Kamis, 15 Oktober 2015

Berbagai Kaifiat Doa Akhir Dan Awal Tahun

Doa Akhir Tahun & Awal Tahun

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Tahun Baru 1437 Hijriyah

Pada tahun baru 1 Muharram 1437 Hijriyah jatuh pada hari Rabu. Menurut hitungan para ahli ruhaniyah, jika tanggal satu bulan muharram jatuh di hari Rabu, maka di tahun tersebut akan banyak mushibah antara lain: banyak terjadi kelaparan, harga-harga barang banyak yang naik, banyak bentuk kezhaliman para penguasa, minimnya minyak dan buah anggur, langkanya makanan, banyak wabah sakit perut dan bila terjadi gerhana bulan di berbagai tempat terjadi cuaca sangat dingin. Apabila turun hujan, maka hujan tersebut disertai banyak suara gemuruh.

Disebutkan oleh Syekh Jalul al-Jaziriy Bin Muhammad Ali al-Malikiy (1900-1984 Masehi) salah seorang ulama besar thoriqoh Tijaniyah dari Tunisia dalam sebuah nazham:

وإن دخل محرم بالإربعاء :/: فقلما تجد بطنا مشبعة
وذاك عام قيل فيه جوع :/: و السعر كله فيه مرفوع
و الظلم في أثنائه كثير :/: يظلم فيه الرجل الحقير
يقل فيه الزيت والأعناب :/: و يعدم الطعام و الشراب
و يشتكى فيه بوجع البطن :/: و لا يكثر فيه ماء المزن
وسكن الماء أصول العود :/: حتي يري ممتنع الصعود .


Cucu beliau yang bernama Malik al-Jaziriy at-Tunisiy mengutip dari Makhtuthat kakeknya kemudian beliau mengirimkan nazham tersebut kepada al-Faqir.

Apa yang disebutkan Syekh Jalul al-Jaziriy at-Tunisiy hanya merupakan prediksi hitungan para ahli hikmah sedangkan ketetapan Allah Taala tidak bisa ditebak-tebak oleh hitungan siapapun.

Boleh jadi, banyak para ulama menganjurkan untuk memperbanyak kebaikan seperti shodaqoh,berdoa, shalat sunnah, membaca istighfar, shalawat dan lain-lain. Oleh karenanya banyak kita temukan redaksi-redaksi doa-doa munajat dan istighatsah yang di baca pada saat malam berharap besar kepada Allah Taala Yang Maha Kuasa untuk Jalbul Manafi' (mendatangkan manfaat) dan Daf'ul Mawani' (menolak kerusakan).

Do’a merupakan ibadah, benteng yang kokoh, bahkan Do’a merupakan pintu dari segala kebaikan di dunia hingga di akhirat.

Do’a  menjadi mediasi tertolaknya bala, mampu merubah yang telah terjadi maupun yang belum terjadi, bahkan mampu merubah qodho (ketentuan)dengan izin Allah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa ala alihi wa sallam bersabda:

إن الدعاء ينفع مما نزل و مما لم ينزل فعليكم عباد الله بالدعاء

Artinya: “ Sesungguhnya do’a  bermanfaat bagi sesuatu yang telah terjadi maupun sesuatu yang belum terjadi, maka berdo’alah kepada Allah  wahai hamba Allah ”.(HR. At-Tirmidzi dan Hakim. Shahihul Jami:340)

Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda:

 “لا يرد القضاء إلا الدعاء ولا يزيد في العمر إلا البر”

“Tidaklah menolak qodho’ kecuali do’a dan tidaklah memanjangkan umur kecuali kebaikan”.H.R.At Tirmidzi dengan sanad hasan.

Ada beberapa macam kaifiat doa-doa dan munajat yang diajarkan para ulama untuk menghidupkan malam tahun baru 1 Muharram:

Kaifiyat Pertama:

Sayyid Idris Bin Muhammad Abid al-Iraqiy Rahimahullah dalam kitabnya Irsyadul Khos Wal 'Am Li Bayani Fadhlil Ayyam Was Syuhur Wal A'wam berkata:
imam Muhammad Khathiruddin al-Hasaniy menyebutkan dalam kitabnya Dhamairus Sarair ilahiyyah Fi Jawahir ayatil Jahawiril Ghautsiyyah meyebutkan:
Apabila seseorang telah melihat hilal Muharram, maka hendaknya ia membaca takbir (Allahu Akbar) 3 kali kemudian ia baca surat al-Fatihah 30 kali dan shalawat Nabi 3 kali.

فإن الله يجعله في حفظه وأمانه ذلك الشهر كله

Maka Allah akan memberikan penjagaan dan rasa aman selama setahun penuh.

Kaifiyat Kedua:

Dalam kitab al-Jawahirul Khoms disebutkan: Apabila kalian melihat hilal bulan Muharram hendaknya membaca:

مرحبا بالسنة الجديدة والشهر الجديد واليوم الجديد والساعة الجديدة ومرحبا بالكاتب والشاهد والشهيد اكتب في صفحتي :
بسم الله الرحمن الرحيم أشهد ان لا آله إلا الله وحده لا شريك له. واشهد ان محمدا عبده ورسوله وان الجنة حق وان النار حق وان الساعة أتية لا ريب فيها وان الله يبعث من في القبور .


Kemudian melakukan shalat 6 rakaat (tiap 2 rakaat salam) tiap rakaat pertama setelah al-Fatihah membaca ayat Kursiy satu kali. Rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlash (Qulhu) 11 kali.

Setelah shalat membaca sebanyak 23 kali dzikir:

سبحان الملك القدوس سبوح قدوس ورب الملائكة والروح

Keesokan harinya pada waktu pagi saat matahari telah terbit, hendaknya melakukan shalat sunnah Muharram dua rakaat setelah al-Fatihah membaca surat yang mudah dibaca.

Setelah salam membaca 7 kali dzikir:

لا آله إلا الله محمد رسول الله صلى الله عليه وسلم

Kaifiyat Ketiga:

Membaca Doa Akhir Tahun. Hendaknya dibaca doa ini setelah ashar sebelum matahari terbenam di akhir bulan Dzulhijjah.

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ . ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ . ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻣَﺎ ﻋَﻤِﻠْﺖُ ﻓِﻰ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ﻣِﻤَّﺎ ﻧَﻬَﻴْﺘَﻨِﻰْ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﻠَﻢْ ﺍَﺗُﺐْ ﻣِﻨْﻪُ ﻭَﻟَﻢْ ﺗَﺮْﺿَﻪُ ﻭَﻟَﻢْ ﺗَﻨْﺴَﻪُ ﻭَﺣَﻠُﻤْﺖَ ﻋَﻠَﻲَّ ﺑَﻌْﺪَ ﻗُﺪْﺭَﺗِﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻋُﻘُﻮْﺑَﺘِﻰْ ﻭَﺩَﻋَﻮْﺗَﻨِﻰْ ﺍِﻟَﻰ ﺍﻟﺘَّﻮْﺑَﺔِ ﻣِﻨْﻪُ ﺑَﻌْﺪَ ﺟَﺮَﺍﺀَﺗِﻰْ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺘِﻚَ . ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍِﻧِّﻰ ﺍَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻓَﺎﻏْﻔِﺮْﻟِﻰ ﻭَﻣَﺎ ﻋَﻤِﻠْﺘُﻪُ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻣِﻤَّﺎ ﺗَﺮْﺿَﺎﻩُ ﻭَﻭَﻋَﺪْﺗَﻨِﻰ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺜَّﻮَﺍﺏَ ﻓَﺎَﺳْﺎَﻟُﻚَ ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻳَﺎ ﻛَﺮِﻳْﻢُ ﻳَﺎﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍْﻻِﻛْﺮَﺍﻡِ ﺍَﻥْ ﺗَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَ ﺗَﻘْﻄﻊْ ﺭَﺟَﺂﺋِﻰ ﻣِﻨْﻚَ ﻳَﺎ ﻛَﺮِﻳْﻢُ . ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ
.

- Washallallahu 'Alaa Sayyidinaa Wa Maulaanaa Muhammadiw
Wa 'Alaa Aalihii Washabihii Wasallam.
Allaahumma Maa 'Amiltu
Fii Haadzihis Sanati Mimma Nahaitani 'Anhu Falam Atub Minhu Walam Tardhohu
Walam Tansahu Wahalimta 'Alayya Ba'da Qudratika 'Alaa 'Uquubatii Wada-autani Ilaa Taubati Ba'da Jur-atii 'Alaa Ma'shiyatika..
Fa Innii Astaghfiruka,
Faghfirlii..
Wa Maa 'Amiltu Fiihaa Mimmaa Tardhoohu.. Wawa-ad-tanii 'Alaihi Bits Tsawaabi..
Fa As'alukallaahumma Yaa Kariimu.. Yaa Dzal Jalaali Wal Ikraami.. An Tataqabbalahuu Minnii Walaa Taq-tho' Rojaa'ii Minka Yaa Kariim.
Washallallaahu 'Alaa Sayyidinaa Muhammadiw Wa 'Alaa Aalihii Washahbihii Wasallam.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.
Ya Allah ! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridhoi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku !
Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah!
Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Setelah shalat Maghrib membaca Doa Awal Tahun:

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ . ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ . ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍَﻧْﺖَ ﺍْﻻَﺑَﺪِﻱُّ ﺍﻟْﻘَﺪِﻳْﻢُ ﺍْﻻَﻭَّﻝُ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻓَﻀْﻠِﻚَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ ﻭَﺟُﻮْﺩِﻙَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻮَّﻝِ ﻭَﻫَﺬَﺍ ﻋَﺎﻡٌ ﺟَﺪِﻳْﺪٌ ﻗَﺪْ ﺍَﻗْﺒَﻞَ ﻧَﺴْﺎَﻟُﻚَ ﺍﻟْﻌِﺼْﻤَﺔَ ﻓِﻴْﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﻭَﺍَﻭْﻟِﻴﺂﺀِﻩِ ﻭَﺟُﻨُﻮْﺩِﻩِ ﻭَﺍﻟْﻌَﻮْﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﻨَّﻔْﺲِ ﺍﻻَﻣَّﺎﺭَﺓِ ﺑِﺎﻟﺴُﻮْﺀِ ﻭَﺍْﻻِﺷْﺘِﻐَﺎﻝَ ﺑِﻤَﺎ ﻳُﻘَﺮِّﺑُﻨِﻰ ﺍِﻟَﻴْﻚَ ﺯُﻟْﻔَﻰ ﻳَﺎﺫَﺍ ﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍْﻻِﻛْﺮَﺍﻡِ ﻳَﺎ ﺍَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴْﻦَ . ﻭَﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻭَﻣَﻮْﻻَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺍَﺻْﺤَﺎﺑِﻪِ ﻭَﺳَﻠَّم

- Washallallaahu 'Alaa Sayyidinaa Wa Maulaanaa Muhammadiw Wa 'Alaa Aalihii Washahbihii Wasallam..
Allahumma Antal Abadiyyul Qadiimul Awwalu
Wa 'Alaa Fadhlikal 'Azhiim..
Wa Juudikal Mu'awwali..
Wa Haadzaa 'Aamun Jadiidun
Aqbala Nas-aluka 'Ishmata Fiihi Minasy Syaithooni Wa Auliyaa-ihii Wajunuudihii..
Wal 'Auna 'Alaa Haadzihin Nafsil Ammaarah Bis Suu-i Wal Isytighaala Bimaa Yuqarribunii Ilaika Zulfa.. Yaa Dzal Jalaali Wal Ikraami.. Yaa Arhamar Roohimin..
Wa Shallalaahu 'Alaa Sayyidinaa
Wa Maulaanaa Muhammadiw Wa 'Alaa Aalihii Wa Shohbihii Wasallama..

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.
Ya Allah ! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih !
Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Semoga Allah mengabulkan permohonan kami.

Kaifiat Keempat:

Sayyid Idris Bin Muhammad Abid al-Iraqiy ahli hadis beken dari Maroko mencatatkan dalam kitabnya Ikhtishor Irsyadul Khos wal 'Am halaman: 10-11 faidah Dari Syekh Ahmad Bin Muhammad at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu:

Ketika nampak hilal bulan Muharram hendaknya ba'da shalat Maghrib Membaca:

- Surat al-Fatihah satu kali
- Membaca shalawat al-Fatih Satu kali
- Membaca ayatul Kursiy sebanyak 360 atau 313:
- Membaca doa:


اللهم يا محول الأحوال, حول حالنا الى أحسن الأحوال , بحولك وقوتك يا كبير يا متعال , يا عزيز يا مفضال

ALLAHUMMA YA MUHAWWILAL AHWAALI HAWWIL HALANA ILA AHSANIL AHWAL BIHAWLIKA WA QUWATIKA YA KABIRU YA MUTA’AL YA ‘AZIZU YA MIFDHOL

ARTINYA : YA ALLAH TUHAN YANG MERUBAH KEADAAN ( SUASANA ) RUBAHLAH KEADAANKU MENJADI LEBIH BAIK DENGAN DAYA UPAYA DAN KEKUATANMU WAHAI TUHAN YANG AGUNG YANG LUHUR WAHAI TUHAN YANG MULIA YANG MEMBERI ANUGERAH


Disebutkan keutamaannya:

القائم به يجعله محفوظا ومامونا ويقيه ما يخافه منه ويكرهه في عامه كله

Artinya: Siapa saja yang mengamalkannya akan diberikan perlindungangan dan penjagaan serta dijauhkan dari hal-hal yang ia khawatirkan dan ia tidak suka selama setahun penuh.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********



اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .



Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



19 komentar:

mohammad mengatakan...

Mohon ijazahnya utk diamalkan dan di Sebarkan kepada muslimin,,

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu

irwan mengatakan...

Qobiltu kyai...

Syaeful bahar mengatakan...

Qobiltu ijazah baginda

Syaeful bahar mengatakan...

Qobiltu ijazah baginda

fahadkepreset mengatakan...

qobiltu yai

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Faisal Amri mengatakan...

Qobiltu...

Syawai mengatakan...

Qobiltu Baginda

Unknown mengatakan...

Qobiltu Tuan Guru

Zaidan mengatakan...

Qobiltu yaa syeikh

dede akhadiyat mengatakan...

Qobiltu..

dede akhadiyat mengatakan...

Qobiltu..

Unknown mengatakan...

Jazakallah khoir

Unknown mengatakan...

Qobiltu.

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...Qobiltu Yaa Baginda