Sabtu, 22 Oktober 2016

Mimpi Menemukan Emas

Mimpi Emas

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Ada anak muda sedang tidur di rumah kawannya dan ia bermimpi ada seseorang yang masuk kerumah kawannya itu sambil membawa konjen berisi emas dan melemparkan kepingan uang atau bonggolan emas.

Apa ta'wil mimpi tersebut? Seandainya memiliki takwil baik atau tidak apakah dampaknya buat yang bermimpi atau pemilik rumah di mana mimpi itu terjadi?

Jawaban;

Imam ibnu Sirin menyebutkan apabila seseorang melihat emas dalam bentuk potongan besar seperti emas batangan segede sabun citak atau lainnya dalam mimpinya itu berarti orang yang bermimpi bakal ketaikan kariernya (naek daun). Jika emas yang dia lihat ukurannya kecil seperti kepingan logam atau di bawahnya, maka orang itu akan punya kenalan orang-orang terkenal. Siapa saja yang bermimpi memakai kalung emas, artinya ia akan memikul amanah besar.

Melihat emas dalam mimpi bisa memiliki ta'wil yang bagus seperti mendapat bantuan pertolongan baik secara materi dan lainnya. Bila seseorang bermimpi melihat perak berubah menjadi emas, maka artinya akan ada perubahan yang sangat signifikan dalam ni'mat dan keberuntungan.

Bila emas yang ia lihat dalam tidurnya berupa mansuj (benang sulaman), mempunyai arti akan bertambah ni'mat dari sisi religi (keagamaan) artinya ia akan menjadi orang yang gemar beribadah. Sedangkan bila yang ia lihat berbentuk Mathliy (emas sepuhan), takwilnya adalah ia banyak melakukan kebaikan, ibadah dan amal sholeh tapi tujuannya adalah keduniaan (popularitas, mengharap pujian manusia atau semata-mata keuntungan materi).

DAMPAK NEGATIF MIMPI EMAS

Mimpi melihat emas baik menemukan atau diberikan emas juga bisa punya arti keburukan di antaranya; Bila ia mimpi emas bisa jadi ia sedang dirundung masalah ekonomi, seperti gaya hidup yang tak sesuai pemasukan (besar pasak dari tiang), punya istri pengeretan (seleranya tinggi). Siapa yang mimpi melihat serpihan emas, itu menandakan ia lagi galau (banyak pikiran) utama soal hutang. Siapa saja mimpi sedang melebur emas, ia bakal dapet mushibah. Siapa saja mimpi melihat rumahnya menjadi emas, rumahnya bakal kebakaran. Siapa yang mimpi tangannya berubah menjadi emas, ia akan kena lumpuh atau struke. Siapa yang mimpi matanya jadi emas, ia bakal kena gangguan penglihatan.

Bila ada seseorang tidur di rumah kawannya dan ia bermimpi ada orang yang datang membawa emas dan meletakannya di rumah tersebut memiliki arti bahwa orang yang bermimpi lagi banyak masalah urusan ekonomi dan gaya hidup, boleh jadi ia akan meminjam uang dan merongrong pemilik rumah tersebut.

Wallahu A'lam Bis Showab.


Dikutip ulang dari kitab Tafsirul Ahlam karya Imam Muhammad Bin Sirin dan kitab Ta'thirul Anam Fi Ta'biri Manam karya imam Abdul Ghaniy an-Nabulsiy.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


26 komentar:

Unknown mengatakan...

Subhanallah semoga kite mimpi bertemu rosulullah....

Unknown mengatakan...

Jika ada seseorang memimpikan kita diberi Emas oleh seorang Wali Alloh, itu bagaimana takwilnya?

Yayasan Almuafah mengatakan...

in sya Allah artinya baik..

Yayasan Almuafah mengatakan...

aamiin

Unknown mengatakan...

Kalau mimpi melihat anak kecil perempuan buang air kecil dan mengeluarkan butiran emas artinya apa yah

Unknown mengatakan...

Saya mimpi diberi perhiasan emas lengkap,kalung,anting,cincin 2 keculi gelang yg bukan emas.bukan hanya saya hmpir semua teman main tertntu dpt semua(kayak teman dlm kelas),trus saya pulang dgn hati sngat senang memberi semua perhiasan itu ke mama,,
Itu arti.y apa ya??
Semoga takwil.y bagus Aamiin

Unknown mengatakan...

Saya mimpi menemukan serpihan emas, diantaranya ada anting. Tp saya tidak sendirian, dengan saudara dan tmn saya... Bagaimana ya takwil nya?
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Saya mimpi menemukan serpihan emas, diantaranya ada anting. Tp saya tidak sendirian, dengan saudara dan tmn saya... Bagaimana ya takwil nya?
Terimakasih

ibnu sina mengatakan...

Saya tadi malam baru saja mimpi dapat mas batangan 2 batang. Semoga mimpi saya adalah pertanda baik yang diwahyukan ke saya... amiinnn

Unknown mengatakan...

saya bermimpi ketemu alm, bunda diberi kalung emas dan saya pakai,,, takwilnya apa ya ? saya gadis belum menikah

Yayasan Almuafah mengatakan...

jam berapa mimpinya?

Ririe amora mengatakan...

Assalamualaikum..saya ingin bertanya,semalam saya mimpi saya masuk kerumah seseorang dgn pemilik rumah,dia laki" setengah tua dgn jenggot lebat,di dalam rumah banyak binatang yg di dalam kurungan.tiba" saya ada di sebuah kebun.semua pohon dikebun itu tdk ada daun atau bunga tp perhiasan emas,lalu saya pakai baju jawa yg banyak perhiasan emasnya di baju tsb,itu diberikan oleh lelaki tsb.mohon penjelasan arti mimpi saya.terimakasih.wasalamualaikum..

Unknown mengatakan...

Mau nanya ustad :mimpi menemukan emas masih terkandung dalam batu kemudian membersihkannya sehingga tinggal emas lalu menjualnya dengan harga keseluruhan tujuh juta rupiah.bisa ditafsirkan ustad

langit akaash mengatakan...

kalau mimpi menjilat emas dalam galian tambang...sedang para penggali tidak meliat emas tersebut...bagaimna ustat...mohon pencrrahannya

langit akaash mengatakan...

kalau mimpi menjilat emas dalam galian tambang...sedang para penggali tidak meliat emas tersebut...bagaimna ustat...mohon pencrrahannya

Unknown mengatakan...

Mimpi mengambil emas di air gimana ust

Unknown mengatakan...

Mimpi mengambil emas di air gimana ust

Unknown mengatakan...

Saya bermimpi mendapatkan batu emas yg besar yg sangat banyak.masih dalam bentuk batu

Unknown mengatakan...

saya bermimpi menemukan cincin emas yg saya pake waktu kecil di dalam tanah dan menemukan perhiasan emas lainnya seperti anting dll artinya apa ya??

Julitantuhcixjha@gmail.com mengatakan...

Assalamu'alaikum ustadz smalem sya mimpi cincin emas yang saya sering pakai, tiba tiba di jari mantan pacar sya, terkejut lah saya, trus stlah itu sya pergi nyari biji emas di tempat pertambangan emas eh ada yang ngambil trus dapet lagi, eh malah pas di tekan lebur dia kaya butiran pasir... Mohon pencerahan nya ustadz... Sya bingung

Unknown mengatakan...

Saya mimpi sedang di kolam ikan dan mengambil ikan itu tp d bawah nya saya menemukan emas batangan artinya apa ya??smoga pertanda baik

Unknown mengatakan...

Saya mimpi nemuin mas ada kalung cincin dll..tp ditengah perjalanan saya lupa arah mw kmana.karena takut kenapa2 jd aku balikin lg smua mas yg aku ambil..tolong pencerahan'a. Smoga pertanda baik aamiin
Tolong kasih pencerahan'a

Herman jayadi mengatakan...

Saya bermimpi pilih butiran emas

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, saya mau tanya. Saya bermimpi di dlm mimpi saya sedang mengggali sumur sama bibik dan ternyata sumur itu bnyak kepingin mas, apakah mimpi itu bagus

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak ustad, mau tanya tadi malam saya bermimpi menemukan banyak cincin emas didalam mesjid, setiap cincin emas itu terbenam dikarpet hijau mesjid, lalu saya ambil satu persatu, dan kata muazin nya emas tsb tidak ada yg punya.. Saya disuruh simpan emas tsb.. Kira2 pertanda apa ya mimpi emas tersebut pak ustadz??

Double A mengatakan...

Assalammualaikum,,mau bertanya semalam saya mimpi di perjalanan menuju pulang ke rumah,di tengah perjalanan saya menemukan 3 kalung emas saya ambil,terus lagi ada lagi dan ada sampai saya lewatkan ga saya ambil dan lg ada dan ada saya ambil sampai banyak segembolan terus saya di sana bingung mau di taruh nta dimana mau pake apa bawanya,lalu saya minta tas gendong percis tas tk anak saya warna kuning itu saya masukin ke tas,saya bawa dan eh terbangun saya,mohon pencerahannya ya pak,artinya apa???