Kamis, 01 Oktober 2015

Aqiqah Bayi Keguguran

Aqiqah Bayi Keguguran

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan Khairul Riqih at-Tijaniy dari Ujung Krawang Jakarta Timur;

Tetangga saya istrinya pernah mengalami keguguran dalam usia kandungan 5 bulan. Yang jadi pertanyaan saya apakah janin yang keguguran tersebut dikenakan kesunnahan untuk aqiqah atau diberikan nama? Tolong disertakan referensinya. Terimakasih.

JAWABAN;

Janin yang mengalami keguguran disebut as-Siqth. Janin keguguran sebelum usia 4 bulan (120 hari), tidak kena kesunnahan untuk diberi nama (tasmiyah), tidak juga kena kesunnahan aqiqah. Karena aqiqah dan tasmiyah berlaku bagi janin yang telah ditiupkan ruh (genap 4 bulan). Ketika berusia 4 bulan janin tersebut menjadi al-Faratth (anak yang akan menolong orang tuanya). Sehingga kena kesunnahan aqiqah dan diberi nama.

Sayyid Abdurrahman Bin Muhammad al-Masyhur Ba Alawiy rahimahullah lahir 1250 Hijriyah dan wafat 1320 Hijriyah, seorang ulama besar yang menjadi Mufti Mazhab Imam Syafiiy dari Hadrhamaut meyebutkan dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 258;

لا تستحب العقيقة كالتسمية عن السقط الا ان نفخت فيه الروح اذ من لم تنفخ فيه لا يبعث ولا ينتفع به في الاخرة .

Artinya; "Tidak disunnahkan melakukan aqiqah sebagaimana juga tasmiyah (pemberian nama) bagi janin yang keguguran, kecuali janin tersebut telah ditiupkan ruh (4 bulan). Alasannya adalah janin yang keguguran sebelum 4 bulan tidak dibangkitkan oleh Allah (saat tiupan sangka kala) dan tidak dapat memberikan manfaat buat orang tuanya di akhirat."

Pendapat ini dikukuhkan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitamiy, imam Ahmad Qalyubiy dan Syekh Ali Syabramallasiy.

Kesunnahan melakukan aqiqah tersebut jika orang tua dari janin itu memiliki kemampuan untuk membeli satu ekor kambing. Terhitung kemampuannya dari hari pertama keguguran sampai 60 hari (masa maksimal wanita ngalamin nifas). Jika dari hari pertama sampai 60 hari, orang tua tersebut tidak punya kemampuan buat beli satu ekor kambing, maka gugurlah kesunnahan aqiqah. Lantaran aqiqah dalam terminologi syaruat didefinisikan dengan kambing yang disembelih lantaran ada kemampuan terhitung hari pertama kelahiran sampai 60 hari. Inilah pendapat yang dimu'tamadkan oleh imam Ibn Hajar al-Haytami pada kitabnya Tuhfatul Muhtaj dan imam Muhammad ar-Ramliy dalam kitab Nihayatul Muhtaj


والله أعلم بالصواب



Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********



اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله.

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .




Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah