Senin, 28 Januari 2019

Qiraat Syadz Pada (الحمد لله)


Qiraat Syadz Pada (الحمد لله)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Mayoritas ulama membaca (الحمد لله رب العالمين) dengan merafa’kan kata (الحمدُ) sebagai mubtada, (لله) jumlah jar majrur berhubungan dengan redaksi yang dibuang, menjadi khobar. Dalam qiraat syadz dibaca (الحمدَ) dengan menashabkannya, menjadi maf’ul muthlaq. Taqdirnya (أحمدُ اللهَ حمدًا), boleh juga menjadi maf’ul bihi taqdirnya: (اقرؤوا الحمدَ). Qiraat syadz lainnya dibaca (الحمدِ) dengan kasrah karena harakatul Itba’ (mengikuti baris) lam huruf jar pada kata selanjutnya. Bacaan seperti ini dipopulerkan oleh bani Tamim dan Ghathafan, di mana mereka mengitba’kan harakah (baris) kata pertama dengan kata selanjutnya (kedua) dengan alasan tajanus (menyerupai). Adapun I’rabnya: alhamdi menjadi mubtada yang dirafa’kan dengan dhammah di akhirnya, hanya saja isytighalul mahal yang mencegah munculnya dhamah karena harakatul itba’. Bisa juga dii’rab seperti ini: al-Hamdi menjadi maf’ul muthlak hukumnya dinashabkan dan nashabnya dengan fathah di akhirnya, hanya saja isytighal mahal mencegah munculnya fathah karena harakatul itba’. Ibn Jinni juga menyebutkan Qiraat syadz dengan bacaan ( الحمدُ لُله) al-hamdu Lulloh, dengan metode harakatul itba’ kata kedua (لله) mengikuti baris kata pertama (الحمد), menurut Ibnu Jinni Itbau Harakatil Bina (لله) Harakatal I’rab (الحمد).

Haram hukumnya membaca qiraat syadz baik dalam shalat maupun di luar shalat. Karena Qiraat syadz itu tidak termasuk ke dalam definisi Alquran menurut pendapat yang lebih shahih. Membaca Alquran dengan qiraat syadz di dalam shalat akan membatalkan shalat jika mempengaruhi makna atau menambah serta mengurangi satu huruf, serta ia sengaja dan mengetahui tentang keharaman hal tersebut. Ini menurut pendapat Imam Nawawi.


Menurut pendapat yang paling Shahih. Sesuai dengan kesepakatan para ahli Qiraat serta sekelompok ahli fiqih diantaranya adalah al-Baghawy, Yang dimaksud dengan Qiraat syadz adalah qiraat diluar Qiraat yang sepuluh.

Qiraat sepuluh disini rinciannya adalah:
1. Qiraat imam tujuh, (Abu 'Amr, Nafi', Ibn Katsir, 'Amir, 'Ashim, Hamzah dan al-Kisa'i).
2. Qiraah Ya'qub.
3. Qiraat Abi Ja'far, dan
4. Qiraah Khalaf.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا


1 komentar: