Kamis, 19 Januari 2017

Khasiat Kibas

Khasiat & Manfaat Kambing Kibas

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Imam Kamaluddin Muhammad Bin Musa ad-Damiriy (wafat 808 Hijriyah) dalam kitab Hayatul Hayawan Kubra menyebutkan keistimewaan kambing Kibas (domba atau gembel).

@ Biji pler (testis) kambing kibas menjadi obat buat orang yang sering ngompol ketika tidur dengan cara ambil biji pler kambing kibas lalu bakar dijadikan sate kemudian kasih makan orang yang sering beser di kasur lakukan 3 kali cara tersebut dengan izin Allah Taala akan sembuh.

@ Gajih kambing, atau gajih sapi berkhasiat memudahkan proses persalinan wanita yang sulit melahirkan dengan cara gajih kambing kibas dan gajih sapi serta air perasan sledri dicampur jadi satu lalu ditaro botol atau plastik dan dibawa oleh wanita tersebut dengan izin Allah dimudahkan proses melahirkannya.

@ urat pinggang kambing kibas dapat menumbuhkan rambut botak seperti rambutan cipelat dikelet, menjadi tumbuh rambut dengan cara ambil urat pinggang kambing kibas lalu keringkan jemur di matahari beberapa hari kemudian tumbuk dan letakan di mangkok campurkan minyak zi'baq borehkan pada bagian kepala yang botak dengan izin Allah bakal numbuh rambut sehingga bisa sudah tidak malu dengan pala botak rambut rontog.

@ nyali (empedu) kambing kibasy manjur buat menghentikan air susu yang terus-terusan keluar dengan cara ambil nyali lalu borein di payudara yang sudah dol kaga kesumbat ngericik terus.

@ lemak dari buntut (ekor) kambing kibas liar kata orang betawi yang diumbar dapat membasmi penyakit irqun nasa (persendian pada ngebet atau asem urat) dengan cara buntut tersebut dicincang lalu diperas airnya diminum bikin 3 gelas kecil hendaknya setiap pagi minum satu gelas saat bangun tidur kondisi mulut dan perut belum mengkonsumsi apa-apa dengan izin Allah penyakit urat asem (asem urat) akan sembuh.

Ibnu Qoyyim rahimahullah dalam kitab at-Thibbun Nabawiy menyebutkan: penyakit irqun nasa adalah penyakit yang disebabkan oleh keringnya otot dan urat persendian dan adakalanya terjadi plengketan pada bagian tersebut sehingga pengobatan dengan lemak buntut kambing kibas liar menjadi obat jitu untuk melicinkan dan meloncerkan hambatan yang kusut.

Di antara para Nabi yang diuji dengan penyakit irqun nasa adalah Nabi Ya'kub alaihis salam.

Imam Ibnu Majah dalamSunan-nya meriwayatkan dari Muhammad bin Sirinrahimahumallah, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

شفاء عرق النسا ألية شاة أعرابية تذاب ثم تجزأ ثلاثة أجزاء ثم يشرب على الريق في كل يوم جزء

“Obat ‘irqun nasa adalah (lemak) ekor domba pedalaman (dari Arab), kemudian ditumbuk dan direbus, dicairkan, kemudian dibagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian diminum pagi, siang, dan sore (saat perut masih kosong).” (H.R. Ibnu Majah: 3463)

Irqun nasa adalah sakit yang dimulai dari persendian, sebagaimana yang kita ketahui asam urat juga terjadi di persendian untuk salah satu gejalanya. Adapun gejala ‘irqun nasa adalah sakit yang dimulai dari sendi pangkal paha, kemudian turun ke bawah, melalui bagian belakangnya, terkadang nyerinya turun sampai mata kaki, dan selagi masih sakit maka dia akan bertambah nyerinya, dan jika bertambah lama maka semakin menjalar sakit tersebut.

Terlebih lagi kalau musim dingin orang yang sudah terserang asem urat otot-otot yang di kaki pada meringkel udah kaya paku yang ada di bale palanya pada mencolod (nongol).

Adapun sanad muttashil kepada imam kamaluddin Muhammad Bin Musa ad-Damiriy radhiyallahu anhu sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي عن الشيخ عبد الرزاق امام خليل اللاسمي الجاوي عن الشيخ المحدث القاضي حسن بن محمد المشاط المكي المالكي عن الشيخ علي بن عبد الله الطيب المدني عن الشيخ عبد الرحمن الشربيني عن شيخه خاتمه المحققين الشيخ الذهبي عن الشيخ محمد الامير الكبير عن شيخه علي بن احمد الصعيدي عن الشيخ محمد بن عقيلة عن الشيخ حسن العجيمي عن النور علي بن محمد الديبعي الزبيدي عن محمد بن الصديق الخاص اليمني عن ابيه عن السيد محمد الطاهر الاهدل عن الشيخ شمس الدين السخاوي عن الشيخ محمد بن احمد الاقفهسي عن الشيخ كمال الدين الدميري رضي الله عنهم اجمعين‪‬‪‬


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



18 komentar:

mohammad mengatakan...

Wah ini resep sangat perdiperlukan pd jaman sekarang yang lagi umum masalah penyakit asem urat dan penyakit lain,, semoga baginda mangkin me-apdet ramuan ramuan yanglain guna menambah wawasan wawasan dan kefaedahan sehingga kita semakin bisa mengambil manfaat dr majlis yayasan almuaafah inin,,, amin...

mohammad mengatakan...

Ternyata ulama ulama salafussolih telah menemukan lebih dahulu,, ramuan ramuan yang menakjubkan yah,,,mantabb!!

Unknown mengatakan...

mantab ini, Alloh menciptakan makhluqnya tidak ada yg sia semuanya mengandung manfaat serta khasiat, mohon ijazahnya guru dari sanadnya

Unknown mengatakan...

Subhanallah..

Faisal Amri mengatakan...

Subhanallah, baru tau ane baginda

Lukman Hakim mengatakan...

Subhanallah... Alhmdulillah... Mhn ijazahnya

Lukman Hakim mengatakan...

Subhanallah... Alhmdulillah... Mhn ijazahnya

Lukman Hakim mengatakan...

Subhanallah... Alhmdulillah... Mhn ijazahnya

Unknown mengatakan...

siap kyai

Unknown mengatakan...

Mohon ijazah beserta sanadnya ustadz, serta izin untuk membaginya ke sesama muslim.

Unknown mengatakan...

Ternyata penghancur zat purin penyebab asam urat ada di qibas..mashaAllah..ajib guru.....

Unknown mengatakan...

Mohon izin dan ridho antum, sy mau berbagi semua ijazah serta sanad yg syaikhunal Mukarom berikan untuk anak-anak, istri, keluarga, saudara dan semua keturunan hamba. Juga untuk bau segenap kaum muslimin dan muslimat yg mau mengamalkannya. Semoga syaikhunal Mukarom al ustadz Rizqi DZULQORNAIN ada dalam keberkahan dari Allah SWT

Unknown mengatakan...

Yg muda intelektual dan bersahaja subhanallah

Unknown mengatakan...

Saya ijazahkan..

Ikuti kajian islam terkini:

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi


توجكم الله بتاج العز والقبول وبلغكم كل سول ومأمول

آمين

Unknown mengatakan...

👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

EARSADJAGAD404 mengatakan...

Qobiltu yai

rashdan hazemi mengatakan...

qobiltu

Anonim mengatakan...

qobiltu