Minggu, 17 November 2013

Qashidah "Ya Rabbi Hayyi' Lana"



 Qashidah Ya Rabbi Hayyi' Lana
يَا رَبِّ بِالْمُصْطَفى بَلِّغْ مَقَاصِـدَنَا

                         وَاغْفِرْ لَنَا مَا مَضَى يَا وَاسِعَ الْكَرَمِ

Ya Allah, Ya Tuhanku, dengan pangkat Nabi Muhammad al-Musthafa (Nabi yang terpilih), sampaikanlah segala cita-cita kami. Ampunilah dosa-dosa kami yang telah kami lakukan Ya Allah, Yang Maha luas kedermawanan-Nya

يَا رَبِّ هَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْـرِنَا رَشَدًا

                       وَاجْعَلْ مَعُـوْنَتَكَ الْحُسْنى لَنَا مَدَدًا

Ya Allah, aturlah segala urusan kami dengan petunjuk-Mu dan jadikanlah pertolongan-Mu yang mendatangkan kebaikan itu menjadi kekuatan/bantuan bagi kami.

وَلاَ تَكِلْنَا إِلَى تَدْبِيْرِ أَنْفُسِنَا

                        فَالنَّفْسُ تَعْجِزُ عَنْ إِصْلاَحِ مَا فَسَدَا

Janganlah Engkau biarkan kami mengatur diri kami sendiri. Diri ini tak akan mampu untuk memperbaiki sesuatu yang telah rusak.

 أَنْتَ الْعَلِيْمُ وَقَدْ وَجَّهْتُ يَا أَمَلِي

                              إِلَى رَجَائِكَ وَجْهًا سَائِلاً وَيَدًا

Engkaulah Yang Maha Mengetahui, sungguh aku telah hadapkan wajah dan tanganku ini untuk meminta dan berharap kepada-Mu wahai harapanku.

وَلِلرَّجَاءِ ثَوَابٌ أَنْتَ تَعْلَمُهُ

                       فَاجْعَلْ ثَـوَابِي دَوَامَ السِّتْرِ لِي أَبَدًا

Seseorang yang memiliki harapan, akan memperoleh pahala yang telah Engkau ketahui, maka jadikanlah balasan pahalaku menjadi penutup bagi keburukanku selamanya.




Pada pertama kalinya penulis menemukan Qashidah "Ya  Rabbi Hayyi" lana pada kitab Manba' Ushulil Hikmah karya Imam Ahmad  Bin Ali al-Buniy Radhiyallahu Anhu, kemudian belakangan penulis menemukanya dalam kitab Fath al-Malilk al-Majid karya Syekh Imam Ahmad ad-Dairabiy Radhiyallahu Anhu. Imam Ahmad ad-Dairabiy mengutip pendapat para ahli ma'rifah menyatakan keutamaan membaca bait Qashidah ini: Siapa saja yang sering membaca Qashidah "Ya Rabbi Hayyi Lana" maka ia akan mendapatkan ijabah dari Allah Taala akan segala hajatnya.

BY

H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy




Tidak ada komentar: