Al-Fatihah
Untuk Kesembuhan Penyakit
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله رب العالمين
اللهم
نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا
صل على
الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق
وناصر
الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق
الى
صراطك القويم المستقيم *** والأل مقدر قدره العظيم
Syekh Ibrahim Bin Muhammad Bin Ahmad
al-Bajuriy al-Azhariy as-Syafiiy al-Mishriy (wafat 1277 Hijriyah) rahimahullah seorang
guru besar Universitas al-Azhar, Kairo menyebutkan dalam kitab Hasyiyah Ibn
Qasim jilid satu halaman 222: Bahwa (Fatihatul kitab) surat al-Fatihah memiliki 30 nama lain di
antaranya: al-Fatihah (pembuka), as-Syafiyah (penyembuh), al-Kafiyah (yang mencukupi)
dan nama-nama agung lainnya. Semua nama-nama itu menjadi indikasi betapa mulianya
surat al-Fatihah. Penamaan surat al-Fatihah bersifat Tauqifiy (wahyu) bukan ijtihad
para sahabat dan generasi setelah mereka.
Hajjaj Bin Yusuf as-Staqafi yang
menetapkan nama al-Fatihah pada mushaf al-Qur’an. Kebiasaan orang apabila
kumpul ataupun berpisah dari satu majlis bukan termasuk perbuatan Sunnah. Lantaran
yang disunnahkan di satu majlis adalah membaca surat al-Ashr (Wal Ashri) karena
ada korelasi wasiat sabar, kebaikan dan lain-lain.
Pendapat Syekh Ibrahim al-Bajuriy
di atas bukan berarti melarang membaca surat al-Fatihah ketika berkumpul di
satu majlis, lantaran al-Fatihah juga memiliki keutamaan besar untuk menjadi
wasilah qabul hajat.
Syekh Ibrahim al-Bajuriy
mengatakan: Diantara keutamaan surat al-Fatihah yang telah teruji coba adalah:
ما قرأت فاتحة الكتاب على وجع
أربعين مرة الا ذهب
Artinya: tidaklah surat
al-fatihah dibaca 40 kali atas satu penyakit melainkan penyakit itu akan
sembuh.
Adapun sanad Muttashil kepada
Syekh Ibrahim Bin Muhammad al-Bajuriy rahimahullah sebagai berikut:
الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن العلامة السيد أحمد بن أبي بكر الحبشي عن الحافظ السيد محمد عبد الحي الكتاني عن الشهاب أحمد الرفاعي المصري عن شيخ الأزهر ابراهيم الباجوري رحمه الله .
Dikutip ulang dari kitab
ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 100.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ (1) الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
(3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (5)
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (6)
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7)
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7)
أمين
Nama al-Bajuri merupakan nama
yang tak asing lagi di kalangan para pelajar Mazhab Syafii. Hal ini karena
salah satu kitab fiqih yang menjadi kurikulum menengah adalah Hasyiah al-Bajuri
syarah dari Matan Ghayah wa Taqrib. Di Dayah Salafiyah di Aceh khususnya, kitab
ini biasanya di pelajari di pada kelas 2. Bagaimana lengkapnya profil Syeikh
Ibrahim al-Bajuri ini. Untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.
Nama beliau adalah Burhanuddin
Ibrahim al-Bajuri bin Syeikh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. Beliau di lahirkan
di desa Bajur dari propinsi al-Munufiya Mesir tepat pada tahun 1198 H/1783 M.
Sejak kecil beliau telah hidup dalam kalangan orang shaleh karena orang tua
beliau juga merupakan seorang ulama yang alim dan shaleh.
Tahun 1212 H beliau berangkat
ke al-Azhar untuk mengambil ilmu dari para syeikh-syeikh di Universitas tertua
tersebut. Pada tahun 1213 H/1798 M Perancis telah menduduki Mesir sehingga
membuat beliau keluar dari al-Azhar dan tinggal di Jizah selama beberapa tahun,
dan akhirnya kembali lagi ke al-Azhar pada tahun 1216 H ( 1801 M ) setelah
Perancis keluar dari Mesir.
Diantara guru-guru beliau di al-Azhar adalah :
Diantara guru-guru beliau di al-Azhar adalah :
- al-Allamah Syeikh Muhammad al-Amir
al-Kabir al-Maliki, beliau seorang ulama terkenal di mesir, seluruh ulama
mesir ketika itu mengambil ijazah dan sanad kepada beliau, dari beliau,
Syeikh al-Bajuri mendapat ijazah seluruh yang ada dalam kitab tsabat
beliau.
- al-Allamah Abdullah asy-Syarqawi,
beliau merupakan ulama yang alim dan terkenal di Mesir dan di dunia islam,
karangannya yang banyak membuat nama beliau meroket di seantero dunia,
terlebih lagi beliau mendapat jabatan memimpin al-Azhar dan menjadi
Syeikhul Azhar (kedudukan yang tertinggi di al-Azhar ). Di antara karangan
beliau yang terkenal dan di pakai di Pesantren adalah Hasyiah Syarqawi
`ala Tahrir, Hasyiah Syarqawi `ala Hudhudi dan Hasyiah `ala Hikam.
- Syeikh Daud al-Qal`i, beliau
merupakan ulama yang bijak dan arif.
- Syeikh Muhammad al-Fadhali,
beliau seorang ulama al-Azhar yang alim dan sangat mempengaruhi jiwa
Syeiikh Ibrahim al-Bajuri.
- Syeikh al-Hasan al-Quwisni,
beliau adalah seorang ulama yang hebat sehingga di beri tugas untuk
menduduki kursi kepemimpinan al-Azhar dan dilantik menjadi Syeikhul azhar
pada masanya.Beliau memiliki semangat yang besar dalam belajar dan
mengajar. Beliau menghabiskan waktu dari pagi hari hingga waktu isya malam
hanya bersama pelajar mengajar mereka dan menulis kitab. Setelah itupun
beliau masih menyempatkan untuk membaca al-quran dengan suara beliau yang
merdu sehingga banyak orang yang datang untuk mendengarkannya.
Karangan Imam
Ibrahim Al-Bajuri
Dalam masa yang begitu muda
beliau telah mampu menghasilkan beberapa buah karya yang begitu bernilai, hal
ini tentu saja disebabkan kepintaran dan keberkatan ilmu beliau, diantara kitab
- kitab yang beliau karang adalah :
- Hasyiyah Ala Risalah Syeikh
al-Fadhali, merupakan ulasan dan penjelasan makna " La Ilaha Illa
Allah ", kitab ini merupakan kitab yang pertama sekali beliau karang,
ketika itu umur beliau sekitar dua puluh empat tahun.
- Hasyiyah Tahqiqi al-Maqam `Ala
Risalati Kifayati al-`Awam Fima Yajibu Fi Ilmi al-Kalam, kitab ini selesai
pada tahun 1223 H.
- Fathu al-Qaril al-Majid Syarh
Bidayatu al-Murid, selesai di karang pada tahun 1224 H.
- Hasyiyah Ala Maulid Musthafa
Libni Hajar, selesai pada tahun 1225 H.
- Hasyiyah `Ala Mukhtasor
as-Sanusi (ummul Barahain) , selesai pada taun 1225 H.
- Hasyiyah `Ala Matni
as-Sanusiyah fil mantiq, selesai pada tahun1227 H.
- Hasyiah `ala Matn Sulama fil
mantiq
- Hasyiah `ala Syarh Sa`ad lil
aqaid an-Nasafiyah
- Tuhfatu al-Murid `Ala Syarhi
Jauharatu at-Tauhid Li al-Laqqani, selesai pada tahun 1234 H.
- Tuhfatu al-Khairiyah `Ala
al-Fawaidu asy-Syansyuriyah Syarah al-Manzhumati ar-Rahabiyyah Fi
al-Mawarits, selesai pada tahun 1236 H.
- ad-Duraru al-Hisan `Ala Fathi
ar-Rahman Fima Yahshilu Bihi al-Islam Wa al-Iman, selesai pada tahun 1238
H.
- Hasyiyah `Ala Syarhi Ibni
al-Qasim al-Ghazzi `Ala Matni asy-Syuja`i, selesai di tulis pada tahun 1258
hijriyah, kitab ini merupakan kitab yang di pelajari di al-Azhar Syarif
dan seluruh pesantren di Nusantara sampai sekarang. Kitab ini beliau tulis
di Makkah tepat di hadapan Ka`bah dan sebagiannya di Madinah tepat di
samping mimbar Rasulullah dalam masjid Nabawi.
- Fathul Qarib Majid `ala Syarh
Bidayah Murid fi ilmi Tauhid, selesai beliau karang tahun 1222 H
- Manh al-Fattah `ala Dhau’
al-Mishabah fin Nikah
- Hasyiah `ala Manhaj, tidak
sempat beliau sempurnakan
- Hasyiah `ala Mawahib Laduniyah
`ala Syamail Muhammadiyah Imam Turmuzi
- Tuhfatul Basyar, ta`liqat `ala
Maulid Ibnu Hajar al-Haitami
- Ta`liqat `ala tafsir al-Kisyaf
- Hasyiah `ala Qashidah Burdah
- Hasyiah `ala Qashidah Banat
Sa`ad bagi Ka`ab bin Zuhair
- Hasyiah `ala Matn Samarqandiyah
fi ilmi Bayan
- Fathul Khabir Lathif fi ilmi
Tashrif
- Durar Hisan `ala fath Rahman
fima Yahshulu bihi Islam wal Iman
- Hasyiah `ala maulid ad-dardir
- Risalah fi ilmi Tauhid yang
kemudian di syarah oleh ulama Nusantara, Syeikh nawawi al-bantani dengan
nama kitab beliau Tijan ad-dadari.
- Hasyiah `ala Qashidah Burdah
lil Bushiry
- Dan lain-lain
Menjadi Grand
Syeikh Al-Azhar
Setelah Imam al-Bajuri
mendapatkan ilmu yang banyak dari para gurunya pada akhirnya beliau diangkat
menjadi seorang tenaga pendidik di al-Azhar asy-Syarif, dengan tekun dan
keikhlasan beliau memulai kehidupannya dengan mengajar dan belajar, hingga pada
akhirnya beliau mendapat posisi yang tinggi di al-Azhar, pada tahun 1263 H/1847
M beliau diangkat menjadi Syeikhul al-Azhar ke Sembilan belas menggantikan
Syaikh Ahmad al-Shafti yang telah meninggal. Pada saat itu pemimpin Mesir Abbas
I beberapa kali mengikuti pengajian beliau di al-Azhar dan mencium tangan
beliau.
Di zaman pemerintahan Said
Pasha, Syaikh Ibrahim al-Bajuri jatuh sakit. Beliau kerepotan mengurus
al-Azhar. Kemudian beliau mewakilkan urusan administrasi al-Azhar kepada empat
orang, yaitu Syaikh Ahmad al-adawi, Syaikh Ismail al-halabi, Syaikh Khalifah
al-Fasyni dan Syaikh Musthafa al-Shawi. Empat orang syaikh tersebut kemudian
mengangkat seorang ketua yaitu Syaikh Musthafa al-Arusi. Al-Azhar tidak
mengangkat Syeikh Al-azhar lain sehingga beliau wafat.
Setelah menebarkan ilmunya
kepada generasi selanjutnya, akhirnya Imam Ibrahim al-Bajuri menghembuskan
nafas terakhirnya meninggalkan dunia yang fana menghadap Allah s.w.t. dengan
tenang dan ridha. beliau meninggal duani pada hari kamis tanggal 28 dzulqa`idah
tahun 1276 H bertepatan pada 19 juli 1860 M, beribu pelayat hadir untuk
menyalatkan Imam besar Ibrahim al-Bajuri, beliau di shalatkan di Masjid
al-Azhar asy-Syarif dan di kuburkan di kawasan Qurafah al-Kubra masyhur dengan
sebutan al-Mujawarin.
Pemegang teguh Aqidah Asya`irah
Pada masa hidupnya Syeikh
Bajuri mazhab `Asy`ari berkembang begitu pesat, tidak berbeda dengan masa masa
pemerintahan Mamalik yang menebarkan manhaj `Asy`ariyyah, begitu juga pada masa
al-Ayyubiyyah dari masa pemerintahan Salahuddin al-Ayyubi sampai hilangnya
al-Ayyubiyyah dan bertukar menjadi pemerintahan Mamalik.
Mazhab `Asya`irah merupakan
mazhab ahlussunnah yang berkembang dari negeri barat didaerah Maroko sampai
negeri Indonesia, pada masa Ibrahim al-Bajuri sudah mulai terdengar dan hidup
mazhab yang berbeda dari mazhab ahlussunnah Wal Jama`ah, yaitu mazhab Wahabi di
bahagian timur negeri Hijaz, ketika itu mereka belum dapat menguasai
semenanjung Arab, aqidah mereka sangat bertentangan dengan mazhab Ahlusunnah
Wal Jama`ah ang di bawa oleh ulama-ulama terdahulu, mereka berpendapat
ulama-ulama Ahlussunnah yang bermanhaj `Asya`irah adalah sesat lagi menyesatkan
dan mesti dibasmi habis, tetapi wazhab wahabi ketika itu belum bisa berkembang
di sebabkan adanya kekhalifahan Utsmaniyah yang menjaga mazhab ahlussunnah Wal
Jama`ah al-`Asya`irah.
Diantara hasil tulisan Imam
al-Bajuri yang membicarakan tentang tauhid didalam minhaj al-`Asy`ariyah
adalah:
- Hasyiyah Kifayatu al-`Awam yang
di beri nama Tahqiqul al-Maqam, kitab Kifayatu al-`Awam merupakan karangan
guru Imam al-Bajuri yaitu Syeikh Muhammad al-Fadhali, kitab ini di
pelajari oleh pelajar-pelajar al-Azhar dan di pondok-pondok pesantren dan
dayah-dayah di Nusantara. Kitab ini menjelaskan sifat dua puluh yang wajib
bagi Allah, dua puluh sifat yang mustahil bagi Allah, dan satu sifat yang
boleh bagi Allah, kemudian di terangkan sifat-sifat yang wajib, mustahil
dan boleh bagi para Rasul-Rasul Allah, kitab ini sangat bagus sekali di
pelajari bagi pelajar ilmu tauhid tingkat pemula.
- al-Fathu al-Qarib Majid Syarah
Bidayat al-Murid, kitab ini adalah karangan al-Imam as-Siba`i, didalamnya
memuat tauhid aqidah al-`Asya`irah, Imam Ibrahim mencoba mensyarah dan
menjelaskan isi kitab ini agar mudah di fahami oleh para pelajar.
- Hasyiyah `Ala Matni as-Sanusiyah, kitab Matan as-Sanusiyah di karang oleh Imam Sanusi, seorang ulama mazhab Maliki yang teguh berpegang kepada mazhab Asy`ari dalam aqidah. Beliau mengarang tiga kita tauhid yang terkenal : shughra yang di kenal dengan nama ummul Barahain, wushta (kemudian beliau syarah sendiri) dan kubra. Matan Sanusi yang di syarah oleh Imam Ibrahim al-Bajuri adalah Shughra yang juga banyak di syarah oleh ulama lain, seperti al-Hudhudi (kemudian di beri hasyiah oleh Syeikh Abdullah Syarqawi dan menjadi kitab pelajaran aqidah di Dayah di Aceh setelah mengkhatamkan kitab Syeikh al-Bajuri, Hasyiah Kifayatul Awam). Kitab Matn as-Sanusi ini menjadi bahan pelajaran kelas pemula di berbagai lembaga pendidikan Ahlussunnah Wal Jama`ah, baik di negeri arab maupun di Indonesia, Malaysia dan Tailand.
- Tuhfatu al-Murid `Ala Syarah
Jauharatu at-Tauhid, kitab ini merupakan Syarah dari matan manzhumah
Jauharatu at-Tauhid yang sangat terkenal di kalangan para penuntut ilmu
agama, hasil karya Syeikh Ibrahim al-Laqqani, beliau merupakan seorang
ahli didalam ilmu hadis dan tauhid, kitab ini memuat sebanyak 144 bait
sya`ir, banyak dikalangan ulama yang telah mensyarahkan kitab ini
diantaranya Imam al-Bajuri.
Imam al-Bajuri mencoba menumpukan segala kemampuannya dan keahliannya untuk mensyarahkan kitab ini, dengan cara mengulas dan memutuskan mana yang tepat dan rajih dikalangan ulama Ahlussunnah, beliau juga mengisinya dengan dalil naqal dan akal, kemudian beliau juga menyebutkan perbedaan pendapat diantara `Asya`irah dan Maturidiyyah didalam sebahagian permasalahan.
Dari
keempat kitab Imam Ibrahim al-Bajuri didalam ilmu tauhid dapat kita simpulkan
bahwa beliau seorang ulama `Asya`irah yang kuat dan memiliki peranan dalam
mengembangkan mazhab `Asyairah, keahlian beliau bukan saja didalam tauhid
bahkan didalam segala disiplin ilmu agama seperti Fiqih, Tafsir, Hadis, Bayan,
Mantiq, Fara`idh dan lain-lainnya.
Disebutkan dalam manaqibnya, Syeikh Ibrahim Al-Bajuri adalah seorang ulama yang amat mencintai dzurriyah Rasul shallallahu alaihi wa sallam. Ia rajin mengunjungi dan berziarah kepada para ahli bait, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Salah satu bukti kecintaannya itu bisa kita lihat pada bagian akhir dari salah satu karyanya, Hasyiyah ‘Ala Syarh Ibn Qasim. Al-Bajuri menampakkan kecintaannya dan semangatnya bertabarruk dengan ahlul bayt Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ulama salaf shalih, khususnya Sayyid Ahmad Al-Badawi.
Disebutkan dalam manaqibnya, Syeikh Ibrahim Al-Bajuri adalah seorang ulama yang amat mencintai dzurriyah Rasul shallallahu alaihi wa sallam. Ia rajin mengunjungi dan berziarah kepada para ahli bait, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Salah satu bukti kecintaannya itu bisa kita lihat pada bagian akhir dari salah satu karyanya, Hasyiyah ‘Ala Syarh Ibn Qasim. Al-Bajuri menampakkan kecintaannya dan semangatnya bertabarruk dengan ahlul bayt Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan ulama salaf shalih, khususnya Sayyid Ahmad Al-Badawi.
Rujukan Biografi Syekh Ibrahim al-Bajuriy;
http://lbm.mudimesra.com/2014/02/syeikh-ibrahim-al-bajuri.html
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
instagram.com/Zulqornain_Muafiy
@rizkialbatawi
Alamat Yayasan al-Muafah: Jalan
Tipar Cakung Rt 05 Rw 08 No; 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910
50 komentar:
qabiltu ustadzi..jazakallahu khair
Qobiltu baginda
Qobiltu baginda
Sebelum di BOYCOT...
QOBILTU ....GURUU..
Subhanallah
Subhanallah
Qobiltu baginda
Barokah barokah
Boleh buka praktek haj
Soalnya rombongan dia bikin rusuh terus
Tinggal diamalin
Walhamdulillah
Qobiltu ijaazatuka ya syaikhi.
Maaf ustadz.mohon penjelasannya ttg cara mengamalkalkannya itu apakah ditiup diaer atau dibace aje ustadz.syukron ustadz
Iya.. bisa pake mediasi aer di botol tau pake tlapak tangan lalu diusap2 badannya
Qobiltu ustadz
Qobiltu ustadz
Qobiltuuu baginda,, modal buat obat penyakit, semoga berkah qobil amin
Alhamdulillah.. Qobiltu baginda
MasyaAllah..
Semoga tambah berkah kyai.. 😊👌
InsyaAllah..
Aamiin.
Qobitu pa kiayi.. Terima kasih atas segala ilmunya...
alhamdulillah ilmu nya guru
Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai
Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai
Panjaaang dan jelasinnya baginda...
Qobiltu...
Gentaaaaqqq....
Qobiltu ya Tuan Guru, Alhamdulillah semoga menambah sanad ke ilmuan. Amiin
Qabiltu, yaa Syaikhii...
mohon ijazah al fatihah nya guru
Jazakallah khoir guru ilmunya
Qabiltu yaa syeikh terima kasih atas ijazah nya syeikh mudah2 an syeikh di sehat kan allah swt lagi niat hajat pian sekelurga qabul qabul qabul
Qobiltu
Subhanalloh qobiltu baginda...
Aaamiiin
Qobiltu Kyai
ijin mengamalkan kyai...qobiltu (ian - Lombok)
Alhamdulillah qobiltu yaa Syekh
Qobiltu kyai..mohon ijazah beserta sanadnya
Alhamdulillah, Qobiltu baginda,izin praktekkan
قبلت يا استذي
Qobiltu guru
makasih ilmunya ya kyai, pengen karangan kitab Syek ibrahim al Bajuri kyai, gimana caranya, kitab hasyiyah al kifayatu al awam dan al fathu al qorib bidayat..
Mohon izin / ijazah untuk mengamalkan pembacaan 40 surat Alfatihah...untuk kesembuhan penyakit kyai...
Qobiltu
Assalam..Qobiltu Tuan Guru
Qobiltu
Qobiltu
qobiltu pak ustaz
Qobiltu pak haji
qobiltu ustadz
qobiltu ustadz
Posting Komentar