Selasa, 16 Februari 2016

Penyair Ulung Rasulullah (Hassan Bin Tsabit)

Hassan Bin Tsabit Penyair Rasulullah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Hassan bin Tsabit Radhiyallahu Anhu dilahirkan di kota Madinah sebelum tahun gajah. Nama lengkapnya adalah Abu Walid Hassan bin Tsabit al-Anshary. Beliau termasuk sahabat yang piawai dalam berpuisi karena berasal dari kaum yang dikenal punya cita rasa puisi yang bagus. Maka tidak mengherankan jika kemudian hari Hassan bin Tsabit mempunyai bakat itu, karena ia hidup pada dua masa, Jahiliyah dan Islam.

Sayyiduna Hassan bin Tsabit Radhiyallahu anhu adalah penyair yang gigih membela Islam dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dari kecaman para kaum musrikin dan kafirin, terutama para penyair pada masa itu. Julukan yang beliau sandang antara lain: Abu Abdurrahman, Abul Walid dan Abul Hussam (bapaknya pedang terhunus) lantaran beliau siaga membela Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dengan segala apapun kemampuaan yang ia miliki, terutama lisannya. Ia berjihad dengan bersyair melawan para kaum kafirin dan musyrikin, khususnya para penyair yang kontras dengan Islam

Beliau pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam: Ya Rasulullah, apakah aku boleh membela diri engkau dengan syair-syairku? Rasulullah menjawab: Seseorang yang dibolehkan membela Nabinya dengan pedang, maka ia boleh juga membela Nabinya dengan syair-syairnya."

Imam Ibn Ishaq berkata:"Hassan Bin Tsabit wafat di kota tahun 54 Hijriyah pada usia 120 tahun. 60 tahun beliau hidup pada masa jahiliyah dan 60 tahun pada masa Islam.

Imam al-Qusthullaniy dalam kitab Mawahibul Laduniyah menyebutkan doa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada seorang sahabat bernama Sayyidina Hassan Bin Stabit Radhiyallahu Anhu:

اللهم أيده بروح القدس

 Artinya: Ya Allah, berikan kekuatan kepadanya dengan ruh quds (malaikat Jibril)."

Disebutkan bahwa malaikat Jibril membantu sayyiduna Hassan Bin Stabit dengan mendatangkan 70 bait syair. Belum diketahui secara pasti apakah 70 bait syair tersebut malaikat Jibril langsung memberikannya kepada sayyiduna Hasan berbentuk catatan atau sekedar ditalqinkan saja.

Terlepas perbedaan pendapat bagaimana teksnis yang dilakukan oleh malaikat Jibril Alaihis salam, riwayat ini benar-benar menunjukan hal yang sangat spektakuler di zamannya. Belum pernah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendoakan seorang sahabat dengan doa sedahsyat ini, sampai meminta kepada Allah Taala agar malaikat Jibril ikut serta membelanya.

Di antara Syair-syair sayyiduna Hassan Bin Tsabit Radhiyallahu anhu:

هجوت محمدا برا تقيا * رسول الله شيمته الوفاء فإن أبي ووالده وعرضي * لعرض محمد منك وقاء . ثكلت بنيتي إن لم تروها * تثير النقع من كنفي كداء
يبارين الأعنة مصعدات * على أكتافها الأسل الظماء
تظل جيادنا متمطرات * تلطمهن بالخمر النساء
فإن أعرضتمو عنا اعتمرنا * وكان الفتح وانكشف الغطاء
وإلا فاصبروا لضراب يوم * يعز الله فيه من يشاء
وقال الله: قد أرسلت عبدا * يقول الحق ليس به خفاء
وقال الله: قد يسرت جندا * هم الأنصار عرضتها اللقاء
لنا في كل يوم من معد * سباب أو قتال أو هجاء
فمن يهجو رسول الله منك * ويمدحه وينصره سواء
وجبريل رسول الله فينا * وروح القدس ليس له كفاء

Syair tersebut disebutkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya pada hadis no: 2490.


Dikutip dari kitab Ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 55.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy

 

 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah