Senin, 06 Juli 2015

Shalat Sunnah Lailatul Qadr (Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan)

Shalat Sunnah Lailatul Qadr

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الفتاح العليم . والصلاة والسلام على أبي القاسم، سيدنا محمد الفاتح الخاتم، وعلى آله وصحبه معدن التشريف والتعظيم  . أما بعد:

10 malam terakhir bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang sangat besar terutama pada malam-malam ganjil.

اذا العشرون من رمضان ولت ** فبادر بالتلاوة والقيام
ولا تأخذ بحظك من منام *** فقد ضاق الزمان عن المنام

Apabila 20 hari Ramadhan berlalu, maka semangatkan dirimu dengan bersegera memperbanyak baca al-Qur'an dan ibadah malam. Jangan kau sibukan dirimu dengan banyak tidur, sungguh waktu itu akan menjadi picik (sia-sia) jika selalu diisi dengan tidur.

Segala macam bentuk ibadah yang kita lalukan di malam-malam ganjil memiliki harapan besar untuk mendapat Lailatul Qadr, satu malam ketentuan, malam kemuliaan dan malam penuh kesempitan lantaran milyaran malaikat turun ke bumi mengaminkan doa-doa orang yang melakan kebaikan di malam itu.

Ibadah yang kita lakukan jika bertepatan dengan malam Qadr memiliki nilai pahala lebih dari melakukannya selama 1000 bulan, 83 tahun 4 bulan. Sangat langka manusia zaman sekarang yang sampai pada umur sampai seperti itu. Apalagi jika umur 83 tahun tersebut full diisi dengan ibadah:

Guru kami, Sayyid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy membuat syair:

هي ليلة القدر التي شرفت على *  كل الشهور وسائر الأيام
من قامها يمحو الإله بفضله * عنه الذنوب وسائر الآثام 
فادعوه واطلب فضله تعط المنى *  وتجاب بالإنعام والإكرام

Lailatul Qadr merupakan malam kemuliaan atas segala bulan dan hari. Siapa yang menghidupkan ibadah di malam itu, Allah Taala akan menghapus segala dosa dan kesalahannya. Dapatkan dan carilah keutamaannya maka engkau diberikan anugrah dari segala cita-cita, ni'mat dan kemuliaan."

Ada seorang ulama berkata" Jika Lailatul Qadr itu berada pada waktu yang dirahasiakan di antara setahun penuh, maka aku akan tetap bersemangat mendapatkannya dengan istiqamah ibadah selama setahun penuh. Terlebih lagi lailatul Qadr hanya berada pada 10 malam terakhir.

Di antara amaliyah yang dilakukan para ulama Thariqah Tijaniyah di asyrul awakhir (10 malam terakhir) bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan shalat 2 rakaat di tiap malam 10 malam terakhir bulan Ramadhan, sebagai upaya menghidupkan malam Ramadhan dengan harapan mendapatkan Lailatul Qadr (malam kemuliaan).

Tata caranya:

 Niat shalat Lailatul Qadr;

اصلي سنة ليلة القدر لله تعالى

Ushollii Sunnata Lailatil Qodri Lillahi Taala

Rakaat pertama dan kedua setelah al-Fatihah membaca Surat al-Qadr (Inna Anzalnahu Fi Lailatil Qodr).

Setelah salam membaca shalawat:

🌺 يا رب صل على سيدنا محمد صلاتك التي تفي بقدره،  صلاتك العظيمة القدر والمقدار . عدد 92 مرة

Ya Robbi, Sholli ala Sayyidina Muhammadin shalatakal latii tafii bi qodrih, sholatakal azhiimatal qodri wal miqdaar. (92 kali)

Artinya: Ya Tuhanku, berikan shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad sebenar-benar shalawatMu yang sembabad dengan kebesaran pangkat dan martabat beliau.

Setelah itu membaca:

🌺 (يا سيدنا محمد) 92 مرة

Ya Sayyidana Muhammad (92 kali)

Kemudian:

🌺 يا سيدنا أحمد) 92 مرة) .

Ya Sayyidana Ahmad (92)

Ditutup dengan doa, permohonan hajat kita kepada Allah Taala di malam besar yang penuh dengan kemuliaan. Yang paling afdhal (utama) berdoa dengan doa-doa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Ada apa dengan rahasia angka 92 ?
Dalam hisabul jumal (hitungan angka) 92 merupakan total hitungangan angka dari hurup ( محمد ) dengan rincian;

م 40
ح 8
م 40
د 4
      92=

Tata cara ini merupakan faidah dan asrar yang sangat besar manfaatnya dikutip dari cacatan para ashab (murid) sayyidi syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhum ajmain.

2. Bershadaqah kepada kaum dhuafa.

3. Memperbanyak membaca al-Qur'an.

4. Beri'tikaf

5. Bersilatur rohim minta maaf atas segala kesalahan lantaran lailatu qadr tidak akan turun di satu kampung yang masyarakatnya saling bermusuhan, individunya maen gontok-gontokan betotakan kaga ngasoh-ngasoh.

6. Memperbanyak shalat-shalat sunnah.

7. Berdzikir, utamanya (istighfar, sholawat dan la ilaha illallah).

Diriwayatkan dari Sayidina Abdullah bin Abbas bahwa Rasulullah membaca:

: «لا إله إلا الله الحليمُ الكريمُ، سبحان ربِّ السموات السبع وربِّ العرشِ العظيمِ (

Siapa yang membaca dzikir tersebut 3 kali, maka seakan-akan ia mendapat keutamaan lailatul qadr.

Imam al-Wannaiy berkata: siapa saja yang membacanya di malam yang ia sangka lailatul qadr tapi ternyata bukan malam yang dimaksud, maka ia akan diberikan keutamaannya.

Berkenaan dengan shalawat, Sangat utama bila membaca shalawat Fatih 12 kali dengan shighat (redaksi) berikut ini:


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم ملىء ما علم وعدد ما علم وزنة ما علم صلاة عظيمة القدر والمقدار أسألك اللهم بسرها وسر سرها وبسر من صليت عليه بها وبسر من صلى بها من بروز سرها إلى دار القرار أن تصلى وتسلم على من شرفته بها وشرفتها به سر وجودها ومنبع فضلها وجودها سر السر الساري سره في كل سر سيدنا ومولانا محمد وعلى آله وأصحابه وأزواجه وأحبابه وأتباعه وأن تعوضني اللهم بها ما فاتني من عمل الليل والنهار وتقبل مني ما وفقتني له من الصلوات بها والفرائض والنوافل والأوراد والأذكار وتمنحني من سر سرها ما منحت به أهل السر والأسرار والصابرين والصادقين والقانتين والمنفقين والمستغفرين بالأ سحار بمحض الفضل والجود يا حليم يا ستار .

Dibaca pagi 12 kali, sore 12 kali dengan berwdhu, menghadap kiblat serta adab-adab lainnya. Siapa saja yang membaca dengan redaksi seperti di atas satu kali nilainya seperti membaca 600 kali shalawat Fatih.

Shalawat tersebut dinamakan shalawat Fatih Sirriyyah. Penamaan ini lantaran shalawat tersebut merupakan asrar (rahasia) yang disampaikan sayyidi Syekh Quthbil Maktum Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu kepada al-Arif Billah Sayyidi Abdul Wahhab Bin al-Ahmar Radhiyallahu Anhu.

Para ulama juga menamakan dengan nama shalawat

( اكسير المواقيت في جبر الفوائت  )

Muara kemuliaan penyumbat keutamaan yang hilang.

Disebutkan bahwa manfaat sholawat ini dapat menutupi kekurangan ibadah-ibadah sunnah beserta adab-adabnya yang kita lakukan selama 14 tahun.

Adapun sanad muttashil kepada Imam alQuthb al-Arif Billah Sayyidi Abdul Wahhab bin al-Ahmar Radhiyallahu Anhu, yang al-Faqir riwayatkan:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي الشاكونجي عن العلامة الفاضل سيدي محمد بن حماد المستغفر المغربي عن العلامة العارف بالله سيدي عبد الرحمن المستغفر عن العلامة سيدي احمد بن مبارك اوتنهمو عن العلامة سيدي الحاج احمد بن علي الإساكي عن العارف بالله سيدي الحسين الإفراني عن العلامة الهرميس الاعظم سيدي محمد الكنسوسي المراكشي عن الامام العارف بالله سيدي عبد الوهاب بن الأحمر رضي الله عنه .

Shalawat Fatih menjadi shalawat yang paling disenangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan diriwayatkan para ahli ma'rifah bahwa mahkota yang dipakai oleh Rasulullah di surga nanti mahkota tersebut dilingkari tulisan shalawat Fatih.

Shalawat yang diawali dengan menyebut dua pangkat keistimewaan Rasulullah yang Allah Taala tidak berikan kepada para Nabi dan Rasul lainnya. Yakni pangkat alFatih (pembuka) rahmat, anugrah, kebaikan, ni'mat Allah Taala di dunia dan akhirat. Sampai pintu surga tidak akan dibuka melainkan yang pertama dibuka untuk Rasulullah serta tidak Allah ciptakan ni'mat atau makhluq di alam dunia ini melainkan karena Rasulullah dan yang pertama kali Allah ciptakan di alam ini adalah Nur Muhammad Rasulullah. Disebutkan dalam kitab Namariqul Hur Wa Bawariqun Nur:

لا خير مطلقا الينا يصل ** الا على بابه فهو المدخل

Tiada kebaikan yang sampai kepada kita secara mutlak, melainkan muncul melalui pintu Rasulullah."

Begitu juga dengan pangkat al-Khatim (penutup) hanya Allah berikan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam satu pangkat keagungan di mana lagi-lagi para Nabi dan Rasul lainnya tidak mendapatkannya.

Imam Muhammad Bin Said al-Bushairiy Radhiyallahu Anhu mengabadukan dalam Qashidah al-Hamziyahnya:

كيف ترقى رقيك الانبياء *** يا سماء ما طاولتها سماء
لم يساووك في علاك وقد حا ** ل سنا منك دونهم وسناء

Artinya: Bagaimana para Nabi mampu berupaya mencapai pangkat ketinggianmu, engkau bagaikan langit tertinggi di mana langit lainnya tak bisa menggapainya. Mereka tak dapat menyamai level kemuliaanmu lantaran terhalang cahaya agung dan cahaya mereka berasal dari cahayamu"

Boleh jadi, saat pertemuan langsung sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Rasulullah berkata;

ما صلى علي احد بافضل من صلاة الفاتح

Tidak ada seseorang yang bershalawat kepadaku yang lebih utama melainkan dengan redaksi shalawat alFatih."

8. Memperbanyak doa.
Siti Aisyah Radhiyallahu anha bertanya kepada Rasulullah, ya Rasulullah jika aku berbetulan dengan lailatul qadr doa apakah yang aku baca? Beliau menjawab:

اللهم إنك عفوٌّ كريمٌ تُحبّ العفوَ فاعفُ عنّا».

Atau dalam riwayat lain dianjurkan memperbanyak berdoa:

 : «اللهم إنك عفُوٌّ كريمٌ تُحبّ الفعوَ فاعفُ عنِّي»،  «(اللهم) إني أسألك العفوَ والعافيةَ والمعافاة الدائمةَ في الدين والدنيا والآخرة»

Adapun doa-doa yang diriwayatkan oleh para ulama dibaca pada malam 10 terakhir bulan Ramafhan sebagai berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين، اللهم صلّ على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم. يا حيُّ يا قيّومُ، يا ذا الجلال والإكرام، اللهم تقبّل منّا صيام شهر رمضان على ما كان فيه من تساهُلنا، وإلا بفضلك تفضّل علينا، اللهم اجعله كفّارةً لما سبق من ذنوبنا، وعصمةً فيما بقي من أعمارنا، وارزُقنا أعمالاً صالحةً ترضَى بها عنّا يا ذا الجلال والإكرام.

 (اللهم) اجعلنا فيه من المقبولين، ولا تجعلنا فيه من المردُودين، ولا من المغضوب عليهم ولا من الضالين
(اللهم) تقبله منه، وأعِده علينا أعوامًا بعد أعوام، وسنينَ بعد سنين، مجتمعين غير متفرّقين، راضين غير ساخطين، مغفورًا لنا غير مُذنبين. ربنا تقبل منا إنك حميدٌ مجيدٌ.

(اللهم) تقبل منا أعمالنا على ما كان فيه من ضعفنا وتقصيرنا

(اللهم) وأشركنا في دُعاء الصالحين، واجعل لنا في دعائهم حظّا ونصيبًا برحمتك يا أرحم الراحمين (اللهم) اجعلنا ممن أجزلتَ لهم ليلة القدر، وجعلتها لهم خيرًا من ألف شهرٍ مع عظيم الأجر وكريم الذُّخر، وما كان فيه من برّ وذِكرٍ وشكرٍ، فتقبّله منا وأحسِن قبولنا، وما كان منا من تفريطٍ وتقصير وتضييع فتجاوز عنّا بسعة رحمتك يا أرحم الراحمين.

(اللهم) استجب دعاءنا واسمع فيه نداءنا وقوِّ أبداننا، ولا ترُتدّ أيدينا صِفرًا إلى نحورنا، برحمتك يا أرحم الراحمين. واعتق رقابنا، ورقاب آبائنا وأمهاتنا من النار، واجعلنا من المتقين الأخيار برحمتك يا عزيزُ يا غفّارُ.

وهب (اللهم) لنا سوالف الآثام، وتقبّل منا الصلاة والقراءة والصدقة والصيام والقيام، واعصمنا فيما بقي من الأيام، وأحِلّنا برحمتك دار السلام، ولا تُرِنا قبيحًا بعد هذا المقام، واحشُرنا مع الأولياء البررَة الكرام برحمتك يا أرحم الراحمين

﴿ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا ربنا ولا تحمل علينا إصرًا كما حملته على الذين من قبلنا، ربّنا ولا تُحمِّلنا ما لا طاقة لنا به، واعفُ عنّا واغفر لنا وارحمنا، أنت مولانا فانصُرنا على القوم الكافرين﴾

 برحمتك يا أرحم الراحمين، والحمد لله رب العالمين، وصلّى الله تعالى على خير خلقه سيدنا ومولانا محمد وآله وصحبه وسلم

Kesimpulan;

Dari berbagai amalan yang berfadhilah besar di malam 10 terakhir bulan Ramadhan jangan sampai kita sia-siakan seandainya belum mampu semuanya, paling tidak beberapa poin kita upayakan. Atau paling minim kita hidupkan malam mulia tersebut dengan shalat isya dan subuh secara berjamaah di masjid atau di musholla. Jangan sampai tidak sama sekali. Banyak keutamaan besar kita sia-siakan bukan memperbanyak ibadah, malah justru repot mengutamakan urusan yang tidak ada munasabahnya dengan ibadah. Naudzu billah!!!. Ketahuilah orang yang paling rugi di akhirat kelak adalah orang-orang yang diberikan panjang umur sehat afiat, tetapi tidak mendapat ampunan dan kasih sayang Allah pada bulan Ramadhan.

Dikutip dari kitab (  اتحاف الأماجد بنفائس الفوائد  ) karya Abu Munyah as-Syakunjiy at-Tijaniy jilid 1 halaman ; 88.

Ya Allah, berikan kami kasih sayang dan ampunanMu di malam sepuluh pertama dan kedua yang telah berlalu, bebaskan kami dari api neraka di malam sepuluh terakhir ini. Pertemukan kami kembali dengan Ramadhan pada tahun-tahun berikutnya bersama orang-orang yang kami cintai.. Aamiin.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .



Jakarta: Senin 19 Ramadhan 1436 H


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy






41 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Syawai mengatakan...

Qobiltu Ustadz.
Alhamdulillāh ...

Unknown mengatakan...

Syukron katsiro baginda ilmunya bermanfaat Amin makin berkah selalu baginda

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah,,

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah,,

Unknown mengatakan...

Subhanallah ....

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat sekali..qabiltu ustadz ijin mengamalkan

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda
Alhamdulilah

Unknown mengatakan...

Syukron kasiron tuan guru, jazakumullah ahsanal jaza'

Unknown mengatakan...

Ajib.....insya allah

Unknown mengatakan...

Alhamduillah....

Unknown mengatakan...

Kyai bila lailatul qodar dtg pd mlm tsb.apakah waktunya seadanya mlm tsb .apakah dlm hitungan jam ataukah menit ?

Unknown mengatakan...

Qobiltu Kyai...

Alhamdulillah...

Unknown mengatakan...

Qobiltu ustad...
Mohon Shalawat Al Fatih yg dibaca pagi sore masing2 12x diberi harakat...

Syaeful bahar mengatakan...

Subhanallah

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Ali fikri mengatakan...

Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda

Unknown mengatakan...

Nga kudu2 seada2nya malam tersebut.. hanya pada saat2 tertentu tetapi bukan hitungan menit

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah,terima kasih baginda atas penjelasannya """

Yayasan Almuafah mengatakan...

iya buya aaf

m3makkie mengatakan...

Qabiltu pak kyai.... Mohon izin mengamalkan....

fajar sidik mengatakan...

Subhanallah...terimakasih baginda atas pemberitahuan dan penjelasanya

dede akhadiyat mengatakan...

Subhanallah ...qobiltu baginda...

Lukman Hakim mengatakan...

Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai

Lukman Hakim mengatakan...

Alhamdulillah... Mhn ijazahnya pak kiyai

Abdul azis mengatakan...

Subhanallah

Unknown mengatakan...

qobiltu baginda. mohon minta doa shalawat fatih sirriyahnya di perjelas baginda.
dan bagaimana kita tau kalo diri kita mendapatkan lailatul qadar? apakah ada ciri2 khusus yang kita alami?

irwan mengatakan...

Qobiltu kyai ...

rahmat hadi mengatakan...

Mohon izin ijazah mengamalkan nya guru

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Muhammad Yunus mengatakan...

Semangat....

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..

Niamalkayyis mengatakan...

mohon ijazah dan sanadnya Kyai.

Iim Nurhayati mengatakan...

Qobiltu Ya Sidi

Unknown mengatakan...

Qabiltu

Unknown mengatakan...

Haturnuhun

Unknown mengatakan...

kalau mau beli kitab ini apa bisa?

Dodik 80 mengatakan...

Qobiltu