Koreksi Imam al-Qurthubiy Tafsir surat al-Anbiya ayat: 87
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Tashhih (Koreksi) Imam al-Qurthubiy terhadap tafsir surat al-Anbiya ayat: 87
وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Nabi Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."
Imam al-Qurthubiy dalam kitab al-Jami' Li Ahkam al-Qur'an jilid 11 halaman: 331 mengatakan: "Jika seseorang menterjemahkan:
((فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ))
Kalimat: (( لَنْ نَقْدِرَ )) berasal dari kata Qodara yang maknanya al-Qudrah sehingga dia artikan kalimat tersebut dengan "Kami (Allah) tidak sanggup (kuasa)" ini terjemahan batil yang wajib ditolak lantaran bisa menjadikan seseorang kufur.
Makna yang shahih Kalimat: (( لَنْ نَقْدِرَ )) Qodara di situ bermakna "at-Taqdir" (sempit), sehingga artinya: Nabi Yunus menyangka Kami (Allah) tidak mempersempit (menyulitkan).
As-Sayyid Ahmad al-Marzuqiy dalam Aqidatul Awam berkata:
وجائز في حقهم من عرض *** بغير نقص كخفيف المرض
Artinya: "Boleh terjadi pada hak para Nabi dan Rasul segala sifat manusia seperti sakit ringan, tetapi yang bukan sifat-sifat hina (yang merendahkan martabat mereka)
Dalam kitab Tahshil Nailil Maram Syarh Aqidatil Awam, As-Sayyid Ahmad al-Marzuqiy halaman 18 menjelaskan: "Wajib bagi tiap mukallaf (orang yang kena beban agama) meyakini sifat jaiz (yang boleh) bagi para Nabi dan Rasul kepangku "al-A'radh al-Basyariyah" (sifat-sifat manusia) yang tidak menyebabkan kehinaan pada hak mereka seperti sakit ringan, tidur (hanya mata tetapi hati mereka tidak).
Maka berdosa jika seseorang menyifati Nabi dan Rasul dengan sifat-sifat yang menyebabkan martabat mereka menjadi hina seperti: stress, gila, putus asa, ragu-ragu, bingung dan sebagainya lantaran sifat-sifat kurang tersebut bukan hanya mereka jadi hina juga dapat merusak sifat-sifat yang wajib pada hak mereka yaitu: Shidiq (jujur), Tabligh (menyampaikan, Fathanah (cerdas) dan amanah (terpercaya).
Nabi Yunus Alaihis Salam seorang Nabi dan Rasul sangat tidak mungkin meragukan kekuasaan Allah Taala.
Disarikan dari kitab ittihaful Amajid Bi Nafasil Fawaid karya Abu Munyah as-Sakunjiy jilid 2 halaman 211.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy
********* ******** ********
اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.
(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)
اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ يَا اللَّـه .
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910
2 komentar:
Assalamu'alaikum..Ustadz
Terimakasih atas artikel2nya yang begitu menarik dan mencerahkan.
Sekalian Mohon ijazahnya dari amalan, do'a, shalawat dan lainnya yang telah kami baca dari Facebook dan Blog ustadz, yaitu yayasanalmuafah.blogspot.co.id
Iya tads makasih
Posting Komentar