Senin, 21 Desember 2015

Batas Shalat Sunnah Wudhu

Batas Shalat Sunnah Wudhu

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan Saudara Sarkawi Sarmidi dari Gang Sengon Jakarta Utara;

Di antara salah satu shalat sunnah yang memiliki keutamaan besar adalah shalat sunnah wudhu, yaitu shalat sunnah yang dilakukan setelah seseorang melakukan wudhu.
Pertanyaan saya adalah sampai batas kapan seseorang yang berwudhu masih punya kesunnahan melakukan shalat sunnah wudhu ?

JAWABAN:

Saban seseorang kelar mengerjakan wudhu, disunnatkan baginya melakukan Shalat sunnah Wudhu dua raka’at. Sebelum menjawab pertanyaan saudra Sarkawi, al-Faqir akan menyebutkan bagian dari keutamaan Shalat Sunnah Wudhu itu di antaranya:

Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir Radhiyallahu anhu, dia berkata,

أنّ رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: "مَا مِنْ أحَدٍ يَتَوَضّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إلاّ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنّةُ" ‪‬

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seseorang yang berwudhu dan mengerjakan wudhunya dengan baik dan mengerjakan shalat dua rekaat dengan ikhlas dan tenang karena Allah, niscaya wajib baginya surge” (HR. Abu Dawud no. 169; Ahmad no 17352; Ibnu Hibban no. 1050).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Bilal radhiyallahu anhu:

‫‬‫‬"يَا بِلاَلُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الإِسْلاَمِ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طَهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلاَّ صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ" . ‪‬

 “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku tentang amalan yang paling engkau harapkan pahalanya sejak engkau memeluk Islam! Sesungguhnya aku mendengarkan bunyi kedua sandalmu di depanku di dalam surga”. Bilal menjawab, “Aku tidaklah mengerjakan suatu amal yang paling aku harapkan pahalanya, selain dari pada setiap kali bersuci, baik di waktu malam atau siang, aku selalu mengerjakan sholat semampu saya.”  (Hadits shohih. Diriwayatkan oleh al-Bukhori, no.1098, 1149; Muslim, no. 6274, 9670; Ahmad no. 9670; Ibnu Khuzaimah no. 1208; Ibnu Hibban no. 7085).

Semoga dengan sampainya riwayat hadis di atas lebih memotivasi kita untuk mengamalkannya dengan sempurna.

Mengenai waktu sampai kapan seseorang yang berwudhu masih punya kesunnahan melakuan shalat sunnah wudhu dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama.

Imam Ali Bin Abdullah as-Samhudiy (wafat 911 Hijriyah) mengatakan masih ada waktunya selama wudhu yang ia lakukan belum terjadi hadast (yang menghalangi sahnya shalat). Pendapat ini ditetapkan oleh Abdullah Bin Umar Radhiyallahu Anhuma.

Imam Ibn Zhahirah berpendapat batas waktunya ditentukan oleh Urf (pandangan umum) seandainya terlalu lama jaraknya maka sudah tidak berlaku. Hal ini yang dimantapkan oleh Syekh Muhammad Nawawiy al-Bantaniy dalam kitab Nihayatuz Zain halaman 41;

صلاة سنة الوضوء عقب الفراغ منه وقبل طول الفصل والاعراض

Artinya: Shalat sunnah wudhu dilakukan setelah selesai wudhu dan sebelum terjadinya jeda dan berpaling yang lama."

Imam al-Buraihaniy menyebutkan masanya sampai keringnya angota wudhu.

Wallahu A'lam.

Kha dimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / 082122549831
PIN: 22580F48
instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910