Jumat, 14 Februari 2014

Imam Ala'uddin Ibn as-Shairafiy Ulama Langka (Hafalan Luar Biasa)



Dicatatkan dalam sejarah ada ulama besar dalam mazhab Imam Syafii yang memiliki hapalan yang sangat luar biasa, beliau bernama Imam Ali Bin Usman Bin Umar as-Shairafiy. Memiliki laqab Abul Hasan. Sering juga dipanggil dengan sebutan Imam Ala'uddin. Beliau dilahirkan di kota Syam pada tahun 773 Hijriyah dan wafat pada tahun 844 Hijriyah. Selain beliau telah menghafal al-Qur'an, beliau juga telah menghafal kitab Shahih al-Bukhariy juga banyak kitab matan bermutu dalam fiqh Mazhab Imam Syafii seperti kitab ar-Rahdhah dan al-Minhaj karya Imam Nawawiy, Kitab al-Hawiy, kitab at-Tanbih karya Imam Syiraziy dan lain-lain sebagainya. 

Imam al-Maqriziy berkomentar tentang beliau: "Bahwa Syekh Ala'uddin seorang yang sangat bersahaja, penuh dengan akhlaq kepujian, menyelasaikan pekerjaan rumah sendiri bahkan beliau juga yang mencari dan memberi makanan hewan peliharaan beliau sendiri."

Diantara karya ilmiah beliau:

 


الوصول إلى ما في الرافعي من الاصول
نتائج الفكر ترتيب مسائل المنهاج على المختصر
كتاب " خطب
زاد السائرين في فقه الصالحين في شرح التنبيه

Subhanallah… di zaman sekarang pengangguran saja belum tentu bisa hafal al-Qur'an lebih-lebih menghafal kitab-kitab ilmu  dan memiliki karya ilmiah.

Perhatian;
Bagi para pengangguran jangan terlalu sering bergadang khawatir besok pagi nganggur bisa kesiangan.

Khadimul Janabin Nabawiy
 H. Rizqi Zulqornain al-Batawiy 

Tidak ada komentar: