Minggu, 24 Januari 2016

Nama Ibu Nabi Yahya Alaihis Salam

Nama Ibu Nabi Yahya

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan saudara Ahmad Syarif dari Rawa Badung Jakarta Timur:

Siapakah Nama Ibu Nabi Yahya Alaihis Salam? Dan tolong sebutkan rujukannya?

JAWABAN:

Nabi Yahya Bin Zakariya adalah salah seorang Nabi dan Rasul dari kalangan Bani Israil. Nasab beliau bermuara kepada Nabi Ya'qub Alaihis salam.

Nama beliau tersebut dalam al-Qur'an sebanyak 4 ayat pada surat al-Imram, al-An'am, Maryam dan al-Anbiya. Allah Taala memuji beliau dengan sanjungan dan perangai terpuji sarat dengan nilai taqwa dan kesolehan sehingga beliau menjadi sayyid (pemimpin) yang memiliki keistiqamahan luar biasa di dalam kebaikan.

Dalam kitab Ara'isul Majalis karya Imam Sta'labiy halaman: 371 disebutkan bahwa Ibu Nabi Yahya bernama ( إيشاع ) "Isyaa'" binti Faquz yang merupakan saudara kandung Hannah binti Faquz. Hannah binti Faquz adalah ibunya siti Maryam. Dikemudian hari Isyaa' menikah dengan Nabi Zakariya dan Hannah menikah dengan Imran.

Ketika Nabi Zakariya berumur 120 tahun, Allah Taala kehendaki istri beliau hamil dan melahirkan seorang putra yang diberi nama "Yahya".


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy
P


 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



Tidak ada komentar: