Rabu, 19 Oktober 2016

Shalawat Wal-Ashri

Shalawat Wal-Ashri

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Shalawat Wal Ashr

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِي أَنْزَلْتَ عَلَيْهِ سُورَةَ الْعَصْر*وَجَعَلْتَ زَمَانَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَيِّ عَصْر*وَأَيَّدْتَهُ بِالْفَتْحِ وَالنَّصْر* وَمِنْ نُورِهِ طَلَعَ الْفَجْر*وَمِنْ فَيْضِ جَمَالِهِ فَاحَ الْعِطْر*وَاسْتَنَارَ الزَّهْر*وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَيْهِ صَلاةً تُوَفِّيهِ بِهَا عَظِيمَ الْقَدْر*وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Ya Allah, berikan shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, yang telah Kau turunkan kepadanya surat al-Ashr, Kau telah jadikan umatnya paling utama sepanjang masa, Kau sokong beliau dengan kemenangan dan pertolongan, fajar terbit dari cahaya beliau, semerbak wangi dan bersinar bunga-bunga dari pesona limpahan keindahan beliau. Berikan shalawat dan salam atas beliau sebenar-benar shalawat yang pantas pada keagungan pangkat beliau begitu juga kepada para keluarga dan sahabat beliau.

Shalawat yang satu ini disebutkan dalam kitab al-Faidhus Saniy Fis Shalat Ala Sayyidinan Nabiy halaman; 9, karya seorang ulama dari Mesir bernama Syekh Farraj Mahmud Muhammad Ya'qub.

Shalawat tersebut dibaca setelah membaca surat Wal-Ashar (Demi Masa) Shalawat yang mengungkapkan pujian dan sanjungan buat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang sangat begitu indah yang diakhiri dengan fawashil huruf Ra.

Al-Hamdulillah, Pengarang Kitab al-Faidhus Saniy langsung mengijazahkannya kepada al-Faqir.

Kenangan yang sampai saat ini sangat berkesan adalah ketika al-faqir sekolah di Madrasah Umdatur Rasikhin, Kampung Baru Jakarta Timur, setiap selesai belajar dan ingin meninggalkan kelas,  para murid dibimbing guru yang mengajar untuk membaca surat al-Ashr:


بسم الله الرحمن الرحيم
وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)]

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.”. (Surah Al-Ashr 1-3)

Surat al-Ashr hanya 3 ayat pendek, tetapi memiliki kandungan yang sangat agung, yaitu menjelaskan prinsip kehidupan seorang muslim. Imam Syafi’i rahimahullahu mengatakan, “Seandainya Allah tidak menurunkan surat al-Qur’an kepada makhluk-Nya, kecuali hanya surat Al ‘Ashr, niscaya sudah mencukupi mereka”.

Dahulu al-Faqir berfikir, kenapa surat al-Ashr yang dibaca terus ketika itu? mungkin karena termasuk surat ayat dengan ayat pendek. Subhanallah, ternyata hal tersebut bukan sekedar bisa-bisanya guru tetapi ada keterangan dari hadits Rasulullah shallahu alaihi wasallam riwayat Imam Ath-Thabraniy rahimahullahu menyebutkan dalam kitabnya Mu’jam Al Ausath dari ‘Ubaidillah bin Hisn, ia berkata,

كَانَ الرَّجُلَانِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «إِذَا الْتَقَيَا لَمْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَقْرَأَ أَحَدُهُمَا عَلَى الْآخَرِ: {وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ}، ثُمَّ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمَا عَلَى الْآخَرِ»

“Dulu para shahabat Rasulullah jika bertemu, tidaklah mereka berpisah kecuali salah satu dari mereka membacakan surat Al ‘Ashr kepada yang lain, kemudian salah seorang mereka mengucapkan salam kepada yang lainnya”. 

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 78.


Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللهم نسألك أن تصليا *** على حبيبك إمام الأنبيا
صل على الفاتح ما قد أغلق *** محمد الخاتم ما قد سبق
وناصر الحق العلي بالحق *** سيدنا الهادي لكل الخلق
الى صراطك القويم المسنقيم *** والأل مقدر قدره العظيم

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910







3 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu guru

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah, alfatihah