Minggu, 26 Juli 2015

Dua Mata Memandang Makanan

Di antara adab makan yang diajarkan oleh Rasulullallah shallallahu alaihi wa sallam agar terhindar dari penyakit yang meracuni tubuh adalah apabila ada pemilik mata yang melihat seseorang sedang makan, maka hendaknya ia memberikan kepada pemilik mata yang melihat bagian makanannya.

Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadis:

من أكل طَعَاما وَذُو عين ينظر إِلَيْهِ فَلم يطعمهُ أَصَابَهُ دَاء يُقَال لَهُ النَّفس

Artinya: Siapa saja makan makanan sedangkan ada makhluq yang punya mata melihatnya ia tidak berikan bagian makanan tersebut, maka dirinya akan kena penyakit yang disebut nafs.

Anjuran ini merupakan perbuatan sunnah yang banyak ditinggalkan orang zaman sekarang. Orang sudah tidak peduli dengan tuntunan agama padahal di dalamnya terdapat keselamatan buat dirinya dunia akhirat. Berpaling dari tuntunan agama menggiring kepada kehidupan urakan dan jauh dari kebaikan. Tidak sedikit orang di usia muda kena penyakit strooke, diabetes, sres dan lainya, selain disebabkan satu lain hal boleh jadi karena penyakit nafs yang Rasulullah sebutkan.

Banyak orang waktu makan baik di rumah atau di luar rumah, ketika ada kucing, tukang safir umpamanya atau makhluq lain yang bermata melihatnya sedang gegares makanan dia tidak memberikannya, maka makanan yang dia makan akan menjadi racun buat dirinya.

Ada orang makan pecel lele di warung kaki lima ikan lelenya habis 3 ekor, ada kucing di bawah kakinya yang sudah dari setadi melihatnya sambil menunggu jatah reman bahkan itu ikan lele dihabiskan semua sampe bagian kepalanya dikrepuk abis itu kucing kaga keduman pisan. Kucing melihatnya ampe sewot, kaga lama itu orang kesungkakan tulang batok pala ikan lele. Naudzu billah.

Imam ibn Thayyib menjelaskan bahwa yang dimaksud penyakit nafs dalam sebutan Rasulullah adalah syarrul ain (pandangan mata panas yang mendatangkan mushibah).

Para ahli hadis menyatakan hadis di atas sebagai hadis hasan bahkan lantaran banyak hadis lain yang serupa menjadi syawahid (penopang) sehingga kualitas naik pangkat menjadi hadis shahih lighoirih.

Adapun sanad yang alfaqir dapatkan bersambung dengan riwayat tersebut sebagai berikut:


 الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة مسند العصر المحدث السيد عبد الرحمن الكتاني عن ابيه الحافظ السَّيِّد مُحَمَّد عبد الْحَيّ بن عبد الْكَبِير الكتاني الفاسي والزاهد الناسك الشريف أَحْمد التبر الفاسي عَن السَّيِّد مُحَمَّد بن جَعْفَر بن الطائع الإدريسي الكتاني الفاسي عَن أَبِيه عَن أبي مُحَمَّد عبد الله الْمَدْعُو بالوليد الْعَرَبِيّ الْعِرَاقِيّ الْحُسَيْنِي الفاسي عَن الطّيب بن عبد الْمجِيد بن كيران الفاسي عَن مُحَمَّد بن الطَّالِب بن سَوْدَة الفاسي عَن أبي عبد الله مُحَمَّد بن قَاسم جسوس الفاسي عَن عَمه أبي مُحَمَّد عبد السَّلَام بن حمدون جسوس الفاسي عَن الإِمَام عبد الْقَادِر الفاسي عَن عَمه أبي السرُور مُحَمَّد ابْن أبي المحاسن يُوسُف الفاسي عَن أبي الذَّخَائِر مُحَمَّد بن قَاسم الْقصار الفاسي عَن سَيِّدي رضوَان بن عبد الله الجنوي عَن سقين دَفِين فاس عَن الشَّيْخ أَحْمد بن أَحْمد زَرُّوق الفاسي عَن أبي عبد الله القوري عَن أبي مُوسَى عمرَان بن مُوسَى الجاناتي عَن أبي عمرَان مُوسَى بن مُحَمَّد العبدوسي عَن سَيِّدي عبد الْعَزِيز الْقَرَوِي عَن أبي الْحسن الصَّغِير عَن أبي الْفضل رَاشد الوليدي عَن أبي مُحَمَّد صَالح الهنسكوري عَن أبي الْقَاسِم بن زالف وَأبي مُوسَى المؤمناني وَأبي الْحسن بن الْبَقَّال عَن ابْن بشكوال عَن أبي مُحَمَّد بن عتاب عَن أَبِيه عَن أبي مُحَمَّد مكي عَن ابْن أبي زيد عَن أبي مَيْمُونَة دراس بن إِسْمَاعِيل الفاسي عَن ابْن اللباد عَن يحيى بن عمر عَن عبد الرَّحْمَن بن الْقَاسِم عَن مَالك عَن جَعْفَر بن مُحَمَّد عَن أَبِيه عَن جَابر قَالَ ;

قَالَ رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم من أكل طَعَاما وَذُو عين ينظر إِلَيْهِ فَلم يطعمهُ أَصَابَهُ دَاء يُقَال لَهُ النَّفس


Musalsal ini disebut oleh para pemerhati sanad dengan musalsal fasiyah lantaran jalur periwayatannya diawali oleh ulama dari kota fez Maroko.




KHADIM MA'HAD ALMUAFAH
H. RIZQI DZULQORNAIN ALBATAWI








3 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum..,Qobiltu Ustadz mohon ijin mengamalkan,Barakallah

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah ya syaikh