Sabtu, 17 September 2016

Shalawat Jawahirul Ma'aniy Wa Bulughul Amaniy

Shalawat Jawahirul Maani Wa Bulughul Amani

Oleh; Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.



أما بعد:



صلاة جواهر المعاني وبلوغ الأماني
للحاج رزقي ذو القرنين البتاوي


اللهم بحق جاه سيدنا محمد النبي العدناني * الذي فتحت به العلم اللدني العرفاني * وجلوت كل أزمة مدلهمة بنوره الحقاني * وبحق مرتبة خليفته على الإطلاق  القطب الصمداني * سيدي الشيخ أحمد التجاني * وبأسرار ما حواه  كتاب جواهر المعاني  * أن تصلي وتسلم على سيدنا محمد الهادي للمنهج الرباني * وعلى آله مفتاح كنوز التهاني * صلاة تبلغنا بها كل المقاصد والأماني * وتحفظنا من شر كل شيطان وحزبه من إنس وجان . آمين

Allahumma Bihaqqi Jahi Sayyidina Muhammadinin Nabiyyil Adnaniy, alladzi fatahta bihil ilmal laduniyyal irfaniy, wa Jalauta kulla azmatin mudlahimmatin bi nurihil haqqoniy, wa bi haqqi martabati kholifatihi alal ithlaqi al-Quthbis shamadaniy, sayyidi Syaikh Ahmad at-Tijaniy, wa bi asrori ma hawahu kitabu jawahiril maaniy.

An tusholliya Wa tusallima ala sayyidina Muhammadinil hadi Lil Manhajir Robbaniy, wa ala alihi miftahi kunuzit tahaniy, sholatan tuballighuna biha kullal maqoshidi wal amaniy, wa tahfazhuna min syarri kulli syaithonin wa hizbihi min insin wa janni. Aamiin.

Ya Allah, dengan kebesaran pangkat pemimpin kami Nabi Muhammad seorang Nabi dari keturunan Adnan, yang dengannya Kau buka ilmu pengetahuan laduni, dengan cahaya hakikatnya kau pangkas segala urusan pelik yang bagai malam gelap gulita. Dengan ketinggian pangkat sayidi Syekh Ahmad Tijani seorang wali quthb agung sebagai khalifah beliau yang diakui secara mutlak, dan dengan segala rahasia yang terkandung dalam kitab Jawahirul maaniy.

Berikan shalawat dan salam kepada pemimpin kami Nabi Muhammad yang menunjukan jalan ketuhanan. Semoga juga tercurah kepada para keluarga beliau yang merupakan kunci segala gudang kesenangan. Benar_benar shalawat yang menyampaikan kami meraih tujuan dan cita-cita serta melindungi kami dari kejahatan segala syetan dan bala tentaranya baik dari kalangan manusia dan jin. Terimalah, Ya Allah.

Perintah bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bukan perintah presiden, bukan juga perintah IMF atau organisasi dunia, tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai pencipta alam beserta isinya yang memerintahkan sekaligus mengucapkan shalawat untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para Malaikat-Nya telah bershalawat kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada para hamba-Nya agar mengucapkan shalawat dan taslim kepada beliau. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]

Imam Abu ishaq Abdun Nashir Bin Mahmud al-alawiy al-Ishaqiy menyebutkan:

 سبعون ألف ملك في الفجر*** مصلّيا عليه عند القبر
ومثلهم كذاك حين يُمسى ***قد صحت الأخبار فاطرح الأسى

Ada sekitar tujuh puluh ribu malaikat di waktu fajar berkumpul mengucapkan shalawat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di kuburan beliau. Begitu juga di waktu sore, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits shohih, maka buanglah keraguan.

Oleh karenanya shalawat yang merupakan doa, dzikir sekaligus pujian menjadi menu amalan utama dan berfadhilah besar. Imam Tajuddin as-Subkiy berkata;

فصلِّ كلَّ لحظةٍ عليهِ * تَنجُ به، فالأمر في يديه

ولا تظنَّ أيُّهذا المذنبُ * أن سواه للنجاة سبب

وأنت يا مهمومُ إن أردتَا * أنك تُكفى ما أهمَّ بتَّا

وفي حديث آخَر مَن جَعلا * كلَّ صلاته عليه سئلا

قال: إذَن يُغفر كلُّ ذنبكا * فابشِر بهذا كلِّه من ربِّكا

واستَعمِل اللسانَ في الصلاةِ * فإنها من أقرب الطاعاتِ

Bershalawatlah kepada Nabi Muhammad setiap saat, engkau akan selamat segala urusan beliau yang tanggung jawab. Jangan kau kira ada sebab yang menyelamatkan selain beliau. Wahai engkau yang sedang dirundung kesedihan bila ingin menipis galau tanpa tersisa, jadikanlah shalawat menjadi doamu semua. Disebutkan dalam sebuah hadist siapa saja menjadikan shalawat sebagai permohonan, Rasulullah berkata: seluruh dosamu mendapat ampunan. Berbahagialah, hal ini dari Allah Tuhanmu. Basahilah lidahmu untuk selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad lantaran shalawat merupakan salah satu ibadah ketaatan yang paling cepat mendekatkan diri kepada Allah Taala."

Shalawat di atas, alfaqir namakan Jawahirul Maani Wa Bulughul Amani bertabarruk dengan nama kitab utama dalam Thoriqah Tijaniyah, Jawahirul Maani Wa Bulughul Amani Fi Faidh Abil Abbas at-Tijaniy Radhiyallahu anhu.

Kitab Jawahirul Maani diimlakan oleh Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu anhu kepada murid beliau yang bernama Sayidi Ali Harazim radhiyallahu anhu dan disaksikan oleh Sayyidil wujud Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Imam Ahmad Baba as-Syinqithiy menyatakan dalam nazham Munyatul Murid;

وقال فيه المصطفى كتابي  * وأنا ذا ألفت للأحباب

Rasulullah Nabi terpilih memuji kitab jawahirul maani dengan mengatakan ini adalah kitabku. Aku sengaja mengorbitkannya untuk para kekasiku.

Al-Qadhi Ahmad Sukairij radhiyallahu anhu berkata: Rumah yang di dalamnya terdapat kitab Jawahirul Maani wa bulughul amaniy mendapat banyak kebaikan dan keberkahan serta jauh dari bala dan mushibah.

Shalawat Jawahirul Maani Wa Bulughul Amani ini, dibaca 3 kali sebelum membaca Kitab Jawahirul Maaniy Wa Bulughul Amani. Dengan memohon kepada Allah Taala agar mendapatkan asrar, futuhat dan fuyudhat dari kitab tersebut.

Adapun bila dijadikan wiridan harian, maka dibaca pagi 10 kali dan sore 10 kali. Karena Mengikuti keterangan dari Hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bacaan minimal dzikir shabah wal masa (pagi dan sore) terkait sholawat adalah pagi 10 dan sore 10:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ حِينَ يُصْبِحُ عَشْراً، وَحِينَ يُمْسِي عَشْراً أَدْرَكَتْهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Siapa saja yang bershalawat kepadaku ketika berada di pagi hari 10 kali dan sore 10 kali, maka ia akan mendapat syafaatku di hari kiamat nanti.

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam at-Thabarani dalam kitab dengan sanad yang bersambung kepada Sayiduna Abud Darda Radhiyallahu anhu. Imam al-Haistami memberikan komentar sanadnya jayyid dan para periwayatnya dianggap stiqoh (kredibel).

Shalawat Jawahirul Ma'ani, alfaqir gubah pada tanggal 17 September 2016 bertepatan tanggal 17 Dzulhijjah 1437 Hijriyah. Shalawat ini sebagai hadiah buat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam di hari ulang tahun ke dua putri alfaqir bernama Munyatun Nufus. Mudah-mudahan dengan pangkat besar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, asrar shalawat, madad Sayidi Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu anhu dan barokah kitab Jawahirul Maaniy wa Bulughul Amaniy, alfaqir beserta keluarga diberikan panjang umur, sehat afiat, beriman, berakhlaqul karimah, mendapat barokah, jauh dari bala fitnah dan syarrul ain, bermanfaat bagi islam dibanggakan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan Sayidi Syekh Ahmad at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu. Aamiin.

Alhamdulillah, Sewaktu al-Faqir membaca shalawat Jawahirul Maaniy, Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy mengaminkannya dan membacakan syair;

وإذا سرى سر التجاني بالحشا ** فاضت بقلبك أبحر العرفان
يا سامعي إن التجاني وسيلتي ** هو روح روحي  جنتي وأماني

Apabila rahasia sayidi Syekh Ahmad Tijani mengalir dalam dirimu maka cahaya ma'rifah akan meluap di hatimu. Wahai para pendengar, sesungguhnya Syekh Ahmad Tijani merupakan wasilahku, beliaulah yang menjadi jiwa sekaligus surga dan cita-citaku.

lihat selengkapnya pada video ini



Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا






 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



6 komentar:

kris jowo mengatakan...

mohon ijazahnya kyai,semoga kyai selalu disyafaati dunia akhirat amin

Yayasan Almuafah mengatakan...

ما شاء الله

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Fauzy mengatakan...

قبلت

Unknown mengatakan...

Qabiltu