliau merupakan ulama yang alim dan terkenal di Mesir dan di dunia islam, karangannya yang banyak membuat nama beliau meroket di seantero dunia, terlebih lagi beliau mendapat jabatan memimpin al-Azhar dan menjadi Syeikhul Azhar (kedudukan yang tertinggi di al-Azhar ). Di antara karangan beliau yang terkenal dan di pakai di Pesantren adalah Hasyiah Syarqawi `ala Tahrir, Hasyiah Syarqawi `ala Hudhudi dan Hasyiah `ala Hikam.
  3. Syeikh Daud al-Qal`i, beliau merupakan ulama yang bijak dan arif.
  4. Syeikh Muhammad al-Fadhali, beliau seorang ulama al-Azhar yang alim dan sangat mempengaruhi jiwa Syeiikh Ibrahim al-Bajuri.
  5. Syeikh al-Hasan al-Quwisni, beliau adalah seorang ulama yang hebat sehingga di beri tugas untuk menduduki kursi kepemimpinan al-Azhar dan dilantik menjadi Syeikhul azhar pada masanya.Beliau memiliki semangat yang besar dalam belajar dan mengajar. Beliau menghabiskan waktu dari pagi hari hingga waktu isya malam hanya bersama pelajar mengajar mereka dan menulis kitab. Setelah itupun beliau masih menyempatkan untuk membaca al-quran dengan suara beliau yang merdu sehingga banyak orang yang datang untuk mendengarkannya.

Karangan Imam Ibrahim Al-Bajuri

Dalam masa yang begitu muda beliau telah mampu menghasilkan beberapa buah karya yang begitu bernilai, hal ini tentu saja disebabkan kepintaran dan keberkatan ilmu beliau, diantara kitab - kitab yang beliau karang adalah :

  1. Hasyiyah Ala Risalah Syeikh al-Fadhali, merupakan ulasan dan penjelasan makna " La Ilaha Illa Allah ", kitab ini merupakan kitab yang pertama sekali beliau karang, ketika itu umur beliau sekitar dua puluh empat tahun.
  2. Hasyiyah Tahqiqi al-Maqam `Ala Risalati Kifayati al-`Awam Fima Yajibu Fi Ilmi al-Kalam, kitab ini selesai pada tahun 1223 H.
  3. Fathu al-Qaril al-Majid Syarh Bidayatu al-Murid, selesai di karang pada tahun 1224 H.
  4. Hasyiyah Ala Maulid Musthafa Libni Hajar, selesai pada tahun 1225 H.
  5. Hasyiyah `Ala Mukhtasor as-Sanusi (ummul Barahain) , selesai pada taun 1225 H.
  6. Hasyiyah `Ala Matni as-Sanusiyah fil mantiq, selesai pada tahun1227 H.
  7. Hasyiah `ala Matn Sulama fil mantiq
  8. Hasyiah `ala Syarh Sa`ad lil aqaid an-Nasafiyah
  9. Tuhfatu al-Murid `Ala Syarhi Jauharatu at-Tauhid Li al-Laqqani, selesai pada tahun 1234 H.
  10.  Tuhfatu al-Khairiyah `Ala al-Fawaidu asy-Syansyuriyah Syarah al-Manzhumati ar-Rahabiyyah Fi al-Mawarits, selesai pada tahun 1236 H.
  11. ad-Duraru al-Hisan `Ala Fathi ar-Rahman Fima Yahshilu Bihi al-Islam Wa al-Iman, selesai pada tahun 1238 H.
  12. Hasyiyah `Ala Syarhi Ibni al-Qasim al-Ghazzi `Ala Matni asy-Syuja`i, selesai di tulis pada tahun 1258 hijriyah, kitab ini merupakan kitab yang di pelajari di al-Azhar Syarif dan seluruh pesantren di Nusantara sampai sekarang. Kitab ini beliau tulis di Makkah tepat di hadapan Ka`bah dan sebagiannya di Madinah tepat di samping mimbar Rasulullah dalam masjid Nabawi.
  13. Fathul Qarib Majid `ala Syarh Bidayah Murid fi ilmi Tauhid, selesai beliau karang tahun 1222 H
  14. Manh al-Fattah `ala Dhau’ al-Mishabah fin Nikah
  15. Hasyiah `ala Manhaj, tidak sempat beliau sempurnakan
  16. Hasyiah `ala Mawahib Laduniyah `ala Syamail Muhammadiyah Imam Turmuzi
  17. Tuhfatul Basyar, ta`liqat `ala Maulid Ibnu Hajar al-Haitami
  18. Ta`liqat `ala tafsir al-Kisyaf
  19. Hasyiah `ala Qashidah Burdah
  20. Hasyiah `ala Qashidah Banat Sa`ad bagi Ka`ab bin Zuhair
  21. Hasyiah `ala Matn Samarqandiyah fi ilmi Bayan
  22. Fathul Khabir Lathif fi ilmi Tashrif
  23. Durar Hisan `ala fath Rahman fima Yahshulu bihi Islam wal Iman
  24. Hasyiah `ala maulid ad-dardir
  25. Risalah fi ilmi Tauhid yang kemudian di syarah oleh ulama Nusantara, Syeikh nawawi al-bantani dengan nama kitab beliau Tijan ad-dadari.
  26. Hasyiah `ala Qashidah Burdah lil Bushiry
  27. Dan lain-lain


Menjadi Grand Syeikh Al-Azhar

Setelah Imam al-Bajuri mendapatkan ilmu yang banyak dari para gurunya pada akhirnya beliau diangkat menjadi seorang tenaga pendidik di al-Azhar asy-Syarif, dengan tekun dan keikhlasan beliau memulai kehidupannya dengan mengajar dan belajar, hingga pada akhirnya beliau mendapat posisi yang tinggi di al-Azhar, pada tahun 1263 H/1847 M beliau diangkat menjadi Syeikhul al-Azhar ke Sembilan belas menggantikan Syaikh Ahmad al-Shafti yang telah meninggal. Pada saat itu pemimpin Mesir Abbas I beberapa kali mengikuti pengajian beliau di al-Azhar dan mencium tangan beliau.

Di zaman pemerintahan Said Pasha, Syaikh Ibrahim al-Bajuri jatuh sakit. Beliau kerepotan mengurus al-Azhar. Kemudian beliau mewakilkan urusan administrasi al-Azhar kepada empat orang, yaitu Syaikh Ahmad al-adawi, Syaikh Ismail al-halabi, Syaikh Khalifah al-Fasyni dan Syaikh Musthafa al-Shawi. Empat orang syaikh tersebut kemudian mengangkat seorang ketua yaitu Syaikh Musthafa al-Arusi. Al-Azhar tidak mengangkat Syeikh Al-azhar lain sehingga beliau wafat.

Setelah menebarkan ilmunya kepada generasi selanjutnya, akhirnya Imam Ibrahim al-Bajuri menghembuskan nafas terakhirnya meninggalkan dunia yang fana menghadap Allah s.w.t. dengan tenang dan ridha. beliau meninggal duani pada hari kamis tanggal 28 dzulqa`idah tahun 1276 H bertepatan pada 19 juli 1860 M, beribu pelayat hadir untuk menyalatkan Imam besar Ibrahim al-Bajuri, beliau di shalatkan di Masjid al-Azhar asy-Syarif dan di kuburkan di kawasan Qurafah al-Kubra masyhur dengan sebutan al-Mujawarin.

Pemegang teguh Aqidah Asya`irah

Pada masa hidupnya Syeikh Bajuri mazhab `Asy`ari berkembang begitu pesat, tidak berbeda dengan masa masa pemerintahan Mamalik yang menebarkan manhaj `Asy`ariyyah, begitu juga pada masa al-Ayyubiyyah dari masa pemerintahan Salahuddin al-Ayyubi sampai hilangnya al-Ayyubiyyah dan bertukar menjadi pemerintahan Mamalik.

Mazhab `Asya`irah merupakan mazhab ahlussunnah yang berkembang dari negeri barat didaerah Maroko sampai negeri Indonesia, pada masa Ibrahim al-Bajuri sudah mulai terdengar dan hidup mazhab yang berbeda dari mazhab ahlussunnah Wal Jama`ah, yaitu mazhab Wahabi di bahagian timur negeri Hijaz, ketika itu mereka belum dapat menguasai semenanjung Arab, aqidah mereka sangat bertentangan dengan mazhab Ahlusunnah Wal Jama`ah ang di bawa oleh ulama-ulama terdahulu, mereka berpendapat ulama-ulama Ahlussunnah yang bermanhaj `Asya`irah adalah sesat lagi menyesatkan dan mesti dibasmi habis, tetapi wazhab wahabi ketika itu belum bisa berkembang di sebabkan adanya kekhalifahan Utsmaniyah yang menjaga mazhab ahlussunnah Wal Jama`ah al-`Asya`irah.

Diantara hasil tulisan Imam al-Bajuri yang membicarakan tentang tauhid didalam minhaj al-`Asy`ariyah adalah:

  1. Hasyiyah Kifayatu al-`Awam yang di beri nama Tahqiqul al-Maqam, kitab Kifayatu al-`Awam merupakan karangan guru Imam al-Bajuri yaitu Syeikh Muhammad al-Fadhali, kitab ini di pelajari oleh pelajar-pelajar al-Azhar dan di pondok-pondok pesantren dan dayah-dayah di Nusantara. Kitab ini menjelaskan sifat dua puluh yang wajib bagi Allah, dua puluh sifat yang mustahil bagi Allah, dan satu sifat yang boleh bagi Allah, kemudian di terangkan sifat-sifat yang wajib, mustahil dan boleh bagi para Rasul-Rasul Allah, kitab ini sangat bagus sekali di pelajari bagi pelajar ilmu tauhid tingkat pemula.
  2. al-Fathu al-Qarib Majid Syarah Bidayat al-Murid, kitab ini adalah karangan al-Imam as-Siba`i, didalamnya memuat tauhid aqidah al-`Asya`irah, Imam Ibrahim mencoba mensyarah dan menjelaskan isi kitab ini agar mudah di fahami oleh para pelajar.
  3. Hasyiyah `Ala Matni as-Sanusiyah, kitab Matan as-Sanusiyah di karang oleh Imam Sanusi, seorang ulama mazhab Maliki yang teguh berpegang kepada mazhab Asy`ari dalam aqidah. Beliau mengarang tiga kita tauhid yang terkenal : shughra yang di kenal dengan nama ummul Barahain, wushta (kemudian beliau syarah sendiri) dan kubra. Matan Sanusi yang di syarah oleh Imam Ibrahim al-Bajuri adalah Shughra yang juga banyak di syarah oleh ulama lain, seperti al-Hudhudi (kemudian di beri hasyiah oleh Syeikh Abdullah Syarqawi dan menjadi kitab pelajaran aqidah di Dayah di Aceh setelah mengkhatamkan kitab Syeikh al-Bajuri, Hasyiah Kifayatul Awam). Kitab Matn as-Sanusi ini menjadi bahan pelajaran kelas pemula di berbagai lembaga pendidikan Ahlussunnah Wal Jama`ah, baik di negeri arab maupun di Indonesia, Malaysia dan Tailand.
  4. Tuhfatu al-Murid `Ala Syarah Jauharatu at-Tauhid, kitab ini merupakan Syarah dari matan manzhumah Jauharatu at-Tauhid yang sangat terkenal di kalangan para penuntut ilmu agama, hasil karya Syeikh Ibrahim al-Laqqani, beliau merupakan seorang ahli didalam ilmu hadis dan tauhid, kitab ini memuat sebanyak 144 bait sya`ir, banyak dikalangan ulama yang telah mensyarahkan kitab ini diantaranya Imam al-Bajuri.

Imam al-Bajuri mencoba menumpukan segala kemampuannya dan keahliannya untuk mensyarahkan kitab ini, dengan cara mengulas dan memutuskan mana yang tepat dan rajih dikalangan ulama Ahlussunnah, beliau juga mengisinya dengan dalil naqal dan akal, kemudian beliau juga menyebutkan perbedaan pendapat diantara `Asya`irah dan Maturidiyyah didalam sebahagian permasalahan.

Dari keempat kitab Imam Ibrahim al-Bajuri didalam ilmu tauhid dapat kita simpulkan bahwa beliau seorang ulama `Asya`irah yang kuat dan memiliki peranan dalam mengembangkan mazhab `Asyairah, keahlian beliau bukan saja didalam tauhid bahkan didalam segala disiplin ilmu agama seperti Fiqih, Tafsir, Hadis, Bayan, Mantiq, Fara`idh dan lain-lainnya.

Disebutkan dalam manaqibnya, Syeikh Ibrahim Al-Bajuri adalah seorang ulama yang amat mencintai dzurriyah Rasul shallallahu alaihi wa sallam. Ia rajin mengunjungi dan berziarah kepada para ahli bait, baik yang masih hidup mau­pun yang sudah wafat. Salah satu bukti kecintaannya itu bisa kita lihat pada ba­gian akhir dari salah satu karyanya, Ha­syiyah ‘Ala Syarh Ibn Qasim. Al-Bajuri menampakkan kecintaannya dan semangatnya bertabarruk dengan ahlul bayt Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ulama salaf shalih, khususnya Sayyid Ahmad Al-Badawi. 

Dalam kitab karyanya tersebut, secara khusus ia menyarankan kepada siapa pun yang mengkhatamkan kitab tersebut itu untuk membacakan hadiah Fatihah bagi Sayyid Ahmad Al-Badawi karena beliau mengkhatamkan penulisan kitab tersebut tepatnya pada hari haul maulid Sayyidi Ahmad al-Badawiy Radhiyallahu anhu.


Rujukan Biografi Syekh Ibrahim al-Bajuriy;
http://lbm.mudimesra.com/2014/02/syeikh-ibrahim-al-bajuri.html



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

instagram.com/Zulqornain_Muafiy

@rizkialbatawi

Alamat Yayasan al-Muafah: Jalan Tipar Cakung Rt 05 Rw 08 No; 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



50 komentar:

Unknown mengatakan...

qabiltu ustadzi..jazakallahu khair

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Sebelum di BOYCOT...


QOBILTU ....GURUU..

Abdul azis mengatakan...

Subhanallah

Abdul azis mengatakan...

Subhanallah

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Barokah barokah

Unknown mengatakan...

Boleh buka praktek haj

Unknown mengatakan...

Soalnya rombongan dia bikin rusuh terus

Unknown mengatakan...

Tinggal diamalin

Unknown mengatakan...

Walhamdulillah

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijaazatuka ya syaikhi.
Maaf ustadz.mohon penjelasannya ttg cara mengamalkalkannya itu apakah ditiup diaer atau dibace aje ustadz.syukron ustadz

Unknown mengatakan...

Iya.. bisa pake mediasi aer di botol tau pake tlapak tangan lalu diusap2 badannya

Unknown mengatakan...

Qobiltu ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltuuu baginda,, modal buat obat penyakit, semoga berkah qobil amin

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah.. Qobiltu baginda

dede akhadiyat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

MasyaAllah..
Semoga tambah berkah kyai.. 😊👌
InsyaAllah..
Aamiin.

irlan-maulana mengatakan...

Qobitu pa kiayi.. Terima kasih atas segala ilmunya...

Unknown mengatakan...

alhamdulillah ilmu nya guru

Lukman Hakim mengatakan...

Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai

Lukman Hakim mengatakan...

Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai

Abdul Kodir mengatakan...

Panjaaang dan jelasinnya baginda...



Qobiltu...
Gentaaaaqqq....

Unknown mengatakan...

Qobiltu ya Tuan Guru, Alhamdulillah semoga menambah sanad ke ilmuan. Amiin

Unknown mengatakan...

Qabiltu, yaa Syaikhii...

Unknown mengatakan...

mohon ijazah al fatihah nya guru

Unknown mengatakan...

Jazakallah khoir guru ilmunya

Unknown mengatakan...

Qabiltu yaa syeikh terima kasih atas ijazah nya syeikh mudah2 an syeikh di sehat kan allah swt lagi niat hajat pian sekelurga qabul qabul qabul

Mohammad mengatakan...

Qobiltu

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Subhanalloh qobiltu baginda...

Unknown mengatakan...

Aaamiiin

Adi Putra mengatakan...

Qobiltu Kyai

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

ijin mengamalkan kyai...qobiltu (ian - Lombok)

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu yaa Syekh

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu kyai..mohon ijazah beserta sanadnya

ACHMAD ANSORI mengatakan...

Alhamdulillah, Qobiltu baginda,izin praktekkan

Fauzy mengatakan...

قبلت يا استذي

Sulay mengatakan...

Qobiltu guru

slamet riyadi mengatakan...

makasih ilmunya ya kyai, pengen karangan kitab Syek ibrahim al Bajuri kyai, gimana caranya, kitab hasyiyah al kifayatu al awam dan al fathu al qorib bidayat..

Unknown mengatakan...

Mohon izin / ijazah untuk mengamalkan pembacaan 40 surat Alfatihah...untuk kesembuhan penyakit kyai...

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Mohamad rashdan mengatakan...

Assalam..Qobiltu Tuan Guru

Abdulloh mengatakan...

Qobiltu

Abdulloh mengatakan...

Qobiltu

rashdan hazemi mengatakan...

qobiltu pak ustaz

Anonim mengatakan...

Qobiltu pak haji

Anonim mengatakan...

qobiltu ustadz

Anonim mengatakan...

qobiltu ustadz