Sabtu, 11 Juli 2015

Shalawat Imam Ibnul Mayyit (Beserta Sanadnya)

Shalawat Imam Ibnul Mayyit

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الفتاح العليم . والصلاة والسلام على أبي القاسم، سيدنا محمد الفاتح الخاتم، وعلى آله وصحبه معدن التشريف والتعظيم  . أما بعد:

Shalawat Imam Muhammad al-Budairiy ad-Dimyathiy:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ الْخَاتِمِ الرَّسُولِ الْكَامِلِ الرَّحْمَةِ الشَّامِلِ وَعَلَى آلِهِ وأَصْحَابِهِ وَأَحْبَابِهِ عَدَدَ مَعْلُومَاتِ الله بِدَوَامِ الله صَلاَةً تَكُونُ لَكَ يَا رَبَّنَا رِضَاءً وَلِحَقِّهِ أَدَاءً وَأَسْأَلُكَ بِهِ مِنَ الرَّفِيقِ أَحْسَنَهُ وَمِنَ الطَّرِيقِ أَسْهَلَهُ وَمِنَ الْعِلْمِ أَنْفَعَهُ وَمِنَ الْعَمَلِ أَصْلَحَهُ وَمِنَ الْمَكَانِ أَفْسَحَهُ وَمِنَ الْعَيْشِ أَرْغَدَهُ وَمِنَ الرِّزْقِ أَطْيَبَهُ وَأَوْسَعَهُ.

Artinya: Ya Allah berikan shalawat dan salam kepada pemimpin kami Nabi Muhammad sebagai pembuka rahmat dan anugrah, penutup risalah dan nubuwwah, utusan yang sempurna, rahmat yang universal, juga berikan kepada keluarga dan para sahabat beliau beserta para pecintanya sebanyak sesuatu yang Allah Taala ketahui dengan kekekalan Allah sebenar-benar shalawat yang Engkau ridhai wahai Tuhan kami, dan menunaikan hak beliau. Aku mohon kepadaMu teman-teman yang baik, jalan yang paling mudah, ilmu yang mamfaat, perbuatan yang mendatang banyak kebaikan, tempat tinggal yang luas, hidup bahagia serta rizki yang bagus dan luas."

Shalawat ini dinisbahkan kepada seorang ulama besar imam Abu Hamid Muhamnad bin Muhammad al-Budairiy ad-Dimyathiy wafat pada tahun 1140 Hijriyah di kota Dimyath, Mesir.

Beliau nyohor dengan sebutan Ibnul Mayyit. Lantaran ada riwayat dari bagian karomah ayah beliau yang saat wafat kemaluannya masih berdiri tegak dan membuat heran orang-orang di zaman itu. Akhirnya ada ulama yang memerintahkan agar istrinya masuk kamar dan berbuat sebagaimana suami istri, kemudian dengan izin Allah beberapa bulan sang istri hamil yang akhirnya melahirkan seorang anak lelaki yang diberi nama Muhammad dan di kemudian hari terkenal dengan sebutan Ibnul Mayyit (anaknya orang mati).

Sebuah karamah besar, bayangkan orang yang telah mati dengan izin Allah masih bisa ikhtiar bikin anak. Mengenai karamah tersebut banyak ulama yang memberikan kritik bahwa lahirnya Ibnul Mayyit bukan dari hasil hubungan seksual seorang istri kepada suaminya yang telah meningal, melainkan dari hubungan seksual sebelumnya. Terlepas benar tidaknya riwayat mengenai karamah di atas, tak bisa kita pungkiri ilmu dan kuasa Allah maha segala-galanya. Imam Ibnu Ruslan berkata:

قدرته لكل مقدور جعل **** وعلمه لكل معلوم شمل

Artinya: kuasanya Allah Taala menjadikan bagi segala yang ia kehendaki. Dan pengetahuan Allah meliputi segala apa yang diketahuinya."

Beliau mengatakan siapa saja yang membaca shalawat di atas sebanyak 7 kali dalam sehari semalam, maka aku berharap kepada Allah ia mendapat kebahagiaan dunia akhirat dan mendapat pangkat tinggi.

Syekh Yusuf Bin ismail Nabhaniy berkata: shalawat tersebut sangat besar keutamaannya, cukuplah menjadi bukti nyata kebesaran pengarangnya beliau merupakan seorang ahli ma'rifah yang menjadi guru besar dari imam al-Quthb as-Sayyid Musthafa al-Bakriy.

Shalawat ini al-Faqir catatkan dalam ensiklopedia shalawat para wali dengan judul kitab Dzakhiratul Muhtaj Fis shalawati Ala shohibil Liwa wat Taj yang dicetak oleh yayasan al-Muafah pada tahun 2013 terdiri dari 3 jilid besar.

Adapun sanad muttashil kepada imam Muhammad al-Budairiy, al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن العلامة المحدث المسند السيد صلاح الدين التجاني الحسني عن العلامة المحدث السيد محمد الحافظ التجاني المصري عن محدث الشام السيد بدر الدين الحسني البيباني الدمشقي عن أبيه العلامة السيد يوسف بن بدر الدين الحسني الدمشقي عن العلامة سعيد بن حسن الحلبي عن الشهاب احمد بن عبيد الله العطار عن شمس الدين محمد بن عبد الرحمن الغزي وهو عن الامام برهان الدين ابي حامد محمد بن محمد بن محمد بن احمد البديري الدمياطي رضي الله عنه




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .


Jakarta: Sabtu 24 Ramadhan 1436 H


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

HP: 08164856876 / +6282122549831
PIN: 22580F48



10 komentar:

Ponpes Nurul Hidayah Kal-Tim mengatakan...

saya shodiqur rifqi bin Riduansyah ( Buntok , Kalteng)

memohon kpada bpak Kyai Rizki Dzulqarnain betawi untuk mengijazahkan amalan ini kepada saya ....

trima kasih.

Ponpes Nurul Hidayah Kal-Tim mengatakan...

saya shodiqur rifqi bin Riduansyah ( Buntok , Kalteng)

memohon kpada bpak Kyai Rizki Dzulqarnain betawi untuk mengijazahkan amalan ini kepada saya ....

trima kasih.

Yayasan Almuafah mengatakan...

Marhaba,, saya ijazahkan. Semoga keberekahan shalawat menjadi wasilah terkabul sehala hajat

mohammad mengatakan...

Sya juga minta baginda

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak kyai saya mau tanya tentang kisah syeih ibnu mayyit bisa kita baca d kitab apa ?? Syukron

Rofy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rofy mengatakan...

Alhamdulillah Jazakallah Kher Kyai, قبلت الاجازة

Unknown mengatakan...

Qobiltu

muhammad zahwan anwar mengatakan...

Saya atas nama muhammad Zahwan Anwar izin ke kepada pemilik sanad sholawat agar kiranya dapat memilikinya.terima kasih