Senin, 22 Februari 2016

Shalawat Wafa-ud Dain (Pelunas Hutang)

Shalawat Wafa-ud Dain

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Berhutang memang bisa jadi solusi, tetapi juga bisa menjadi masalah baru yang menjerumuskan jika tidak dikelola dengan baik.

Berhutang sesuai syar'i tidak menjadi satu kehinaan bagi seseorang. Yang dilaknat adalah ketika berhutang ia sudah pasang niat tidak mau bayar atau ketika sudah punya kemampuan ia tidak mau melunasinya. Bahkan ketika ditagih tidak mau tanggung jawab. Orang kampung bikin semboyan buat orang semacam ini;

Kumis melintang dada berbulu
Ditagih hutang kabur melulu.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

الدَّيْنُ دَيْنَانِ فَمَنْ مَاتَ وَهُوَ يَنْوِي قَضَاءَهُ فَأَنَا وَلِيُّهُ وَمَنْ مَاتَ وَلَا يَنْوِي قَضَاءَهُ فَذَلِكَ الَّذِي يُؤْخَذُ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ يَوْمَئِذٍ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ

“Hutang itu ada dua macam, siapa saja meninggal dalam keadaan berniat melunasi hutangnya maka aku adalah walinya, dan siapa yang meninggal dalam keadaan tidak berniat melunasinya maka itulah yang akan menjadi penyebab diambil kebaikan-kebaikannya pada hari kiamat, yang ketika itu tidak bermanfaat lagi dinar dan dirham.” [HR. Ath-Thabraniy].

Mari perhatikan hadist-hadits berikut:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « مَطْلُ الْغَنِىِّ ظُلْمٌ

Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Penundaan (pembayaran hutang) yang dilakukan oleh orang kaya adalah sebuah kezaliman.” HR. Bukhari.

Shalawat menjadi salah satu amalan mustajab yang diyakini dapat mendatangkan solusi bagi masalah-masalah pelik seperti terlibat hutang.
Di antara redaksi shalawat yang jadi wasilah dapat melapangkan jalan untuk melunasi hutang adalah:

اللهم صل على سيدنا محمد بن عبد الله . القائم بحق الله ما ضاقت إلا وفرجها الله .

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad ibni Abdillah, al-Qo-im bi haqqillah, ma dho-qot illa wa farrojahallah.

Artinya: Ya Allah, berikan shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad putra sayyiduna Abdullah, seorang manusia yang menjalankan haq Allah. Tidaklah menjadi sempet hak tersebut melainkan Allah berikan solusinya."

Shalawat Wafa-ud Dain di atas dinisbahkan kepada al-Habib Muhammad Bin Aidrus Bin Muhammad Bin Ahmad Bin Zain Bin Alawiy al-Habsyiy Radhiyallahu Anhu (wafat tahun 1337 Hijriyah di kota Surabaya).

Kaifiatnya: Hendaknya seseorang sebelum membaca Shalawat di atas, melakukan shalat sunnah hajat dua rakaat, setelah salam ia sebutkan hajatnya dalam hati lalui shalawat di atas dibaca 1000 kali secara langsung berturut-turut dalam satu tempat (tidak boleh dicicil) dilakukan pada tempat tersembunyi di mana orang lain tidak ada yang mengetahui bahwa dirinya berada di situ, maka dengan izin Allah Taala ia akan diberikan kemudahan melunasi hutang-hutangnya.

Adapun Sanad Muttashil kepada al-Habib Muhammad Bin Aidrus Bin Muhammad Bin Ahmad Bin Zain Bin Alawiy al-Habsyiy Radhiyallahu Anhu sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة الحبيب عمر بن محمد بن سالم بن حفيظ بن عبد الله بن أبي بكر بن سالم الحسيني عن والده عن العلامة الحبيب سالم بن احمد بن عمر بن هادون العطاس عن الحبيب علوي بن محمد الحداد وهو عن السيد الأمجد الحبيب محمد بن عيدروس بن محمد الحبشي رضي الله عنه .


Dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 56.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


35 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb.

Unknown mengatakan...

Qobiltu qobiltu qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu..

Unknown mengatakan...

Qobiltu..

dede akhadiyat mengatakan...

Qobiltu baginda...

Abdul Kodir mengatakan...

Baca Sholawat Wafaud-Dain


Insyaa Allah lunas utangnye...

Unknown mengatakan...

qobiltul ijazah

Unknown mengatakan...

Qobiltu..

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ustadz, terima kasih banyak atas ilmu ilmunya..

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...Qobiltu Yaa Baginda

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu ijazah beserta sanadnya

Rihan Maricar mengatakan...

Qobiltu ijazah beserta sanad nya yai

ACHMAD ANSORI mengatakan...

Alhamdulillah. Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Alhamdulilah, qobiltu

muhawan mengatakan...

Qobiltu Ustadz
Mohon ijin untuk mengamalkannya

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ya mualim baginda H Rizqi dzulqornain..ana mhn ijazah mengamalkan shalawat ini..qobiltu ya muallim
Ana agusmaulana

Unknown mengatakan...

Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar.

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

📖 *YAYASAN AL MU’AFAH*
*Pimpinan*
👤Ust. Rizqi Dzulqornain Al-batawi
.
📌*Follow Kite* :
👉 *Instagram* :
✅ @rizkialbatawi
☑ @yayasan_almuafah
👉 *Facebook* : Rizki Zulqornain Albatawi
👉 *Youtube* : yayasan al-muafah
✅ *Blog* : https://yayasanalmuafah.blogspot.com/

.
📍 *YAYASAN AL-MU’AFAH* :
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5
Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910.
🌏 *GOOGLE MAP* 🌏
https://goo.gl/maps/pTRAzRes3k1HmYq67
.
.

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijazah berserta sanadnya

Agus Wahyudin mengatakan...

Qobiltu ijazah dan sanadnya.

Rio.oioi mengatakan...

Qobiltu ijazah, terimakasih pak Kyai atas ilmunya, insyaallah ijin untuk ikut mengamalkan amin

Unknown mengatakan...

Jangan nambah dosa dengan ngebohong

Halifalajamu mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu khiyai mhn ijazah nya

mashans78 mengatakan...

Bismillah Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijajah

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ijazah

Indro Sst mengatakan...

Qobiltu ijazah, terima kasih pak Kyai atas ilmunya, mohon ijin untuk ikut mengamalkan.

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah..

nubi mengatakan...

qobiltu ustadz

Anonim mengatakan...

Qobiltu. Semoga berkah amal jariah ustz disana

Mandailing Natal mengatakan...

Qobiltu, Alhamdulillah, terima kasih ustadz