Sabtu, 03 Oktober 2015

Nama Asli Kilab Kakek Rasulullah

Nama Asli Kakek Rasullah Kilab

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan saudara Sya'ban Said Tijaniy dari Kampung Baru Cakung Barat Jakarta Timur:

Ketika kita membaca nasab Nabi Muhammad Shallallah ‘alahi wa aalihi wasallam tertera sebagai berikut:

Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdil Manaf bin Qusyai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan dan seterusnya sampai kepada Nabi Ibrahim alaihis salam.

Pertanyaan saya adalah dari rentetan nasab di atas disebutkan ada nama Kilab, setahu saya kilab itu artinya anjing. Apakah nama tersebut hanya julukan saja atau memang nama asli. Bukankah kita dianjurkan memberikan nama anak dengan nama yang artinya baik. Dan datuk-datuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah keturunan orang-orang mulia, tidak mungkin memberikan nama anaknya dengan nama hewan. Dan Kalau seandainya nama itu hanya julukan, siapakakah nama asli dari Kilab Bin Murrah? Tolong sebutkan referensi yang jelas tentang hal ini?


JAWABAN;

Untuk mengetahui jawaban pertanyaan akhi Muhammad Sya'ban Said hendaknya kita melihat komentar ulama pakar sejarah yang menjelaskan riwayat dari datuk Nabi Muhammad shallallahu Alaihi wa sallam yang bernama Kilab.

Sebut saja Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar al-Bantaniy dalam kitabnya Madarijus Su'ud Ila Iktisa al-Burud yang merupakan syarh (komentar) atas kitab Maulid al-Barzanjiy beliau mengutip pendapat ahli sejarah yang menyatakan bahwa sebutan nama Kilab merupakan julukan bagi buyut Nabi Muhammad shallallhu alaihi wa sallam. Julukan tersebut diberikan lantaran beliau sering berburu di hutan dengan membawa anjing buruan.

Adapun nama asli dari Kilab Bin Murrah adalah al-Muhadzzab yang artinya orang pilihan. Pendapat ini disebutkan oleh Syekh Muhammad Bin Abdul Lathif yang nyohor dengan sebutan Taqyuddin Abul Fathi beliau mengutip perkataan imam Ibnu Saad seorang pakar sejarah pengarang kitab Thabaqat yang terdiri 15 jilid.

Imam Abdul Wahhab as-Subkiy (wafat 771 Hijriyah) dalam kitabnya Thabaqat as-Syafiiyyah al-Kubra jilid 9 halaman; 180 mengomentari pernyataan imam Taqyuddin Abul Fathi: Satu faidah yang aku belum pernah jumpai dalam kitab-kitab sejarah yang pernah aku baca.

Alfaqir kutip ulang dikitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid jilid 2 halaman 36.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********



اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .



Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



Tidak ada komentar: