Senin, 05 November 2018

Hukum Wanita Berjamaah Wazhifah & Hailalah


Hukum Wanita Berjamaah Wazhifah & Hailalah Bersama Lelaki

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Pertanyaan Saudara Mastur at-Tijani:

Dalam kitab Ajwibah an-Nazhifiyah Ala As’ilah al-Mardhiyah karya Syekh Muhammad an-Nazhifi rahimahullah tersebut pernyataan sebagai berikut:

سؤال (5): إن النساء يجتمعن عند عصر يوم الجمعة على الهيللة؟
الجواب (5): فالنساء لا يجتمعن على الهيللة ولا على الوظيفة، بل كل واحدة تذكر وحدها فى قعر بيتها سِرًّا. ولا يجوز إجتماعهن ولا جهرهن بالذكر لِأنهن عَوْرَةٌ، والعورة يجب سترها ما أمكن. والخير كله فى الإتباع، والشر كله فى الإبتداع. .

Pertayaan kelima: Para wanita yang berkumpul untuk mengikuti dzikir Hailalah yang dilakukan ashar hari jumat berjamaah, bagaimana hukumnya? Jawaban: Para wanita tidak diperbolehkan berkumpul berjamaah untuk melakukan dzikir Hailalah begitu juga Wazhifah. Bahkan seorang wanita diperintahkan berdzikir sendirian di bagian dalam rumahnya dengan bacaan sir (tidak terdengar orang). Para wanita dilarang keluar rumahnya untuk kumpul berjamaah dan mereka tidak dibolehkan mengeraskan bacaan dzikir karena suara mereka adalah aurat dan itu wajib untuk ditutupi sebisa mungkin. Ketahuilah bahwa seluruh kebaikan terdapat pada ittiba (mengikuti sesuatu dengan dalil) dan aneka keburukan ditemukan pada ibtida’ (mengada-ngada hal yan baru tanpa dalil).

Setelah membaca kitab tersebut timbul dua Pertanyaan: Saya punya istri, dan putri juga saudari kandung yang senantiasa ikut Wadhifah dan Hailalah berjamaah.

Pertanyaan ke (1)

Saat Wadhifah kami hanya keluarga yaitu, Saya, 3 putra saya, istri, putri saya, dan saudari kandung saya, berkumpul dalam satu tempat di Musholla tanpa ada pemisah, Bagaimana hukumnya?

Pertanyaan ke (2)

Semua ikhwan di sini Hailalah berkumpul di dalam musholla, Sementara istri, putri saya, dan saudari kandung saya, di emperan musholla (terpisah). Bagaiman hukumnya?

Jawaban:

Pendapat Syekh Muhammad an-Nazhifi rahimahullah di atas merupakan ijtihad beliau sebagai bentuk ihtiyath (kehati-hatian) karena dikhawatirkan terjadi ikhtilath (bercampur baur lelaki dengan perempuan yang bukan mahram).

Kesimpulannya:

Selama Ikhtilath dan fitnah dapat dihindari, maka wanita diperbolehkan wazhifah dan Hailalah berjamaah bersama lelaki. 

نعم اذا كان اجتماعهن استقلالا فجائز مثل اجتماع الاخوان الفقراء في الزاوية او المصلى وفيه جناح خاص بالنساء فلا بأس فالنساء شقائق الرجال في الاحكام كالاجتماع الصلاة. وقس على ذلك الا ان الفقيه النظيفي رحمه الله تعالى ضيق مخافة الاختلاط الذي يؤدي الى الابتداع

Memang, jika wanita berkumpul ketika wazhifah dan Hailalah pada tempat tersendiri (tidak membaur dengan lelaki) maka diperbolehkan. Sebagaimana berkumpulnya para ikhwan di zawiyah atau mushalla dan di situ ada tempat yang sengaja disediakan bagian khusus buat wanita maka tidak dilarang wanita ikut dalam wazhifah dan hailalah berjamaah pada tempat itu. Karena sejatinya wanita menjadi saudara bagi lelaki dalam perkara hukum di antaranya dalam perkara hukum shalat berjamaah maka analogikan hukum wazhifah dan hailalai bejamaah para wanita dengan hukum shalat berjamaah mereka. Hanya saja Syekh al-Faqih an-Nazhifi dalam hal ini bersifat ekstrim lantaran adanya kekhawatiran terjadi ikhtilath yang membawa kepada perkara baru yang dilakukan oleh generasi yang datang belakangan.

Oleh karenanya, bagi wanita yang ikut wazhifah dan hailalah bersama jamaah lelaki agar menutup aurat dengan sempurna dan menjaga adab-adab keluar rumah sehingga tidak menimbulkan fitnah. Dan bagi pria wajib jaga diri dan ghaddhul bashar (menjaga pandangan), jangan sampai matanya jelalatan kalau melihat perempuan cantik plus semok apalagi sampai berimajenasi kaga karu-karuan seperti kerbau lapar yang diikat melihat rumput hijau atau laksana tuyul melihat uang. Naudzu Billah.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


8 komentar:

Markoem mengatakan...

Syukron kiai bertambah terus ilmu nih alhamdulillah

Abu Mun’yah La Wa La mengatakan...

زادكم الله حرصا في الدين

Rahmat hadi mengatakan...

Alhmdulillah pencerahan nya

Dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah atas ilmunya baginda..

Wawan mengatakan...

Alhamdulillah nambah pemahaman ilmu fiqih

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ilmunya semoga bermanfaat untuk semua, biar tdk terjadi salah paham

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah ilmunya semoga bermanfaat untuk semua, agar tdk terjadi salah paham

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah.. nambah ilmu...