Al-Hafizh Ahmad al-Ghumariy 1320 H /1902 M- 1380 H
/1960 M
Oleh: H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
Pada abad ke dua puluh muncul pakar dalam bidang hadits as-Sayyid Ahmad Bin Muhammad as-Shiddiq al-Ghumariy al-Hasaniy seorang ulama hadis dari Maroko yang menyandang gelar al-Imam, al-Mujtahid, al-Hafizh, bahkan Syeikh Mahmud Said Mamduh memberikan gelar kepada beliau dengan “Khatimah al-Huffazh” yang diakui sebagai hafizh terakhir abad modern ini.[1]
Pada abad ke dua puluh muncul pakar dalam bidang hadits as-Sayyid Ahmad Bin Muhammad as-Shiddiq al-Ghumariy al-Hasaniy seorang ulama hadis dari Maroko yang menyandang gelar al-Imam, al-Mujtahid, al-Hafizh, bahkan Syeikh Mahmud Said Mamduh memberikan gelar kepada beliau dengan “Khatimah al-Huffazh” yang diakui sebagai hafizh terakhir abad modern ini.[1]
Biografi Sayyid Ahmad al-Ghumariy banyak dicatat dalam
ensiklopedia para tokoh Islam di antaranya: Khairuddin az-Zarakliy (wafat 1396
Hijriyah) dalam kitabnya “al-A’lam” yang mencatat lebih dari 14000 tokoh besar
dunia, Prof Dr Yusuf Abdurrahman al-Mara’syaliy ahli sanad dari Beirut dalam
kitab “Mu’jam al-Ma’ajim Wa al-Masyikhat Wa al-Faharis Wa al-Baramij Wa
al-Astbat dan kitab Nastr al-Jawahir Wa ad-Durar Fi Ulama al-Qarn ar-Rabi’
Asyar”, Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah dalam kitab “al-Mausu’ah al-Maghribiyyah
Li al-A’lam al-Basyariyah Wa al-Hadhariyah”, Syaikh Abdu as-Shamad al-Assyab
dalam kitab “Min A’lam Thanjah Fi al-Ilm Wa al-Adab Wa as-Siyasah”, Syeikh
Abdus Salam Ibn Sudah dalam kitab “Sallu an-Nishal Li an-Nidhal Bi Dzikr
as-Syuyukh Wa Arbab al-Kamal” dan kitab “Ithaf al-Mathali Bi Wafayat A’lam
al-Qarn as-Stalist Asyar Wa ar-Rabi’’, Syeikh Ibn al-Haj as-Sulamiy dalam
“Is’af al-Ikhwan ar-Raghibin”, Syeikh Abdullah Bin Muhammad Ghaziy al-Hindiy
al-Makkiy dalam kitab “Tansyith al-Fuad Min Tidzkar Ulum al-Isnad”, Sayyid
Abdurrahman Bin Muhammad Baqir al-Kattaniy dalam kitab “A’yan al-Qarn ar-Rabi’
Asyar”, Sayyid Salim Bin Ahmad Jindan Bin Abi Bakr Bin Salim al-Alawiy dalam
kitab “as-Samiy Fi Mu’jam al-Asamiy”, Syeikh Muhammad Yasin Bin Muhammad Isa
al-Fadaniy dalam kitab “Bughyah al-Murid Min ulum al-Asanid”, Syeikh Abdullah
Bin Abdul Qadir at-Thanjiy dalam kitab “Dzikrayat Min Hayati”, Syeikh Muhammad
Mukhtaruddin al-Falimbaniy dalam kitab “Bulugh al-Amaniy Fi Ta’rif Bi Syuyukh
Wa Asanid Musnid al-Ashr as-Syeikh Muhammad Yasin Bin Muhammad Isa al-Fadaniy”,
Syeikh al-Mukhtar Muhammad at-Tamsamaniy dalam kitab “as-Shiddiqiyyun, Syeikh
Badr al-Imraniy at-Thanjiy dalam kitab Mazhahir as-Syaraf Wal Izzah
al-Mutajalliyah Fi Fahrasah Syeikh Muhammad Abu Khubzah”, as-Sayyid Abdurrahman
al-Kattaniy dalam kitab “Min A’lam al-Maghrib al-Arabiy Fi al-Qarn ar-Rabi’
‘Asyar”, Syeikh Abdullah Husain as-Sawadiy dalam kitab “Wajiz Tarjamah
al-Hafizh Ahmad Bin as-Shiddiq al-Ghumariy”, Syeikh Mahmud Said Mamduh dalam
Tansyif al-Asma’ Bi Syuyukh al-Ijazah Wa as-Sama, Fath al-Aziz Fi Asanid Sayyid
Abdul Aziz, Tazyin al-Alfazh Bi Tatmim Dzuyul Tadzkirah al-Huffazh, I’lam
al-Qashi Wa ad-Daniy’ dan Ittijahat al-Hadistiyyah Fi al-Qarn ar-Rabi’ Asyar”,
Syaikh Muhammad Hajji dalam Mausu’ah A’lam al-Maghrib”, Syaikh Abdullah Bin
al-Abbas al-Jarariy dalam “at-Ta’lif Wa Nahdhatuhu Fi al-Maghrib” dan as-Sayyid
Idris Bin al-Mahiy al-Qaithuniy dalam kitabnya “Mu’jam al-Mathbu’at
al-Maghribiyyah”.
Selain Sayyid Ahmad al-Ghumariy menulis biografi beliau sendiri
dalam kitab “al-Bahr al-Amiq Fi Marwiyyat Ibn as-Shiddiq”, ada dua ulama dari
keluarga Ibn Shiddiq yang merupakan adik kandung Sayyid ahmad al-Ghumariy yang
bernama Sayyid Abdullah Bin Muhammad as-Shiddiq al-Ghumariy dalam kitab “Sabil
at-Taufiq Fi Tarjamah Abdullah Bin Shiddiq” dan Sayyid Abdul Aziz Bin Muhammad
as-Shiddiq al-Ghumariy dalam kitab “Ta’rif al-Mu’tasiy Bi Tarjamah Nafsiy”
keduanya mencantumkan biografi singkat Ahmad al-Ghumariy.
Bahkan ada juga para ulama yang mencatat biografi Sayyid Ahmad
al-Ghumariy secara khusus di antaranya: Syeikh Abdullah Bin Abdul Qadir
at-Talidiy dalam “al-Uns Wa ar-Rafiq Bi Maastiri Sayyidi Ahmad Bin as-Shiddiq”,
Tuhfah al-Qari Fi Ba’dh Mubassyarat Wa Karamat Ahmad Bin as-Shiddiq al-Ghumariy
dan kitab “Hayat as-Syeikh Ahmad al-Ghumariy”, Syeikh Mahmud Said Mamduh dalam
Musamarah as-Shadiq Bi Ba’dhi Akhbar Sayyidi Ahmad Bin as-Shiddiq, Sayyid
Muhammad al-Hasan Bin Ali al-Kattaniy dalam kitab “Fiqh al-Hafizh Ahmad
al-Ghumariy”.
Adapun ulama yang menulis biografi Sayyid Ahmad al-Ghumariy ketika
memberikan kata pengantar dan sebagai editor terhadap karya-karya Sayyid Ahmad
al-Ghumariy sebagai berikut: Syeikh Nizham Bin Muhammad Shalih Ya’qubiy pada
kitab “Tahqiq al-Amal Fi Ikhraj Zakat al-Fithr Bil Mal”, Syeikh Ahmad Mursiy
pada kitab “Aliy Imam al-Arifin”, Syeikh Mushthafa Shabriy pada kitab
“al-Mudawiy”, Syeikh Abu Ali al-Malikiy pada kitab “Qath’ al-Uruq al-Wardiyah”,
Syeikh Adnan Zahar pada kitab “al-Ajwibah as-Sharifah”, Syeikh Badr al-Imraniy
at-Thanjiy pada kitab “Lubb al-Akhbar al-Ma’sturah” Syeikh Hamdi Abdul Majid
as-Salafiy pada kitab “Fath al-Wahhab Bi Takhrij Ahadist as-Syihab”, Sayyid
Muhammad al-Hasan Bin Ali al-Kattaniy pada kitab “Taujih al-Anzhar Li Tauhid
al-Muslimin Fi as-Shaum Wa al-Ifthar”.
Sayyid Ahmad al-Ghumariy merupakan sosok ulama karismatik.
Kapasitas keilmuan beliau tidak diragukan lagi. Meskipun beliau lebih dikenal
sebagai pakar hadits dan fiqih, namun sejatinya beliau menguasai banyak ilmu.
Di antara karya-karya Sayyid Ahmad al-Ghumariy yang membuktikan kematangannya
dalam bidang hadits adalah al-Hidayah Fi Takhrij Kitab al-Bidayah terdiri 6
jilid, kitab yang mengupas autentisifikasi hadits-hadits yang terdapat dalam
kitab Bidayah al-Mujtahid karya Imam Ibn Rusyd al-Qurthubi,[2] al-Iktifa
Fi Takhrij Ahadits as-Syifa kajian hadits-hadits kitab as-Syifa karya Imam
al-Qadhi Iyadh dan kitab Mudawi al-Ilal Ala Syarhai al-Munawiy terdiri 6 jilid
kitab yang mengkaji studi kritik terhadap hadits-hadits kitab al-jami;
as-Shaghir karya Imam Suyuthi dan kedua syarh yang ditulis oleh imam
al-Munawiy. Kedua kitab ini membuktikan penguasaan Syeikh Ahmad al-Ghumari yang
sempurna terhadap ilmu 'ilat-ilat hadits, yang merupakan ilmu tersulit dalam
disiplin ilmu hadits.
Syeikh Ahmad al-Ghumariy juga menulis kitab al-Mustakhraj kitab
al-syihab karya Imam al-Qudhai dan al-Syamail karya Imam Tirmidziy sebagai
kajian autentisifikasi terhadap kedua kitab hadits tersebut. Sebagaimana di
maklumi, penulisan al-Mustakhraj telah terputus dan belum pernah dilakukan
sejak delapan abad sebelumnya, karena hanya mampu dilakukan oleh para al-Hafiz
besar.
Kitab al-Jawab al-Mufid beliau memberikan bantahan terhadap
pemikiran para tokoh besar di kalangan ulama di antaranya: Syaikh Ahmad
Tijaniy, Syaikh Muhammad Zahid al-Kaustariy, Syaikh Abdullah al-Harariy, Syaikh
Mahmud Khatthab as-Subkiy, Syaikh Thanthawi al-Jauhariy, Syaikh Mushthafa
al-Maraghiy, Syaikh Syakib Arsalan, Syaikh Hasanain Makhluf, Syaikh Waliyullah
ad-Dihlawiy, Syaikh Hasan al-Bana, Syaikh Thahir A’Syur at-Tunisiy, Syaikh
Ahmad Sukairij, Syaikh Abdul Hay al-Kattaniy, Syaikh Taqyuddin al-Hilaliy,
Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albaniy, Syaikh Rasyid Ridha, Syaikh Hamid
al-Faqiy, Syaikh Abdul Hamid Bin Badis dan lain-lain.
Dalam kitab Hushul at-Tafrij beliau menjelaskan metode takhrij
hadits. Kitab Awatif al-Lathaif dan kitab Ghunyah al-Arif sebuah kajian takhrij
atas hadits-hadits yang terdapat dalam kitab Awarif al-Maarif salah satu kitab
penting dalam tasawuf. Kitab Takhrij ad-Dalail dan Masalik ad-Dilalah kedua
kitab yang menguraikan takhrij hadits-hadits kitab Risalah al-Qairawani salah
satu kitab fiqh yang menjadi umdah (pegangan) dalam mazhab imam Malik.
Kitab Miftah at-Tartib sebuah indeks hadits dari kitab Tarikh
Baghdad karya imam Khathib al-Baghdadi. Kitab Subhah al-Aqiq sebuah karya
mengenai biografi ayah beliau. al-Mu’jam al-Wajiz merupakan kitab
kumpulan marwiyyat (jalur riwayat) dan biografi guru-guru beliau.
Syeikh Ahmad al-Ghumariy juga menulis kitab al-Burhan al-Jali,
yang menguraikan bahwa ajaran kaum sufi sumbernya dari Sayidina Ali Bin Abi
Thalib, dan kitab Fath al-Malik al-Ali yang membuktikan keshahiha hadits,
"Aku kota ilmu dan Ali pintunya". Dalam kedua kitab tersebut Syeikh
Ahmad al-Ghumari berhasil membuktikan secara jenius dan gamblang berbagai
kerancuan pemikiran Ibnu Taimiyah al-Harrani dalam studi kritik hadits, sejarah
dan tasawuf. Syekh Ahmad al-Ghumari menulis kitab Musnad al-Jin sebuah karya
yang menginventarisir hadits-hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah
dari bangsa jin. Sebagian besar karya Syeikh Ahmad al-Ghumari membuktikan bahwa
beliau memang seorang hafizh terbesar pada abad modern ini.
Pengakuan imam as-Suyuthiy dalam kitab al-Jami’ as-Shaghir bahwa
beliau hanya mencatatkan hadis-hadis yang semuanya stabit dari Rasulullah di
dalamnya nyaris tidak ada hadis-hadis maudhu’. Pernyataan tersebut ditolak oleh
Syeikh Ahmad al-Ghumariy dalam kitab al-Mughir Ala al-Ahadist al-Maudhu’ah Fi
al-Jami’ as-Shaghir dengan meyebutkan puluhan bahkan lebih dari 100 hadis
maudhu’ yang diriwayatkan oleh al-Kadzzab (para pendusta) dan al-Waddha’ (para
pemalsu hadist).
Salah satu contok kritik Sayyid Ahmad al-Ghumariy terhadap Imam
Suyuthiy dalam al-Jami’ as-Shaghir:
اخْتِلافُ أمَّتِي
رَحْمَةٌ
Artinya: “Perbedaan di
kalangan ummatku adalah rahmat.”
As-Suyuthiy mengatakan bahwa ungkapan tersebut merupakan hadis
yang diriwayatkan oleh Imam Nashr al-Maqdisiy dalam kitab al-Hujjah, begitu
juga Imam al-Baihaqiy dalam kitab ar-Risalah al-Asy’ariyyah tanpa menyebutkan
sanadnya. Imam al-Halimiy, Qadhi Husein dan Imam al-Haramain dan ulama lain
menyatakan: “Hadis itu mungkin saja disebutkan oleh para penghapal hadist di
kitab-kitab yang tidak kita temukan.”[3]
Menurut
Sayyid Ahmad al-Ghumariy: “Ungkapan di atas tidak layak disebut hadis lantaran
tidak diketahui sanadnya. Pernyataan al-Halimiy, Qadhi Husein dan Imam
al-Haramain tidak bisa dijadikan pegangan, mereka itu hanya ahli fiqh bukan
orang-orang yang memiliki konsentrasi dalam kajian hadis baik secara riwayah dan
dirayah. Sering kali mereka menyebutkan hadis-hadis maudhu’ ketika
berargumentasi dalam perkara hukum. Sebagian mereka juga terkadang berani
menisbahkan hadis-hadis maudhu’ kepada dua kitab shahih (Bukhari Muslim), di
antaranya Imam Haramain yang melakukan itu. Sangat tidak mungkin Rasulullah
mengatakan bahwa perbedaan ummatku adalah rahmat, padahal Allah Taala telah
berfirman:
وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ
لَجَعَلَ النَّاسَ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَا يَزَالُونَ مُخْتَلِفِينَ. إِلَّا مَنْ
رَحِمَ رَبُّكَ وَلِذَلِكَ خَلَقَهُمْ
Artinya: “Jikalau Rabbmu
menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka
senantiasa berselisih pendapat kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh
Rabbmu dan untuk itulah Allah menciptakan mereka.” (Hud: 118-119).
Allah
Taala menjadikan rahmat bukan pada perbedaan pendapat, perbedaan pendapat bukan
menjadi tanda adanya rahmat. Bukankah ada keterangan hadist lain riwayat Imam
Ahmad dalam Musnadnya yang sesuai dengan makna ayat al-Qur’an di atas:
الجَماعَةُ رَحْمَةٌ
والفُرْقَةُ عَذابٌ
Artinya: “Berjamaah
(bersepakat) itu adalah rahmat, sedangkan berpecah belah menjadi azab.”[4]
Tidak masuk akal bila kemudian Rasulullah menyatakan “Perbedaan di
kalangan ummatku adalah rahmat.” Ungkapan tersebut merupakan jargon kelompok
orang-orang yang bertaqlid untuk mempertahankan perbuatan dan mazhab ahli
bid’ah dan mereka mengada-ngada alasan dengan cara batil.[5]
As-Suyuthiy juga tidak konsisten dalam memberikan penilaian
hadist. Dalam kitab al-Jami’ as-Shaghir, as-Suyuthiy menyatakan hadist Dhaif,
padahal hadist tersebut sudah divonis sebagai hadist maudhu’ oleh para Huffazh
seperti Imam Ibn Jauziy dan bahkan as-Suyuthi sendiri memasukkannya dalam kitab
“Dzail al-Maudhu’at” yang mengkoleksi hadits-hadist maudhu’. Contoh:
حامِلُ القُرْآنِ حامِلُ
رَايَةِ الإِسْلاَمِ مَنْ أكْرَمَهُ فَقَدْ أكْرَمَ الله ومَنْ أهانَهُ فَعَلَيْهِ
لَعْنَةُ الله .
Artinya: “Penghafal
al-Qur’an adalah pengibar panji Islam, siapa saja yang memuliakannya maka ia telah
memuliakan Allah. Dan siapa yang menghinakannya, maka ia akan mendapat laknat
dari Allah.”
As-suyuthiy
menyatakan hadist di atas sebagai hadist Dhaif, yang diriwayatkan oleh Imam
ad-Dailamiy dalam kitab Musnad al-Firdaus dengan sanad yang bersambung kepada
Abu Umamah.[6]
Sayyid
Ahmad al-Ghumariy memberikan komentar: “Ungkapan di atas adalah salah satu
hadist maudhu’ yang sebenarnya as-Suyuthi sendiri secara jelas memasukannya
dalam kitab “Dzail al-maudhu’at” sebuah karya kompilasi hadist-hadist Maudhu.
Dengan alasan di dalam rangkaian sanadnya ada periwayat bernama Muhammad Bin
Yunus al-Kadimiy yang merupakan tokoh pemalsu hadist.[7]
Abdur Rauf Muhammad al-Munawiy sebagai ulama yang memberikan
komentar kitab al-Jami’ as-Shaghir melalui dua karya besarnya at-Taisir dan
Faidh al-Qadir pun dikritik habis oleh Syeikh Ahmad al-Ghumariy dalam kitab
“al-Mudawiy”. Bahkan menuduh al-Munawiy sebagai orang yang kurang mengerti di
bidang hadis sehingga dalam komentar-komentar yang diberikan al-Munawiy banyak
ditemukan Tahrif (interpensi). Dalam kitab al-Mudawiy, Sayyid Ahmad al-Ghumariy
bukan hanya mengkritik tetapi juga memberikan Istidrak (bahasan susulan)
terhadap kesalahan-kesalahan al-Munawiy dalam kitab Faydh al-Qadir
dan at-Taisir yang keduanya merupakan penjelasan kitab al-Jami’ as-Shaghir
karya Imam as-Suyuthiy”.
Sebagai komentator, al-Munawiy bukan hanya menjelaskan makna dari
redaksi hadist-hadist al-Jami’ as-shaghir, tetapi juga sering kali memberikan
kritik terhadap penilaian as-Suyuthi. Salah satu contoh kritik imam al-Munawiy
terhadap as-Suyuthiy yang kemudian dibantah oleh Sayyid Ahmad al-Ghumariy:
إِذا ضَرَبَ أحدُكُمْ
خادِمَهُ فَلْيَتَّقِ الوَجْهَ (د) عن أبي هريرة . (صح)
Artinya: “Apabila salah
seorang kalian memukul pembantunya, maka hindari memukul wajahnya."[8]
As-Suyuthiy mengatakan bahwa hadis di atas adalah hadis shahih
diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dengan sanad muttashil kepada Abu Hurairah.
Al-Munawiy
berkata: “Di sini secara jelas as-Suyuthiy sangat teledor, padahal hadist
tersebut terdapat pada salah satu kitab Shahihain (Bukhari Muslim). Imam Muslim
telah mentakhrij dari Abu Hurairah persis dengan redaksi yang disebutkan. Imam
Ibn Hajar al-Asqallaniy mengatakan: “Hadis itu juga diriwayatkan oleh Imam
al-Bukhariy.[9]
Sayyid
Ahmad al-Ghumariy mengomentari pernyataan al-Munawiy: “Yang sebenarnya teledor
adalah al-Munawiy bukan as-Suyuthiy, lantaran Imam Muslim tidak mentakhrij
hadis dengan menggunakan redaksi yang sama sebagaimana pernyataan al-Munawiy.
Imam Muslim meriwayatkan dengan redaksi:
اذا قاتل أحدكم أخاه
فليجتنب الوجه
Artiya: “Apabila salah
seorang kalian membunuh saudaranya, maka hindari wajahnya.”
As-Suyuthiy menyebutkan dengan menggunakan redaksi “Idza Dharaba”,
sedangkan Imam Muslim tidak meriwayatkan redaksi tersebut.”[10]
Dalam
kitab al-Mudawiy, Ahmad al-Ghumariy mampu membuktikan secara ilmiah dengan
data-data yang akurat mengenai kekeliruan yang dilakukan ulama ahli hadist
sekaliber Imam al-Hafizh Jalaluddin as-Suyuthiy (849-911 Hijriyah) dan Imam
Abdurrauf Muhammad al-Munawiy (924-1031 Hijriyah).
[1] Sayyid Ahmad
al-Ghumariy dilahirkan hari Jum’at tanggal 17 Ramadhan di perkampungan
suku Bani Saad kota Thanjah (Tangier) Maroko pada tahun 1320 hijriyah
bertepatan tahun 1902 masehi. Sedangkan beliau wafat pada tahun 1380 hijriyah
bertepatan dengan tahun 1960 masehi; Lihat; Mahmud Said Mamduh, Tazyin
al-Alfazh Bi Tatmim Dzuyul Tadzkirah al-Huffazh, (Kairo: Dar al-Bashair 2009)
h. 92.
[2] Muhammad Abdullah at-Talidi, Turats al-Magharibah Fi
al-Hadist an-Nabawiy Wa ulumih (Beirut: Dar al-Basyair 1995), h. 295.
[3] Suyuthiy, al-Jami’ as-Shaghir Fi Ahadist al-Basyir
an-Nazir, vol. 1 (Dar al-Fikr, Beirut 1994) h. 13.
Nashiruddin al-Albaniy menyatakan dalam Shahih
al-Jami’ hadis hasan.
[5] Ahmad al-Ghumariy, al-Mughir Ala al-Ahadist al-Maudhu’ah
Fi al-Jami’ as-Shaghir, (Kairo: Maktabah al-Qahirah 1998), h. 11-12.
[10] Ahmad al-Ghumariy, al-Mudawiy Li Ilal al-Jami’ as-Shaghir Wa
Syarhai al-Munawiy, vol. 1 (Mesir: Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah 1996) h.
356.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar