Selasa, 23 Juni 2015

Cara Mengetahui Hadis Shahih

Cara Mengetahui Hadis Shahih

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله الفتاح العليم . والصلاة والسلام على أبي القاسم، سيدنا محمد الفاتح الخاتم، وعلى آله وصحبه معدن التشريف والتعظيم  . أما بعد:

Pertanyaan dari Saudara Suparman Tijani jamaah majlis al-Muafah.

Banyaknya bermunculan para pentahqiq (editor) kitab yang memberikan penilaian hadis dengan menyatakan ini hadis shahih, ini dhaif, ini maudhu dan tidak ada asalnya dalam kitab-kitab mu'tabar (yang bisa dipertanggung jawabkan). Dan anehnya penilaian mereka berbeda satu sama lainnya. Apakah penilaian yang diberikan editor kitab terhadap satu hadis bisa dipercaya? Dan bagaimana penilaian hadis yang dinyatakan oleh Syekh Muhammad Nashiruddin al-Albaniy?


JAWABAN;

Yang berhak memberikan penilaian satu hadis itu shohih atau dhaif dan sebagainya adalah seorang yang memiliki gelar al-Hafizh (hafal 100 ribu hadis beserta jalur periwayatannya). Boleh jadi, dengan kepiawaian para Hafizh mereka diberikan otoritas untuk menilai hadis.

Imam al-Hafizh Jalaluddin as-Suyuthi mengatakan dalam alFiyah Hadisiyahnya:

وحذه حيث حافظ عليه نص  ***  أو من مؤلف بجمعه يخص

Artinya: "Ambilah hadis shahih ketika ulama yang bergelar al-Hafizh menyatakannya. Atau dari kitab-kitab yang khusus mengkoleksi hadis shohih.

Makna bait di atas: hadis shahih dapat diketahui melalui salah satu dua perkara:

Pertama: Hadis itu sudah dinyatakan shahih oleh ulama yang bergelar al-Hafizh.

Kedua: Hadis itu memang sudah ditakhrij dalam kitab-kitab kumpulan hadis yang shahih, seperti kitab Shahih al-Bukhari, shahih Muslim, shahih Ibn Huzaimah, Shahih Ibn Hibban, Shahih Ibn Sakan, atau kitab-kitab Mustakhraj Alas Shahihain (Shahih Bukhari dan Muslim), dan kitab-kitab yang termasuk dalam nominasi kumpulan hadis-hadis Shahih seperti Al-Muntaqa karya Ibn Jarud dan Al-Mukhtarah karya Dhiyauddin al-Maqdisiy walaupun kedua kitab ini tingkatan keshahihannya jauh berbeda dengan kitab-kitab hadis shahih lainnya. Adapun kitab-kitab hadis dalam kriteria kitab Sunan di dalamnya masih bercampur hadis-hadis shahih dan dhaif.

Berbicara tentang syekh Muhammad Nashiruddin al-AlBaniy (wafat tahun 1999 di Yordania) rahimahullah beliau bukan seorang al-Hafizh, tetapi hanya seorang pemerhati dan komentator hadis saja.

Guru kami Syekh Abdullah Bin Abdul Qadir at-Talidiy at-Thanjiy hafizhahullah ahli hadis tersohor dari daratan Negri Maroko menyebutkan dalam kitabnya ad-Dzikrayat beliau pernah bertemu, berdialog dan mendengar ucapan syekh Muhammad Nashiruddin al-Albaniy:

لا اجعل في حل من ادعى انني حافظ

Aku tidak halalkan seseorang menyatakan diriku seorang al-Hafizh.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
Abu Mu'nyah H. Rizqi Dzulqornain



 ********* ******** ********


اللهم صل على سيدنا محمد الفاتح لما أغلق والخاتم لما سبق ناصر الحق بالحق والهادي إلى صراطك المستقيم وعلى آله حق قدره ومقداره العظيم

صلاة تهب لنا نفوسا راضية، وصدورا من الهم خالية، وقلوبا بحبه صافية، وان تتم علينا بالصحة والعافية، وخير الذرية .


صلاة تحدقنا ببركاتها سرادقات الطافك الخفية وتحرسنا بسيوفك القهرية وتتحفنا بسوابغ نعمك الحسية والمعنوية في جميع الحركات والسكنات وتجري الطافك في سائر امورنا وامور المسلمين والمسلمات .


Jakarta: 23 Juni 2015


Khadimul Ma'had al-Muafah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy







Tidak ada komentar: