Sabtu, 17 September 2016

Sanad Kitab ar-Riyadh al-Badi'ah

Ijazah Kitab ar-Riyadh al-Badiah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Ar-Riyadhul Badi'ah adalah sebuah karya dari Syekh Muhammad Bin Sulaiman Hasbullah (1) seorang pentolan ulama dan guru besar di Masjidil Haram, seorang wara’ yang arif dan bijaksana.

Judul lengkap namanya Ar-Riyadhul Badiah Fi Ushuluddin Wa Ba'dhi Furuis Syari'ah kitab yang bentuk fisiknya sangat sederhana membicarakan tema-tema pokok aqidah dan bagian hukum syariat (fiqh mazhab imam syafii).

Isi kitab Ar-Riyadhul Badiah terdiri 8 Sub tema yang terdiri dari beberapa bab dan fasal. Kitab ini diawali dengan Rukun Islam dan Rukun Iman serta aqidah khomsin (50 aqidah, sifat wajib, mustahil dan jaiz pada haq Allah Taala dan para Rasul) dilanjutkan Thaharah, 3 fasal dan 6 bab. Kitab Shalat, 2 fasal dan 7 bab. Kitab al-Janaiz. Kitab Zakat. Kitab as_shiyam, 1 bab dan 5 fasal. Kitab Haji dan Umrah, 1 bab dan 12 fasal. Kitab Udhhiyah dan Aqiqah, 1 mathlab dan 1 fasal. Kitab Sumpah dan nadzar, 1 mathlab dan 1 fasal.

Kitab ar_Riyadhul Badiah diberikan komentar oleh Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar al-Bantaniy (wafat 1304 Hijriyah) dengan kitab as-stimarul Yani'ah Ala alfazh ar-Riyadh al-Badi'ah.

Dalam komentarnya, Syekh Muhammad Nawawi al-Bantaniy menambahkan beberapa bahasan antara lain: hal yang terkait ziarah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, kajian tasawuf dan fawaid dzikir.

Kitab ar-Riyadhul Badi'ah menjadi taqrir di madrasah diniyah al-Muafah untuk kelas 3.

Ada hal menarik dalam kitab ar-Riyadhul Badi'ah pada fashal al-Mubthilatis Shaum (hal yang membatalkan puasa):

الاول دخول شيئ من أعيان الدنيا ولو قليلا الى الجوف عمدا

Pertama yang dapat membatalkan puasa adalah masuknya benda atau materi dunia walaupun sedikit ke dalam rongga dengan sengaja.

Alfaqir pernah bertanya kepada Abuya Kh Saifuddin Amsir al-Batawiy, tentang redaksi di atas, bila yang masuk ke dalam rongga berupa materi dunia dengan sengaja dapat membatalkan puasa, berarti memasukan benda atau materi akhirat tidak membatalkan. Dan apa yang dimaksud benda atau materi akhirat yang jika dimasukan ke rongga dengan sengaja tidak membatalkan puasa?

Beliau menjawab; di antara materi akhirat adalah makanan atau minuman yang Allah Taala kirimkan kepada seorang wali sebagai bentuk karamah kepadanya. Jika si wali tersebut makan dan minum dengan sengaja saat ia berpuasa, maka tidak membatalkan puasanya. Sebagaimana karamah yang Allah Taala berikan kepada Kiai Kholil Bangkalan, saat tengari bentet di bulan Ramadhan lewat tukang kwetiau, beliau memanggilnya dan minta dibuatkan lalu beliau makan. Banyak orang yang menyaksikan Syekh Kholil bangkalan makan siang kwietuau di bulan puasa, begitu beliau selesai makan tukang kwetiau menghilang hingga tidak ada satu orang pun di lokasi yang melihat kemana perginya.

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada pengarang kitab ar-Riyadhul Badi'ah Syekh Muhammad Hasbullah Bin Sulaiman al-Makkiy sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن المعمر العلامة الحبيب احمد بن ابي بكر الحبشي عن والده الحبيب أبي بكر بن احمد الحبشي عن الشيخ احمد بن علي بن حسن النجار عن المؤلف الشيخ محمد حسب الله بن سليمان المكي رضي الله عنه .

Biografi Pengarang Kitab ar-Riyadhul Badi'ah

As-Syaikh Muhammad bin Sulaiman Hasbullah As-Syafi'i Al-Makki (1233-1335 H) merupakan salah satu ulama kenamaan yang kitabnya banyak dikaji masyarakat muslim dunia termasuk di Indonesia. Beliau dilahirkan pada tahun 1233 H. dan tumbuh di tanah Makkah Al-Mukarramah.

Seja kecil, beliau dikenal sangat rajin dan bersungguh-sungguh dalam hal menuntut ilmu. Banyak ilmu yang ia ambil dan ia pelajari dari para ulama dan para pembesar islam. Beliau pun dikenal sebagai sosok pemerhati terhadap kaidah-kaidah dan pokok-pokok permasalahan. Selain itu beliau memiliki kepiawaian dalam bidang tafsir dan fiqih.

Di tanah Mekah, beliau berguru pada banyak ulama yang diantaranya adalah Mufti Mekah As-Syaikh Ahmad Ad-Dimyathi, As-Sayyid Ahmad An-Nahrawi, dan As-Syaikh Abd Al-Ghanny Ad-Dimyathi.

Guru-guru beliau banyak memberi peran dalam keluhuran ilmu yang dimiliki oleh beliau. Mereka mengijazahkan riwayat serta sanad keilmuan kepada beliau. Termasuk diantaranya As-Syaikh Abd Al-Hamid Ad-Dagistani yang membacakan bidang tafsir, hadits, fiqih, dan bidang lainnya dengan memberikan seluruh ijazah yang ia miliki kepada beliau.

Selain itu, beliau pun mengambil ilmu dari ulama-ulama yang berkunjung ke Mekah. Diantaranya As-Syaikh Ahmad Minnatullah Al-Azhary dan As-Syaikh Muhammad bin Khalil Al-Qowiqaji. Kemudian beliau pun berkunjung ke Mesir dan mengambil ilmu dari Syaikhul Islam Ibrahim As-Saqa dan mendapat ijazah darinya.

Pada kunjungannya ke Masjid Rasulullah saw., beliau membacakan bidang hadits terhadap Al-Muhaddits As-Syaikh Abd Al-Ghanny Ad-Dahlawi dan mengijazahkan seluruh riwayatnya.

Beliau kemudian mengajar di masjidil haram. Banyak para penuntut ilmu yang mengabil pengetahuan dari beliau. Diantaranya adalah As-Syaikh Utsman Tambusi, Abu Bakar bin Syihab Ad-din Tambusi, dan As-Syaikh Abd As-Sattar Ad-Dahlawi. Setiap tahun beliau senantiasa berkunjung ke Madinah dan berpuasa Ramadhan, serta mengajar di Masjid Nabawi.

Syaikh Abd As-Sattar Ad-Dahlawi pernah bercerita tentang beliau As-Syaikh Ahmad bin Sulaiman Hasbullah: "Beliau adalah keajaiban dalam hafalan dan ta'bir, cerdas dalam tafsir dan fiqih. Suatu ketika aku hadir bersamanya pada pengajian tafsir Jalalain ba'da magrib di masjidil haram. Beliau tidak memegang lembaran apapun ketika membaca, melainkan beliau menuturkan kajiannya dari lubuk hati yang disertai pemahaman. Aku pun sering hadir pada pengajiannya di Madinah Munawwarah. Dan aku sebagai muqri (pembaca) disampingnya sebab beliau kehilangan penglihatan, namun beliau tidak meninggalkan kebiasaannya tersebut saat mengajar".

Beliau meninggal di kota Makkah pada tahun 1335 Hijriyah dengan Meninggalkan beberapa buah karya yang diantaranya adalah:

- Hasyiyyah 'ala Manasik Al-Khotib As-Syarbini Al-Kabiir

- Ar-Riyadl Al-Badi'ah Fii Ushul Ad-Din wa Ba'dli furuu'i As-Syarii'ah

- Faidl Al-Manan Syarah Fathu Ar-Rahman. (2)


(1) Syekh Muhammad
 Nawawi al-Bantaniy dan Sayyid Alawiy Bin Abu Bakr as-Segaf menyebutkan nama pengarang kitab Ar-Riyadhul Badiah adalah Syekh Muhammad Hasbullah Bin Sulaiman. Adapun Syekh Umar Abdul Jabbar mencatat Syekh Muhammad Bin Sulaiman Hasbullah. Sedangkan Abuya KH Saifuddin Amsir menyebut dengan dhabit (catatan) Muhammad Hasabullah.

2) http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.dakwah.web.id/2015/08/biografi-syaikh-muhammad-hasbullah.html



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



6 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Irfan mengatakan...

qobiltu..

Aziz mengatakan...

Qobiltu, mohon doa & ijazahnya kyai

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Qabiltu ijazah pak kyai