Selasa, 29 Maret 2016

Menguji Barang Asli Apa Palsu (Qadhi Ahmad Sukairij)

Menguji Barang Asli Apa Palsu
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Zaman sekarang apa-apa bisa dipalsukan. Sehingga sulit bagi kita untuk membedakan suatu barang asli apa palsu. Mulai dari barang elektronik sampai makanan dan minuman banyak yang kita temukan hasil oplosan. Duit banyak duit palsu, gigi merapag gigi palsu, hajar jahannam (obat kuat) palsu, ijazah palsu, air zamzam palsu, VCD bajakan juga bejibun sampai-sampai nabi dan al-Qur'an palsu juga ada (SAMBER GLEDEG). Tak heran bila beberapa waktu yang lalu al-Faqir pernah diminta untuk memberikan ceramah di satu daerah, ketika ingin pulang ke Jakarta, rupa-rupanya panitia telah menyiapkan hadiah buat al-Faqir berupa beberapa kaleng roti Khong Guan. Kemudian sampai di rumah al-Faqir membuka kaleng Khong Guan tersebut, SUBHALLAH….. ternyata isinya “Rengginang” semua. (Buju busut ane ketepu dua rakaat).

Al-Qadhi Ahmad Sukairij Radhiyallahu Anhu menyebutkan kaifiat untuk mengetahui barang palsu alias odong-odong. Siapa saja memiliki sesuatu yang ia ragukan keasliannya baik berupa uang, batu atau benda-benda lainnya, hendaknya pegang barang lalu bacakan surat an-Naml ayat: 93 sebagai berikut:


. وَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ سَيُرِيكُمْ آيَاتِهِ فَتَعْرِفُونَهَا ۚوَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ

artinya: Dan katakanlah: "Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan".

Dengan barakahnya diyakini setelah membaca ayat tersebut satu kali, maka anda akan segera mengetahui barang tersebut asli atau palsu.

Jika anda ingin mengetahui Tasbeh Yusr asli atau palsu juga bisa dilakukan dengan cara seperti di atas. Tasbeh Yusr asli itu punya tanda khusus, jika selama satu tahun tidak pernah dipakai, maka biji tasbeh tersebut kulitnya bakal ada yang terkelupas seolah-olah ganti kulit. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Tasbeh Yuser jika tidak digunakan berdzikir, maka biji-biji Tasbeh Yuser itu akan ada yang dimakan oleh Jin.

Sekedar pengalaman, sekitar 3 tahun lalu, Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy memberikan hadiah tasbeh Yusr dan tasbeh gading gajah kepada istri al-Faqir. yang lebih disukai oleh istri al-Faqir adalah tasbeh gading gajah mengingat ukuran bijinya agak kecil sedangkan tasbeh Yusernya ukuran bijinya sebesar gundu (kelereng). sehingga istri al-faqir tidak pernah menggunakan tasbeh Yusernya sekitar setahun lebih. tiba-tiba beberapa biji yuser itu ada yang terkelupas bagian kulitnya.

Insya Allah pada bulan April 2016, Sayyid Abdul Karim al-Idrisiy al-Hasaniy akan bertandang kembali mengunjungi para ikhwan Tijani di Indonesia, siapa saja yang ingin mengetahui tasbeh yuser miliknya asli apa palsu, silahkan ditanyakan langsung kepada beliau. Dan tahun 2014 saat kedatangan beliau ke Jakarta, banyak ikhwan yang bertanya langsung Yuser yang mereka miliki, kemudian Sayyid Abdul Karim al-Idrisiy al-Hasaniy mengatakan bahwa yuser yang mereka miliki adalah yuser palsu. (ingat!!! Bukan al-Faqir yang bilang palsu).

Tahaddust Bi Ni'matillah bahwa al-Faqir adalah orang yang pertama kali menulis tulisan tentang tasbeh Yusr dalam persi bahasa indonesia. al-Faqir menterjemahkannya dari berbagai sumber utamanya dari Maktabah Qadhi Imam Ahmad Sukairij dan beberapa sumber yang al-Faqir miliki di tambah lagi informasi dari Sayyid Abdul Karim al-Idrisiy al-Hasaniy yang pertama kali al-Faqir dengar saat kami menginap di rumah putra Sayyid Abdurrahman al-Mustaghfir ulama besar di kota Aghadir Maroko tahun 2012. Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-idrisiy al-Hasaniy memberikan kitab yang membahas tentang tasbeh Yuser berjudul " As-Subhatu Wa Masyru'iyyatuha" karya ulama besar thariqah tijaniyah dari Sudan.

Hati-hati Banyak pedagang Yuser palsu, sudah hargamya lumayan mahal palsu pula.

Walaupun tekhnologi sudah secanggih apapun, tetap saja yang namanya barang palsu alias bajakan bisa keendus empel-empel alus-alus. Allah Taala berfirman:

وَاللَّهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ ﴿البقرة:٢٢۰

Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."


Dikutip dari kitab ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abdu Rabbih Abu Munyah as-Syakunjiy jilid 2 halaman 98.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi




 ********* ******** ********


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا




14 komentar:

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

ijin mengamalkannya kyai..qobiltu (Ian 'Abdurrohman Lombok )

Wisnu mengatakan...

Qobiltu Baginda

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

📖 *YAYASAN AL MU’AFAH*
*Pimpinan*
👤Ust. Rizqi Dzulqornain Al-batawi
.
📌*Follow Kite* :
👉 *Instagram* :
✅ @rizkialbatawi
☑ @yayasan_almuafah
👉 *Facebook* : Rizki Zulqornain Albatawi
👉 *Youtube* : yayasan al-muafah
✅ *Blog* : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/

.
📍 *YAYASAN AL-MU’AFAH* :
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5
Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910.
🌏 *GOOGLE MAP* 🌏
https://goo.gl/maps/pTRAzRes3k1HmYq67
.
.

Alim Musthafa mengatakan...

Qabiltu ustad

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحن الرحيم
قبلت
Izin mengamalkannya Kyai

Soraya mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb...kiyai,mohon maaf jika di iZinkan.saya mau beli tasbih yuser nya dr kiyai boleh?

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu Ustaz

abusyifa mengatakan...

Qobiltu kyai...bisakah tunjukan dimna toko toko yg menjual tasbih yuser.tasbih oud sholib.tasbih unab.tasbih marjan yg asli kyai

Unknown mengatakan...

Kyai aq bolrh pesan 1 tasbi yusernya

Irfan mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Dmn belix yg asli,,klo online kn GK BS lgsg tau mn yg asli atau palsu

Anonim mengatakan...

dimana beli tasbih yuser laut merah yg asli

Anonim mengatakan...

Qobiltu ya Syaikh, izin ijazah dan mengamalkan

Anonim mengatakan...

Qobiltu