Kamis, 31 Maret 2016

Makhluq Di Muka Bumi Sebelum Nabi Adam

Makhluq Di Muka Bumi Sebelum Nabi Adam
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد


Pertanyan saudara Suparman Tijaniy dari Sukapura Jakarta Utara:
Di dalam Surat Al-Baqarah ayat 30 diceritakan tentang awal mula penciptaan Manusia:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ .

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Albaqarah: 30)

Pertanyaan saya: Pada dialog di atas, malaikat berkata kepada Allah Taala:” mengapa Engkau menciptakan seorang yang akan membuat kerusakan."  Seolah-olah sebelum terciptanya Manusia telah ada penciptaan Makhluk lainnya dibumi namun mereka berbuat kerusakan. Kalau demikian, apa nama makhluq yang dimaksud oleh para malaikat tersebut? Dan kenapa malaikat protes dengan ketentuan Allah Taala?


JAWABAN:
Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa telah ada makhluq yang hidup di muka bumi sebelum terciptanya Nabi Adam Alaihis Salam. Makhluq tersebut bernama al-Hin dan al-Bin, mengenai bagaimana bentuk fisik mereka para ulama tidak menyebutkan secara jelas jenis makhluk kasar atau makhluq halus. Al-Imam Ibn Kastir Rahimahullah menyebutkan dalam Kitab al-Bidayah Wan Nihayah jilid 1 halaman 59 sebagai berikut;

قَالَ كَثِيرٌ مِنْ عُلَمَاءِ التَّفْسِيرِ خُلِقَتِ الْجِنُّ قَبْلَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَكَانَ قَبْلَهُمْ فِي الْأَرْضِ الْحِنُّ وَالْبِنُّ فَسَلَّطَ اللَّهُ الْجِنَّ عَلَيْهِمْ فَقَتَلُوهُمْ وَأَجْلَوْهُمْ عَنْهَا وَأَبَادُوهُمْ مِنْهَا وَسَكَنُوهَا بعدهم.

Para ulama ahli tafsir berkata: bangsa jin diciptakan terlebih dahulu sebelum Nabi Adam Alaihis Salam. Sebelum jin dan manusia hadir ke muka bumi, di bumi telah ada makhluq bernama al-Hin dan al-Bin. Lalu Allah Taala memberikan kekuatan kepada jin untuk mengalahkan mereka sehingga jin membasmi dan membinasakan mereka lalu bangsa jin yang menempati bumi.”

Adapun masalah pernyataan protes, perlu diketahui bahwa Malaikat adalah makhluk Allah Taala yang sangat taat sehingga tidak mungkin mereka memprotes rencana Allah bagaimanapun. Kesan adanya protes ini antara lain disebabkan oleh kesalahan menerjemahkan kata اتجعل فيها. Yang diterjemahkan dengan “mengapa Engkau akan menjadikan” Padahal seharusnya “Apakah engkau akan menjadikan”. Redaksi tersebut merupakan pertanyaan, sama sekali bukan protes. Pertanyaan ini muncul boleh jadi berdasarkan pengalaman mereka sebelum terciptanya manusia, ketika ada makhluk yang merusak dan menumpahkan darah, atau bisa juga berdasarkan asumsi bahwa karena yang akan ditugaskan menjadi khalifah bukan malaikat, pasti makhluk itu berbeda dengan mereka yang selalu bertasbih menyucikan Allah Taala.

Dikutip dari kitab ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abdu Rabbih Abu Munyah as-Syakunjiy jilid 2 halaman 98.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy



 ********* ******** ********


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا






1 komentar:

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

📖 *YAYASAN AL MU’AFAH*
*Pimpinan*
👤Ust. Rizqi Dzulqornain Al-batawi
.
📌*Follow Kite* :
👉 *Instagram* :
✅ @rizkialbatawi
☑ @yayasan_almuafah
👉 *Facebook* : Rizki Zulqornain Albatawi
👉 *Youtube* : yayasan al-muafah
✅ *Blog* : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/

.
📍 *YAYASAN AL-MU’AFAH* :
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5
Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910.
🌏 *GOOGLE MAP* 🌏
https://goo.gl/maps/pTRAzRes3k1HmYq67
.
.