Sabtu, 24 Juni 2017

Amalan Pulang Kampung (Mudik)

Amalan Pulang Kampung

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Lebaran selalu menjadi momentum untuk masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman atau dinamakan mudik.  Mudik diartikan sebagai kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Namun ternyata kata mudik ini sebenarnya merupakan singkatan yang berasal dari Bahasa Jawa Ngoko. Kata mudik merupakan singkatan dari 'mulih dilik' yang artinya adalah pulang sebentar. Jadi sebenarnya kata mudik ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Lebaran. (1)

Pelaksanaan mudik memiliki banyak manfaat diantaranya adalah  dari segi keagamaan, menyambung tali silatur rahim yang memang diperintahkan dalam agama. Seorang anak yang merantau dan meninggalkan orang tuanya untuk bekerja di kota lain dan jarang mengunjungi orang tuanya, mudik merupakan sebuah momen untuk kembali merekatkan silaturahmi setelah sebelas bulan terpisah.  Disamping itu mudik juga akan mengobati rasa rindu yang telah sekian lama terpendam karena terpisah dari tanah kelahiran dan juga merupakan ajang nostalgia untuk bertemu dengan teman-teman semasa kecil. Ada satu hal lagi yang menjadi alasan untuk melakukan mudik adalah untuk menunjukkan kesuksesan seseorang di perantauan apabila mampu mudik dengan membawa kendaraan, ada rasa bangga dan meningkatkan citra diri. (2)

Di antara amalan sebelum mudik adalah bersilatur rahim kepada ulama minta didoakan agar selamat, pamitan dengan tetangga dan teman, bershodaqah, memperbanyak istighfar dan doa.

Imam Muhammad Bin Mahmud an-Najjar (wafat tahun 643 Hijriyah) menyebutkan amalan buat pulang kampung (mudik):

من أراد سفرا فأخذ بعضادتي منزله فقرأ احدى عشرة مرة قل هو الله أحد كان الله له حارسا حتى يرجع

Artinya: “Sipa saja yang hendak melakukan perjalanan, maka hendaknya ia pegang dua daun (bagian muka dan belakang) pintu rumahnya lalu ia sambil membaca surat al-Ikhlash 11 kali niscaya Allah Taala akan selalu menjaganya sampai ia kembali ke rumahnya dengan selamat.”

Bagi rekan-rekan jamaah Majelis al-Muafah yang tahun ini pulang kampung, selamat bersilatur rohim di kampung di hari raya Idul Fithri, semoga selamat sampai tujuan tanpa ada halangan apapun, berkumpul bersama keluarga dalam keberkahan dan keridhaan Allah Taala. 

تقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال


Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shalihal A’mal

(Mudah-mudahan Allah menerima seluruh amal shalih kalian dan kita semua).

Adapun sanad muttashil kepada Imam Muhammad Bin Mahmud an-Najjar sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن المحدث السيد عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ السيد محمد عبد الحي الكتاني عن عبد الله بن محمد بن صالح البنا الاسكندري عن أبيه عن زين العابدين جمل الليل عن محمد بن عبد الله المغربي عن البصري عن أبي مهدي الثعالبي عن محمد بن عبد الفتاح الطهطائي عن عبد الرؤوف المناوي عن الشيخ الرملي عن أبيه عن القاضي زكرياء عن شيخ الإسلام الحافظ ابن حجر عن أبي إسحاق التنوخي عن أحمد بن أبي طالب الحجار عن محمد بن محمود ابن النجار ررحمه الله .


As-Sayyid Haqqiy Bin Ali Bin Ibrahim an-Naziliy (wafat tahun 1301 Hijriyah) juga menyebutkan amalan tersebut dalam kitab Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar halaman 161.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 24.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy




 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*
 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*
صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*
 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



1)      http://www.tribunnews.com/ramadan/2016/07/01/ini-asal-kata-dan-sejarah-mudik-tradisi-pulang-kampung-saat-lebaran
2)      http://www.kompasiana.com/antosuranto/tradisi-dan-syariat_594ddfd78ce7f5503e2759d2

3)       

20 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda....

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda....

yudha mandala eka putra mengatakan...

Qobiltu kyai

Unknown mengatakan...

Qobiltu kyai..

Unknown mengatakan...

Qobiltu kyai..

Unknown mengatakan...

Cari bini muda orang jawa haj, biar bisa pulang kampung

Unknown mengatakan...

Jangan lupa oleh-oleh nya ya sidi

Unknown mengatakan...

Orang kampung jangan dibawain golok bang Andi ...

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

11X...alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Qobiltu,, sippp

Unknown mengatakan...

Aamin....Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shalihal A’mal
Maaf lahir bathin Pak Kyai

irlan-maulana mengatakan...

Qobiltu pa kiayi

Unknown mengatakan...

taqabballahu minna wa minkum..syukran guru.

Unknown mengatakan...

Syukron wa jazakallah khoir guru ilmunya

Iim Nurhayati mengatakan...

Qobiltu Kyai

Bin Budiman mengatakan...

qobiltu syaikh

Abdul Kodir mengatakan...

Yang mudik makin asyik

Apalagi sambil dzikir sholawat fatih

Tak terasa sudah sampai kampung halaman

dodywira mengatakan...

Qobiltu kyai...